Curug Sawer, air terjun dengan panorama alam yang indah dan asri di Sukabumi - WisataHits
wisatahits

Curug Sawer, air terjun dengan panorama alam yang indah dan asri di Sukabumi

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gede Pangrango, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

Curug Sawer merupakan destinasi liburan yang tepat untuk Anda. Wisata alam ini dikenal karena memiliki panorama yang indah. Tebing tinggi dengan air terjun yang jernih menjadi tawaran yang memanjakan mata. Pengunjung bisa bersantai sambil melihat pemandangan yang membuat betah. Tak salah jika nama air terjun di Sukabumi ini begitu terkenal.

Air terjun yang terletak di Desa Gede Pangrango ini sudah lama dikenal wisatawan. Tawaran keindahan alam yang masih asri menjadi daya tarik yang kuat untuk dikunjungi. Selain itu, air terjun ini menghadirkan tantangan tersendiri dimana ada trekking yang harus berhasil diselesaikan. Perjalanan memang cukup panjang untuk dilakukan sebelum sampai di tempat tujuan.

Perjuangan trekking akan sedikit melelahkan menuju Curug Sawer, meskipun begitu semua akan terbayar dengan keindahan alam yang di tampilkan. Sensasi kesegaran alami sangat terasa dengan pemandangan alam yang asri ditemani pepohonan rindang. Itu tidak buruk, Anda akan merasa betah dengan itu. Berbagai rasa penat akibat aktivitas kerja langsung sirna.

Daya Tarik Curug Sawer

Obyek wisata Curug SawerKredit gambar: Google Maps DHL.u

1. Pemandangan panorama yang tak tertandingi. Air terjun setinggi 35m, tebing tinggi, pepohonan

Pemandangan indah Curug Sawer menjadi pesona yang kuat. Air terjun ini dikenal sangat indah dengan setiap detailnya. Bahkan dari kejauhan, itu terlihat menakjubkan. Jika diperhatikan dengan seksama, Anda bisa melihat dengan jelas detail dari tebing-tebing tinggi yang dipamerkan. Curug dengan ketinggian 35 meter ini begitu menarik untuk dikunjungi.

Tebing-tebing tinggi memang menghiasi pemandangan air terjun. Selain itu, terdapat bebatuan yang menambah nilai eksotis pemandangan alam. Tak salah jika banyak wisatawan yang memilih menghabiskan waktu di destinasi populer ini. Menghabiskan waktu di tempat yang indah bersama teman atau keluarga pasti akan lebih seru.

2. Nuansa alam yang indah

Ketika Anda datang ke Air Terjun Sawer, Anda harus berjalan kaki sebelum tiba. Ini memperhitungkan keberadaan air terjun di tengah hutan belantara. Maka tidak salah jika anda akan merasakan kesegaran alam yang selalu begitu indah. Menjadi momen tak terlupakan mengunjungi tempat wisata alam yang tenang.

Air terjun yang indah ini juga terjaga dengan baik, kebersihan tempat membuat destinasi terjaga dengan baik. Keindahannya pun semakin terlihat. Banyaknya pepohonan yang rindang di sekitarnya memberikan perasaan segar. Semilir angin di tengah air terjun menambah kesejukan yang membuat pengunjung betah.

3. Kesegaran air pegunungan asli

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, air terjun ini berada di tengah hutan. Bahkan hanya untuk sampai ke sana Anda harus berjalan kaki singkat. Terlepas dari segalanya, air terjun yang menawan ini memiliki keindahan yang tiada tara. Selain itu, airnya berasal dari pegunungan asli yang membuatnya begitu segar.

Pengunjung bisa merasakan air yang menetes ke bawah. Permainan air diperbolehkan di tepi air terjun. Meski begitu, berenang langsung ke pusat air terjun tetap dilarang. Mengingat kondisi terjal dan licin yang berbahaya. Merasakan kesejukan tepian saja sudah cukup untuk membuat Anda nyaman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Curug SawerKredit gambar: Google Maps Pay

Penting bagi Anda untuk mengetahui alamat dan rute menuju lokasi. Jika berniat mengunjungi Curug Sawer, pengunjung harus datang ke desa Gede Pangrango yang berada di kecamatan Kadudampit dengan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Wisatawan bisa datang baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan menggunakan moda transportasi yang ada.

