Curug Sawer, Air Terjun Eksotis Kaya Pesona di Sukabumi - WisataHits
wisatahits

Curug Sawer, Air Terjun Eksotis Kaya Pesona di Sukabumi

Curug Sawer adalah salah satu wisata air terjun lebih suka Sukabumi dengan jembatan ikoniknya. Tempat wisata alam yang menawan terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 07.00–16.00 WIB, Alamat: Gede Pangrango, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Air terjun eksotis ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berlibur sambil bersantai. Terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tempat wisata di Sukabumi ini menawarkan ketenangan dan panorama yang luar biasa. Anda dapat mendengarkan melodi alam yang menenangkan yang berpadu sangat baik dengan lanskap.

Memiliki ketinggian sekitar 1.025 meter di atas permukaan laut, Curug Sawer tidak hanya memiliki pemandangan yang luar biasa tetapi juga menjaga kebersihannya. Wisatawan tidak perlu khawatir karena pengelola dan pengunjung bekerja sama untuk melestarikan alam kawasan taman nasional ini.

Bebatuan yang menghiasi air terjun di aliran Sungai Cigunung menambah daya eksotik tempat ini. Tak hanya itu, wisatawan juga disuguhkan panorama pegunungan yang luar biasa yang bisa dinikmati saat melintasi jembatan gantung. Jembatan eksotis yang menambah daya tarik ini juga wajib dikunjungi saat berlibur di tempat ini.

Atraksi Curug Sawer

Atraksi Air Terjun SawerKredit gambar: Twitter Tur di Lintang Buana

Destinasi wisata ini cukup fenomenal dan menjadi salah satu objek wisata Sukabumi yang selalu dipadati pengunjung di hari biasa maupun hari libur. Ditambah lagi dengan adanya jembatan gantung atau jembatan gantung berwarna merah yang kini menjadi icon baru wisata Curug Sawer ini, popularitas tempat ini pun melejit.

1. Pemandangan air terjun yang menakjubkan

Sebagai tempat wisata air terjun yang terkenal, pemandangan air terjun di kawasan ini tentunya sangat indah. Aliran air yang deras dan jernih menjadi daya tarik kawasan ini, serta sejauh mata memandang, wisatawan akan melihat bebatuan indah yang menghiasi aliran sungai di bawah air terjun.

2. Kekayaan dan keindahan alam

Terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tempat ini memiliki banyak sumber daya alam yang menakjubkan. Tidak hanya dari wisata bahari tetapi juga dari kawasan alam yang hijau, asri dan berbatasan langsung dengan pegunungan.

3. Jembatan gantung yang ikonik

Penambahan jembatan gantung yang menghubungkan 2 area yaitu area blok Kaliandra dan area blok Puspa. Jembatan yang menjulang setinggi 20 meter dengan panjang 240 meter ini diklaim pengelola sebagai jembatan terpanjang di Asia.

Jembatan yang sering diselimuti kabut di pagi dan sore hari ini memang sangat memacu adrenalin karena di bawah jembatan sejauh mata memandang tidak akan menemukan apa pun kecuali pepohonan lebat.

4. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang unik

Dalam perjalanan menuju kawasan air terjun, wisatawan akan melewati area pepohonan yang hijau dimana di antaranya adalah pohon Rasamala dan pohon Puspa yang memiliki ketinggian 20 hingga 30 meter.

5. Tempat sempurna untuk berburu foto

Pemandangan alam yang hijau di sekitar lokasi dan air terjun yang megah bisa menjadi pemandangan yang tepat untuk potret liburan Anda.

6. Cocok untuk penikmat kegiatan outdoor

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan outdoor, tempat ini sangat cocok untuk berlibur. Anda bisa melakukan panjat tebing dan berkemah di dekat air terjun.

Alamat dan rute menuju lokasi

Atraksi Air Terjun SawerKredit Gambar: Instagram Ellijani Djatnika

Kawasan air terjun ini terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tepatnya di Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat. Untuk berkunjung, tempat wisata ini dapat ditempuh melalui jalur darat selama 15-30 menit dari pusat kota Sukabumi dan cukup ikuti rambu-rambu yang ada di sepanjang jalan.

