8 pilihan kereta wisata, naik kereta dengan penuh gaya - WisataHits
Yogyakarta

8 pilihan kereta wisata, naik kereta dengan penuh gaya

BERITA KBB – Kereta Wisata adalah kereta api yang dirancang khusus dilengkapi dengan fasilitas mewah dan layanan kelas satu. Kereta Wisata adalah jenis kereta VIP yang dapat disewa untuk keperluan khusus berdasarkan permintaan.

Humas PT Kereta Api Wisata M.Ilud.Siregar mengatakan, keberadaan kereta wisata di Indonesia berawal dari nama Perjalanan Kereta Api Luar Biasa (KLB).

Saat itu, perjalanan kereta api rahasia dari Jakarta ke Yogyakarta direncanakan untuk Presiden Pertama Indonesia, Soekarno.

Baca Juga: Lirik Lagu “Un Holy” oleh Sam Smith Feat Kim Petras Viral di TikTok

Lebih lanjut Ilud menambahkan, Kereta Api Wisata (Kawis) dipasarkan dengan dua sistem, yaitu pola FIT/Individual (pada jenis dan jadwal kereta tertentu) dan pola Charter/Leasing.

Kawis dapat diderek atau digabungkan dengan KA reguler (kelas Eksekutif dan Ekonomi AC) atau dioperasikan sebagai Kereta Luar Biasa (KLB).

Kereta wisata memiliki 8 jenis yaitu: Tipe Prioritas, Tipe Nusantara, Tipe Sumatra, Tipe Toraja, Tipe Bali, Tipe Jawa, Tipe Retro dan Tipe Imperial. “Kereta wisata ini memiliki ruang pertemuan, balkon, ruang makan, bar kecil, dan tempat tidur. Selain itu juga terdapat ruang relaksasi dengan TV berukuran besar, khusus tipe Priority, dilengkapi dengan tambahan audio dan video TV set (Avod) di kursi penumpang dengan sajian film dan fasilitas karaoke, sehingga memberikan rasa untuk menyajikan film selama perjalanan,” kata Ilud Siregar.

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Indonesia Lagu “CLAP” by TREASURE Resmi Dirilis!

1. Kereta Wisata Nusantara

Kereta Wisata Nusantara adalah kereta wisata khusus yang awalnya digunakan hanya untuk Presiden Indonesia. Selain itu, dapat digunakan untuk tujuan komersial saat ini. Dirancang dengan interior dan semua lonceng dan peluit yang menggambarkan seni dari pelosok nusantara. Keunikan kereta api ini adalah adanya balkon. Dengan tirai terbuka, penumpang dapat menikmati pemandangan panorama di sepanjang jalan. Kereta wisata Nusantara menawarkan fasilitas untuk menonton film dan karaoke. Kereta ini juga dilengkapi dengan kamar tidur sebagai tempat istirahat penumpang.

Source: beritakbb.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button