Jika dari pusat kota, dibutuhkan jarak 15 kilometer. Meski berada di alam, pengunjung tidak perlu khawatir tersesat, karena petunjuk arah sudah dilakukan secara detail. Jika Anda datang dari arah Jakarta atau Bogor, arahkan saja ke Sukabumi mengikuti rambu ke Situ Gunung.

Wisatawan dapat menggunakan Google Maps untuk mempermudah berkeliling, meskipun ada banyak rambu jalan yang tersedia. Begitu sampai di Kabupaten Sukabumi, langsung berlayar ke Kadudampit. Lebih detailnya, Anda memasuki desa Parakansalak sebelum memasuki kawasan Situ Gunung.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju tujuannya. Penggunaan moto-taxi sebenarnya bisa dipilih sebagai pilihan. Namun, Anda harus berjalan kaki ke medan karena air terjun berada di tengah hutan belantara. Namun, tidak perlu panik karena akses jalan sudah dipermudah.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Wisata Curug SawerKredit gambar: Google Maps Pieter Piculima

Tidak semua destinasi bagus mengenakan harga tiket yang tinggi. Karena beberapa wisata alam menawarkan keindahan alam namun tidak mahal untuk diakses. Contohnya Curug Sawer yang hanya memungut biaya masuk sebesar Rp 15.000 untuk dewasa, sedangkan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Harga tersebut cukup bersahabat mengingat ada berbagai keindahan yang bisa diakses. Selama ini pengunjung bisa melihat keindahan destinasi dari dekat yang masih terjaga dengan baik. Di tengah nuansa tambahan tersebut, semakin membuat Anda merasa nyaman dengan kesejukan yang berasal dari berbagai pepohonan yang masih tumbuh rindang.

Namun perlu diketahui bahwa perubahan harga tiket dapat terjadi sewaktu-waktu. Hal ini terkait langsung dengan kebijakan manajemen lokal. Oleh karena itu, tidak salah jika menanyakan langsung terlebih dahulu kepada pihak terkait mengenai harga tiket masuk tersebut. Tujuannya jelas agar Anda bisa menyiapkan budget sebelum berkunjung.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di Curug Sawer

Kegiatan Wisata Curug SawerKredit gambar: Google Maps Grimo Camardi

1. Trekking yang menegangkan

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat mengunjungi Curug Sawer. Kemeriahan pun terasa dalam perjalanan menuju lokasi. Perjalanan akan sulit mengingat medan yang dilintasi adalah gurun. Medan terjal dan licin menjadi tantangan tersendiri yang memacu adrenalin.

Meski jalurnya cukup terjal, pengunjung tidak perlu khawatir. Kondisi jalan terus dipermudah demi kenyamanan pengunjung. Selain itu, udara sekitar begitu segar mengingat Anda melewati berbagai pepohonan di hutan. Jika beruntung, bahkan beberapa satwa liar yang indah muncul atau terdengar di tengah perjalanan.

2. Nikmati keindahan alam

Merasa lelah saat melakukan perjalanan menjadi tantangan tersendiri. Curug Sawer memang terkenal sangat bagus, apalagi jika wisatawan berjiwa petualang. Meski begitu, rasa lelah akan hilang seketika saat sudah sampai tujuan. Pemandangan alam yang indah menjadi daya tarik utama dari air terjun ini.

Berada di ketinggian dengan tebing yang tinggi membuat pemandangan semakin menakjubkan. Sedangkan untuk Anda bisa bersantai di dekat air terjun atau sambil bersantai di gazebo yang ada. Momen liburan semakin seru ketika Anda bercengkrama dengan teman atau keluarga di wisata alam yang mempesona ini. Waktu liburan juga semakin kualitatif.

3. Mainkan air

Melihat pemandangan yang indah saja pasti membuat Anda bersemangat. Air jernih yang turun dari air terjun akan menyegarkan. Tidak salah jika beberapa wisatawan memilih untuk bermain air saat berkunjung. Diperbolehkan bermain air di tepian yang landai agar pengunjung dapat merasakan langsung kesejukan air terjun yang berasal dari gunung aslinya.