Kemudian begitu sampai di kawasan wisata, wisatawan harus melewati pintu Situgunung Resort. Dari pintu masuk taman nasional, wisatawan harus membeli tiket masuk terlebih dahulu kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 1,2 km. Wisatawan juga bisa berkeliling dengan ojek di kawasan tersebut.

Bagi wisatawan yang ingin berjalan kaki tanpa melintasi jembatan gantung, dibutuhkan lebih dari 1,2 km untuk sampai ke lokasi air terjun, dan harus mendaki jalan yang berada di dalam hutan. Sedangkan bagi Anda yang mengambil tiket jembatan gantung, perjalanan dipersingkat dengan adanya jembatan dan jalan yang tertata rapi.

Tiket Masuk Air Terjun Sawer

Harga Tiket Air Terjun SawerKredit gambar: Google Maps Dhl.u

Tempat wisata Curug Sawer buka setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 16:00 WIB. Bagi wisatawan yang ingin memasuki kawasan taman nasional akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp15.000 pada hari biasa dan Rp18.500 pada akhir pekan dan hari libur nasional. Tiket tersebut belum termasuk biaya penyeberangan jembatan gantung.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata air terjun sambil melintasi jembatan gantung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 50.000. Pengelola juga menawarkan paket VIP dan VVIP.

Dengan paket VIP Rp 100.000, pengunjung akan mendapatkan tiket masuk dengan asuransi, masker, transportasi shuttle, snack dan akses khusus tanpa antri. Anda juga bisa menikmati kesenian Sunda secara gratis.

Sedangkan untuk paket VVIP dengan biaya Rp 125.000, pengunjung mendapatkan tiket masuk dengan masker, asuransi, transportasi shuttle, makan siang, snack dan akses khusus tanpa antri. Anda juga bisa menikmati kesenian Sunda secara gratis.

Untuk biaya transportasi di dalam kawasan taman nasional, pengunjung akan dikenakan biaya mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000,- tergantung jarak yang ingin ditempuh.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Sawer

Aktivitas di Air Terjun SawerKredit gambar: Google Maps Ary Nugraha

1. Nikmati pemandangan alam

Anda bisa menikmati pesona alamnya di kawasan pegunungan di tempat ini. Pepohonan rimbun sejauh mata memandang yang berpadu indah dengan air terjun menjadi fenomena alam luar biasa yang hanya bisa Anda nikmati di Curug Sawer.

2. Menyeberangi jembatan gantung

Berkunjung ke tempat wisata ini belum lengkap rasanya jika belum melintasi jembatan ini. Jembatan yang disebut-sebut sebagai yang terpanjang di Asia ini akan membuat perjalanan Anda menuju air terjun menjadi lebih mudah, apalagi jika Anda disuguhkan dengan pemandangan alam di bawah jembatan yang begitu indah dan penuh adrenalin.

Anda juga akan menemukan pemandangan menarik dan berkabut yang bisa ditemui saat melintasi jembatan ini pada pagi dan sore hari.

3. Perkemahan

Berada di kawasan pegunungan, tentunya tidak lengkap tanpa camping. Pengelola menyediakan ruang yang luas bagi pengunjung yang ingin berkemah sambil menikmati alam di sekitar taman nasional yang lestari.

4. Bermain air

Aliran airnya jernih dan tidak begitu deras, sangat cocok sebagai tempat bermain air bersama teman atau keluarga. Anda juga tidak perlu khawatir basah kuyup karena Anda dapat dengan mudah menemukan toilet dan mendapatkan pakaian pengganti dari area penjualan suvenir.

5. Ambil gambar

Memiliki alam sekitar dan air terjun yang megah menjadikan Curug Sawer Sukabumi cocok untuk anda yang ingin mengabadikan momen liburan. Wisatawan juga bisa mengabadikan momen saat kabut memenuhi area jembatan gantung dan menghasilkan panorama indah di sekitar air terjun.

