Berlari sejauh 5 kilometer menghadiahkan kampanye “Suka Makan Ikan”. - WisataHits
Jawa Tengah

Berlari sejauh 5 kilometer menghadiahkan kampanye “Suka Makan Ikan”.

SURAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyusul Fun Run Pasar Ikan Jawa Tengah 5K di Surakarta, Sabtu (24/12/2022). Kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah ini sekaligus mensosialisasikan gerakan mempopulerkan makan ikan (Gemarikan) di Jawa Tengah.

Lari Menyenangkan 5K Kali ini merupakan rangkaian Pasar Ikan Jateng 2022. Acara juga dimeriahkan dengan Expo UMKM, Lomba Masak Ikan Milenial, Lomba Mewarnai dan demo masak bersama chef ICA.

Ganjar berlari bersama ratusan pelari start dan finis di Taman Sunan Jogo Kali, Kota Surakarta. Jarak lima kilometer dapat ditempuh dalam waktu sekitar 25 menit.

Usai lomba, Gubernur Jawa Tengah mengunjungi stand pameran di lokasi Taman Sunan Jogo Kali selama dua periode. Dia berdialog dengan pemangku kepentingan UMKM terkait produk dan penjualannya.

“Hari ini kita merayakan Gemarikan agar kita bisa mengajak masyarakat mencintai ikan. Jadi mereka lebih banyak makan ikan,” kata Ganjar.

Ia mengapresiasi kegiatan tersebut karena tersemat dalam acara yang kreatif dan inovatif.

“Dulu banyak lomba agar masyarakat tidak hanya senang makan ikan, tapi juga olahraga. Pagi ini kami lari sejauh lima kilometer, setelah itu kami membagikan bingkisan kepada anak-anak kami yang mengikuti lomba kemarin. Mereka sangat kreatif,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar memberikan dukungan perahu untuk wisata keliling Sungai Bengawan Solo. Ia juga memberikan dukungan dan asuransi bagi nelayan.

“Dan hari ini kami memberikan bantuan perahu untuk wisata di sekitar Sungai Bengawan Solo, semoga bisa membantu,” jelasnya.

Kapal pendukung itu diuji coba langsung oleh Ganjar dan mendistribusikan hingga 25.000 bibit ikan lele.

“Lele itu kami pelihara di Sungai Bengawan Solo, jadi kami berharap ikan itu berkembang biak di sana dan sampai ke Jawa Timur. Dan mudah-mudahan semakin banyak orang yang senang makan ikan,” ujarnya.

Sekadar informasi, menurut data, konsumsi ikan per kapita di Jawa Tengah baru mencapai 37,22 kilogram. Artinya, setiap orang hanya makan sekitar 37,22 kilogram ikan dalam satu tahun.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus mendorong tingkat konsumsi ikan nasional mencapai 55,16 kg per kapita. Selain itu, potensi produksi ikan di Jawa Tengah melebihi kebutuhan masyarakat. (Wk/Ul, Diskominfo Jateng)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button