Masjid Raya Batam, masjid ikonik dengan gaya arsitektur yang unik - WisataHits
wisatahits

Masjid Raya Batam, masjid ikonik dengan gaya arsitektur yang unik

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 04.00–21.00 WIB, Alamat: Jl.Engku Putri, Teluk Tering, Kec. Kota Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau; Kasus: Cek lokasi

Masjid Raya Batam merupakan salah satu destinasi religi yang dapat memanjakan mata banyak wisatawan yang berkunjung. Pasalnya, masjid ini memiliki pesona tersendiri yang jarang dimiliki oleh tempat wisata lainnya. Oleh karena itu, tak heran jika masjid ini menjadi salah satu ikon wisata utama Batam.

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Batam, namun jangan berhenti di tempat wisata religi yang satu ini. Juga, bagi Anda yang beragama Islam, akan sangat menyenangkan jika bisa menginjakkan kaki di masjid. Banyak wisatawan yang menghabiskan liburannya dengan mengunjungi masjid yang sangat indah ini.

Tak hanya wisatawan, bahkan banyak wisatawan dari luar pulau hingga mancanegara yang datang ke masjid ini. Suasana sejuk dan damai bisa Anda rasakan saat memasuki area masjid ini. Lebih asyik lagi liburan ke Masjid Raya Batam dengan mengajak keluarga secara rombongan.

Sejarah Singkat Masjid Agung Batam

Sejarah Masjid Agung BatamKredit gambar: Twitter pegipegiyuk

1. Pengembangan membutuhkan waktu 2 tahun

Masjid indah di kota Batam ini membutuhkan waktu hingga 2 tahun untuk dibangun dari awal. Adapun pembangunan masjid ini sendiri sudah dimulai sejak tahun 1999. Sedangkan pembangunan masjid dapat dikatakan selesai pada tahun 2001. Jangka waktu yang dibutuhkan ini cukup cepat dibandingkan dengan masjid-masjid besar lainnya.

2. Dikelola langsung oleh arsitek ternama

Arsitek yang mengambil alih desain dan pembangunan Masjid Agung Batam ini bukan kebetulan. Sebaliknya, ia adalah seorang arsitek ternama di Indonesia yang kemampuannya patut diacungi jempol. Namanya Ir Achmad Noe’man dari PT Birano.

Desain yang dibuat oleh Ir. Achmad Noe’man untuk masjid ini telah disetujui sejak 31 Agustus 1997. Selain itu, beliau juga seorang arsitek yang pernah mengerjakan proyek Masjid Salman di Institut Teknologi Bandung (ITB) di kota Bandung.

3. Dibangun untuk tempat ibadah dan wisata religi

Tujuan awal dibangunnya masjid tunggal ini adalah untuk dapat memenuhi kebutuhan tempat ibadah masyarakat, khususnya umat Islam kota Batam. Kemudian, masjid ini juga dipanggil untuk menjadi tempat yang representatif, untuk mewadahi aktivitas umat Islam dari segi syiar, budaya, sosial dan pendidikan.

Selain itu, masjid juga diharapkan dapat mendukung sektor pariwisata di kota Batam sebagai salah satu tempat wisata religi utama. Oleh karena itu, pembangunan masjid agung ini memang dimaksimalkan agar bisa menarik minat banyak wisatawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Masjid Agung BatamKredit gambar: Twitter Perjalanan

Masjid Raya Batam terletak di Jalan Engku Putri, tepatnya di kawasan pusat kota Batam yang merupakan pusat pemerintahan kota Batam. Bangunan masjid juga persis berseberangan dengan kantor Badan Pengembangan Pulau Batam atau biasa dikenal dengan BIDA (Batam Industrial Development Authority).

Lokasinya cukup strategis karena berbatasan langsung dengan alun-alun. Apalagi jarak dari Bandara Hang Nadim hanya memakan waktu 20 menit. Oleh karena itu, bagi anda yang belum pernah ke masjid ini tentunya tidak akan sulit untuk menemukannya.

Untuk rute yang ditempuh dari Bandara Hang Nadim, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Jalan Hang Tuah. Setelah itu, arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Jenderal Sudirman. Belok ke Jalan Raja Isa, lalu lewati Jalan Engku Putri. Nah, setelah itu kamu akan datang ke masjid.

Sementara jika memulai rute dari pelabuhan Batam Center akan lebih mudah. Dari pelabuhan, Anda bisa langsung menuju Jalan Daeng Kamboja. Setelah itu melewati Jalan Jenderal Ahmad Yani. Maka anda akan langsung datang ke masjid agung ini.

Desain Unik Masjid Agung Batam

Desain Masjid Agung BatamKredit gambar: Twitter miftahul tahunan

1. Kubah berbentuk unik

Masjid ini memiliki kubah dengan bentuk yang sangat unik. Pasalnya, bentuk kubahnya sendiri memang sengaja didesain seperti piramida atau limas segi empat. Bentuknya adalah piramida sama sisi dan bentuknya dipotong menjadi tiga bagian. Bentuk tersebut dipilih karena dianggap cocok sebagai denah bangunan berbentuk persegi.