6. Mendaki

Jika Anda menyukai aktivitas off-road, Anda bisa mencoba berjalan kaki menuju lokasi air terjun tanpa melewati jembatan gantung. Lokasinya di pegunungan, dikelilingi oleh hutan lebat yang berkelok-kelok sangat cocok untuk panjat tebing.

7. Kuliner

Wisatawan yang kelelahan selama perjalanan ke tempat ini tidak perlu khawatir karena mereka dapat mencicipi berbagai makanan khas daerah yang dapat ditemukan di sepanjang rute. Tentunya dengan harga yang terjangkau.

8. Kenangan

Selain kuliner dan pemandangan alamnya, kawasan wisata ini kini menawarkan tempat untuk membeli oleh-oleh. Kerajinan tangan yang tersedia dalam berbagai jenis dan menampilkan ikon khas tempat ini dapat dibeli dengan harga terjangkau.

9. Pemandu wisata

Bagi wisatawan yang ingin datang sekaligus mengetahui sejarah dan memperdalam pengetahuan tentang alam di sekitar air terjun, Anda bisa menyewa pemandu wisata yang disediakan oleh pengelola. Dengan pemandu, tur kelompok besar umumnya akan lebih mudah.

10. Memancing

Bagi wisatawan yang hobi memancing, Anda bisa menikmati aktivitas ini sambil mengagumi keindahan alam kawasan air terjun. Dengan kekayaan alam yang luar biasa, Anda akan menemukan ikan-ikan sungai berenang dengan riang di aliran sungai di bawah air terjun.

11. Berenang

Wisatawan yang tidak sekadar bermain air di tepi air terjun bisa mencoba berenang di bawah Curug Sawer. Dengan air yang jernih dan tidak begitu deras, Anda bisa berenang tanpa khawatir.

12. Nikmati udara segar

Berada di tengah hutan membuat tempat ini jauh dari polusi udara dan memiliki udara yang segar. Anda dapat bernapas dalam-dalam dan merasakan udara bersih di luar.

13. Cocok untuk meditasi

Tempat ini dikenal cukup sepi sehingga wisatawan bisa duduk tenang di bebatuan di sekitar sungai sambil memejamkan mata, menikmati melodi alam kawasan taman nasional, merasakan semilir angin dan gemericik air, lalu mulai bermeditasi.

14. Berkumpul

Pengelola menawarkan tempat khusus bagi wisatawan yang ingin mengadakan gathering atau pertemuan di kawasan ini. Kegiatan berkelompok akan semakin menyenangkan, apalagi jika disuguhkan dengan pemandangan alam di taman nasional dan air terjun yang sangat indah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas Air Terjun SawerKredit Gambar: Google Maps tjie budi

Kawasan di sekitar kawasan wisata Curug Sawer memiliki fasilitas yang lengkap. Wisatawan dapat dengan mudah menemukan pemandu, toilet, tempat ibadah seperti mushola, kantin yang bisa digunakan untuk istirahat, dan tempat membeli oleh-oleh. Ada juga ojek yang akan menemani dan mengantar wisatawan naik turun kawasan air terjun.

Wisatawan juga tidak perlu khawatir akan keselamatan selama perjalanan karena ada tiket khusus dengan asuransi yang dapat menjamin keselamatan Anda selama liburan di kawasan wisata ini, serta restoran dan kesenian sunda gratis yang bisa dinikmati dengan pembelian tiket khusus. . tiket.

Wisatawan kini dapat melintasi air terjun dengan mudah dengan penambahan jalan setapak dan jembatan gantung yang menghubungkan kawasan blok Puspa dengan blok Kaliandra. Apalagi tempat ini mudah diakses dari kota Sukabumi dan menawarkan berbagai pilihan transportasi darat yang memudahkan untuk berkeliling.

Sebagai salah satu tempat wisata paling terkenal di Sukabumi, Curug Sawer tidak hanya menampilkan keindahan alamnya tetapi juga kelestarian kawasan yang didukung dengan fasilitas lengkap yang memudahkan wisatawan untuk berkunjung. Tempatnya yang fenomenal dan mudah dijangkau, tentunya cocok untuk mengisi waktu liburan Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button