Namun Anda hanya diperbolehkan bermain air di pinggir saja. Bisa mengakses pusat air terjun dari air terjun masih belum diperbolehkan. Mengingat kondisi terjal dan licin yang dapat membahayakan wisatawan. Lagipula, bermain air di tepian pantai saja sudah membuat kesejukan semakin nikmat.

4. Berburu Foto

Berada di Curug Sawer yang megah tentunya tidak lupa untuk mengabadikannya dalam sebuah foto. Apalagi air terjun eksotis ini menawarkan keindahan alam yang tiada duanya. Pengunjung bisa berfoto di berbagai tempat yang memanjakan mata. Salah satu spot yang ideal adalah berfoto di atas jembatan yang tidak jauh dari air terjun.

Dari berbagai sudut keindahan rangkaian alam ini tidak perlu diragukan lagi. Hasil jepretan akan sangat indah dengan latar belakang tebing tinggi dengan air terjun. Tidak salah jika wisata alam yang menarik ini selalu menjadi pilihan pengunjung. Foto-foto yang cemerlang tentu membuat pengalaman liburan Anda di sini semakin tak terlupakan.

5. Berkemah atau glamping

Menikmati keindahan destinasi selama sehari mungkin terasa kurang menyenangkan. Oleh karena itu, kegiatan camping sering menjadi pilihan para wisatawan. Berbagai tempat tersedia bagi Anda untuk bermalam. Di tengah hutan, keseruan akan semakin terasa. Pengalaman seru juga bertambah dan bikin betah.

Selain berkemah, pengunjung bisa pergi ke glamping. Perbedaannya adalah Anda tidak perlu khawatir untuk mendirikan tenda terlebih dahulu. Karena semua fasilitas kehidupan sudah tersedia dan siap pakai. Tidak salah jika glamping menjadi kegiatan favorit wisatawan di Curug Sawer. Pengunjung hanya perlu menyewa tanpa harus repot mendirikan tenda.

6. Wisata Kuliner

Wisata kuliner bisa menjadi pilihan saat Anda tidak membawa bekal atau sudah kehabisan barang bawaan. Untungnya ada warung makan yang tidak jauh dari lokasi wisata. Biasanya ada aneka olahan makanan atau cemilan sederhana yang bisa mengenyangkan perut. Selain itu, harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Sarana Wisata Curug SawerKredit gambar: Google Maps Erick Wellem

Destinasi yang semakin terkenal, Curug Sawer memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Munculnya berbagai fasilitas tentunya membuat setiap orang merasa lebih nyaman. Misalnya fasilitas umum yang banyak membantu, seperti tempat parkir yang luas, ruang ganti, toilet, dan mushola.

Fasilitas lain yang tersedia di tempat tujuan termasuk beberapa tempat pengamatan. Gazebo ini bisa menjadi tempat istirahat yang nyaman setelah menempuh perjalanan jauh. Selain itu, tersedia juga banyak pilihan spot foto ideal. Pengunjung tidak akan bingung menentukan pilihan lokasi yang potensial karena semuanya menyuguhkan keindahan.

Jika ingin menikmati menu olahan atau jajanan sederhana, Anda bisa mampir ke stand makanan terdekat. Kebetulan lokasinya tidak jauh dari tujuan Curug Sawer, bisa jadi pilihan. Lebih dari itu, ada juga persewaan peralatan camping. Jadi, jika ingin menginap, Anda bisa langsung menyewa tenda dan perlengkapan lainnya tanpa harus khawatir untuk mengangkutnya.

Jika ingin sesuatu yang lebih simpel, Anda bisa melakukan aktivitas glamping di mana wisatawan hanya perlu siap pakai. Tidak perlu repot mendirikan tenda. Menginap di glamping atau camping memang menjadi pilihan mengingat keberadaan akomodasi yang dikenal memiliki jarak yang cukup jauh.

Berikut beberapa informasi mengenai atraksi, fasilitas dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Sawer. Air terjun ini terkenal dengan keindahan pemandangannya yang masih alami. Untuk ini patut Anda kunjungi. Namun alangkah baiknya jika datang pada musim kemarau agar akses jalan lebih mudah dan tidak licin.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button