Daftar Tempat Kuliner di Tawangmangu Baru: Nasi Kucing - Kambing Guling - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Daftar Tempat Kuliner di Tawangmangu Baru: Nasi Kucing – Kambing Guling – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Kawasan kuliner Tawangmangu baru di jalan raya Tawangmangu-Sarangan. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalan Tol Tawangmangu-Sarangan di Pemkab Karanganyar telah ditetapkan sebagai destinasi wisata kuliner baru oleh Pemerintah Pemkab Karanganyar.

Sekitar 35 restoran/kafe telah didirikan di kawasan yang sekarang dikenal dengan nama Tawangmangu Baru. Diantaranya Resto Rahma, Sate Lawu, Sakera, The Bridge, Legender, Banyu Mili, The Nikmat Cafe & Resto dan lain-lain.

Promosi Rekomendasi merek jeans pria & wanita terbaik, murah banget!

Restoran-restoran ini menyajikan beragam menu makan yang bisa dipilih sesuai dengan selera setiap pengunjung.

Masakan Tawangmangu Baru

1. Roti Kambing

Sesuai dengan namanya, rumah makan Sate Lawu ini menyajikan berbagai menu sate diantaranya sate kambing, sate kelinci dan sate ayam. Menu spesial di rumah makan yang terletak di kawasan kuliner Tawangmangu Baru ini adalah Sate Lawu spesial. Yaitu sate kambing muda tanpa lemak, disajikan di atas hot plate atau Piring panas.

Pengelola Sate Lawu Sudarso mengatakan selain menu spesial Sate Lawu, ada juga menu sate kambing biasa dan menu dengan variasi masakan daging kambing seperti gulai dan tongseng.

Baca Juga: Harga Minuman Resto di Tawangmangu Dilarang, Teh Manis Hanya Rp 3.000

Ia mengatakan harga sate lawu spesial ini Rp 55.000 per porsi. “Menu yang paling banyak dipesan di Sate Lawu adalah Sate Lawu yang spesial. Harga seporsi Sate Lawu spesial ini Rp 55.000,” ujarnya, Rabu (17/8/2022).

Selain itu, restoran yang berkapasitas sekitar 120 orang ini juga menawarkan menu bakso kambing, berdasarkan pemesanan.

“Kami juga menyediakan bakpao kambing dengan kisaran harga Rp 3 juta, tanpa nasi, dan harus pesan tiga hari sebelumnya,” tambah Sudarso.

2. Nasi Kucing

Sedangkan di Sakera Angkringan Restaurant menyajikan beragam menu mulai dari masakan Indonesia hingga masakan Barat. Untuk masakan Indonesia ada nasi pecel, nasi kucing, nasi goreng, ayam goreng, sop iga, kakap goreng/bakar dan lain-lain. Adapun masakan Barat, ada daging panggang Ayam dengan variasi steak ayam tunggal, steak ayamdan Sayap ayam panggang.

Pemilik restoran Angkringan Sakera, Via Mayasari, mengatakan menu yang paling banyak dipesan di restorannya adalah sop iga.

“Sup iga kami menggunakan daging sapi lokal dengan bumbu yang kental. Semuanya dimasak sesuai pesanan sehingga dagingnya masih segar dan empuk. Sop iga ini memang enak dan disajikan di daerah pegunungan yang sejuk,” ujarnya, Selasa (16/822).

Baca Juga: Air Laut di Tujuh Mata Air Pablengan di Lereng Gunung Lawu

Dalam buku daftar menu restoran yang terletak di bagian kuliner Tawangmangu Baru, soto iga dijual seharga Rp 35.000, begitu juga dengan menu yang dibuat dengan gaya serupa, iga bakar.

Sedangkan menu di The Nikmat Cafe & Resto mirip dengan yang ada di Restoran Sangkringan Sakera, yaitu steak-to-rib soup.

“Ini menunya” Makanan barat dan masakan Jawa. Ada yang berbeda daging panggang, ayam goreng, nila, bebek, sop iga dan juga gulai kepala kambing. Harganya bervariasi tergantung menunya dan berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 75.000 per porsi,” kata Manager The Nikmat Cafe & Resto Dian Agung Romadona.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button