2. Memiliki persepsi vertikalisme

Bangunan masjid ini juga didesain dengan persepsi vertikalisme, yaitu menuju titik di atas. Hal ini dimaksudkan sebagai simbol bahwa hubungan antara Tuhan dan manusia atau habluminallah.

Sementara itu, irisan tiga bagian juga memiliki arti dan makna tersendiri. Dirancang sebagai simbol perjalanan hidup manusia itu sendiri sebagai hamba Allah SWT di 3 alam yaitu rahim, dunia dan akhirat.

3. Ruang sholat terletak lebih tinggi dari pintu masuk

desain masjid agungKredit Gambar: Instagram Gsm

Ruang sholat Masjid Agung Batam berupa pelataran kehormatan ditempatkan lebih tinggi dari pintu masuk. Ini adalah pertanyaan untuk mempertimbangkan aspek arsitektur dan topografi. Plaza Salah juga didesain sebagai perluasan ruang masjid jika jamaah melebihi kapasitasnya atau saat Idul Adha dan Idul Fitri biasanya berlangsung di lapangan terbuka.

Alun-alun terdiri dari 2 tingkat yaitu alun-alun atas dan alun-alun bawah. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk beristirahat sejenak sebelum kembali naik ke masjid.

4. Ruang sholat ditutupi dengan klinker terakota

Bagian buruk dari masjid ini ditutupi dengan klinker terakota warna merah bata. Warna merah bata dari terracotta clinker cukup kontras jika dipadukan dengan garis-garis sumur menggunakan paving stone bermotif abu-abu. Namun, justru menambah estetika desain masjid ini.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi di dekat Masjid AgungKredit gambar: Google Maps Ayang Abe

1. Greenland Hotel Batam

Akomodasi terdekat bernama Greenland Hotel Batam. Hotel ini cukup terjangkau karena hanya mengenakan biaya sekitar 250.000 rupee untuk satu malam. Menginap di sini, para tamu akan menikmati layanan berupa parkir gratis, Wi-Fi gratis, sarapan gratis, dan kamar ber-AC.

2. Blitz Hotel Center Batam

Blitz Hotel Batam Center merupakan salah satu akomodasi yang dekat dengan Masjid Raya Batam. Untuk biaya untuk bisa menginap di hotel ini yaitu sekitar 205.000 rupiah untuk satu malam. Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas yang telah disediakan oleh hotel ini.

Fasilitas tersebut antara lain wifi gratis, parkir gratis, AC, sarapan, restoran, layanan kamar, dan dapur. Namun, hostel ini tidak mengizinkan pengunjung membawa hewan peliharaan ke dalam area hotel.

3.RedDoorz @ Batam Center 2

Akomodasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran. Pasalnya, harga yang dipatok hotel ini untuk satu malam hanya berkisar Rp100.000. Meski murah, fasilitas yang diberikan tidak kalah dengan hostel lainnya. Fasilitas yang bisa Anda nikmati seperti AC, tempat parkir, layanan kamar dan kamar yang cukup nyaman.

Fasilitas yang tersedia di Masjid Raya Batam

Fasilitas Masjid Agung BatamKredit gambar: Twitter kata batam

Jika anda menghabiskan liburan anda mengunjungi tempat wisata religi di kota Mini Bata, anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada. Pasalnya, fasilitas yang bisa dinikmati semua wisatawan di masjid ini cukup lengkap dan memadai. Dengan demikian, kenyamanan wisatawan di masjid ini sangat terjamin.

Jika Anda membawa kendaraan sendiri, sudah disediakan tempat parkir mobil yang cukup luas untuk menampung kendaraan. Ada juga banyak toko yang berjejer bagi wisatawan untuk membeli makanan atau oleh-oleh untuk dibawa pulang. Bahkan, ada juga poliklinik yang bisa dikunjungi jika merasa kurang sehat saat berwisata di Majid Agung Batam.

Anda dapat dengan mudah menemukan fasilitas penting seperti kamar mandi dan toilet. Anda juga tidak perlu takut kepanasan atau kepanasan saat menghabiskan waktu di dalamnya, karena dilengkapi dengan AC. Menariknya, fasilitas berupa perpustakaan juga bisa dinikmati oleh wisatawan yang gemar membaca buku.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa fasilitas lainnya seperti tempat ibadah, tempat wudhu, pembangkit listrik atau genset, kantor sekretariat, koperasi, ambulans, ruang serbaguna, ruang belajar ( Madrasah/TPA), tempat penyimpanan sandal atau sepatu. , gudang, dan akses Internet. Semua fasilitas akan mampu memanjakan semua wisatawan.

Nah, itulah hal-hal menarik terkait Masjid Raya Batam sebagai salah satu destinasi religi yang terkenal di kota ini. Jika Anda menghabiskan liburan Anda mengunjungi masjid ini, dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman berharga yang tidak akan terlupakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button