Daftar 7 Masjid di Jakarta dengan Sejarah dan Arsitektur Unik yang Jadi Tempat Wisata Religi - WisataHits
Jawa Tengah

Daftar 7 Masjid di Jakarta dengan Sejarah dan Arsitektur Unik yang Jadi Tempat Wisata Religi

JAKARTA, iNews.id – Jakarta memiliki setidaknya tujuh masjid yang unik dan menarik. Selain itu, tempat ibadah umat Islam ini memiliki sejarah yang panjang.

Bahkan masjid-masjid ini menjadi incaran banyak orang saat hari besar keagamaan seperti Ramadhan dan Idul Fitri. Berikut tujuh masjid di Jakarta yang cocok dijadikan tempat wisata religi:

1. Masjid Istiqlal

Tempat wisata religi pertama di Jakarta adalah Masjid Istiqlal. Salah satu masjid terbesar di Indonesia ini dulunya adalah bekas Taman Wilhelmina yang terletak di timur laut Lapangan Medan Merdeka. Masjid ini selalu dipadati wisatawan yang berkunjung ke Jakarta.

Masjid yang luas ini dibangun pada tanggal 24 Agustus 1961 atas saran Menteri Agama KH Wahid Hasyim dan Anwar Tjokroaminoto saat itu.

Masjid yang menampilkan perpaduan gaya arsitektur Indonesia, Timur Tengah dan Eropa ini dirancang oleh Frederich Silaban. Hingga 200.000 orang dapat ditampung di sini.

2. Masjid Si Pitung

Masjid ini erat kaitannya dengan pahlawan Betawi yang terletak di tepi pantai Marunda di desa Cilincing di Jakarta Utara. Masjid ini juga menjadi tempat wisata religi yang wajib dikunjungi di Jakarta.

Dibangun oleh Si Pitung dan keluarganya pada tahun 1600-an, memiliki arsitektur yang cukup sederhana dengan ukuran yang cukup kecil.

Ditopang oleh empat tiang, atap berbentuk joglo juga menjadi hiasan khas masjid yang telah menjadi situs warisan sejak tahun 1975 itu.

3. Luar Masjid Batang

Terletak di Jalan Luar Batang, Lorong V No.1, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, Masjid Luar Batang juga menjadi tempat wisata sejarah.

Bahkan masjid ini kerap dikunjungi ribuan jamaah setiap harinya, karena makam Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus berada di dalam kompleks masjid.

Masjid sederhana yang dilengkapi dua menara mirip mercusuar ini juga telah menjadi cagar budaya sejak 1993.

Penerbit: Rizal Bomantama

Bagikan artikel:

Membelah

Membelah

Tombol berbagi baris

Source: www.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button