10 Pantai Palembang Terbaik Yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

10 Pantai Palembang Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

10 Pantai Palembang Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Apa saja tempat menarik di Palembang? Berikut adalah daftar pantai terbaik di Palembang Sumatera Selatan. Destinasi wisata bahari yang sangat populer dan terpanas untuk dikunjungi saat liburan.

Kota Palembang yang dikenal dengan sebutan Bumi Sriwijaya ini memiliki sederet keindahan alam yang luar biasa. Berlibur ke destinasi alam yang ditawarkan kota ini pasti akan membuat liburan Anda semakin menarik, terutama pantai-pantai yang memiliki keindahan mempesona. Palembang hanya memiliki kawasan pesisir di sebelah timur, namun tetap menawarkan pilihan pantai yang menarik untuk dijelajahi.

Jika Anda sedang berkunjung ke kota Palembang di Sumatera Selatan, berikut beberapa wisata pantai populer yang tidak boleh Anda lewatkan dan dapat memberikan pengalaman berlibur yang tak terlupakan.

1. Pantai Pulau Maspari

Pantai Pulau MaspariKredit gambar: Google Maps Arwin Novansyah

Dianggap sebagai salah satu pantai paling terkenal di Palembang, tak heran jika destinasi ini banyak dikunjungi orang. Daya tarik utamanya adalah pantai ini memiliki bebatuan yang besar. Dengan cara ini bisa dijadikan spot foto yang sangat menarik. Tak kalah penting, Pulau Maspari juga menjadi tempat bertelur penyu yang saat ini sulit ditemukan. Oleh karena itu, pantai ini juga merupakan kawasan lindung.

Tak hanya memiliki daya tarik yang unik, pantai yang terletak di pesisir timur ini juga memiliki sejumlah fasilitas untuk para wisatawan. Anda bisa berkemah di bumi perkemahan dengan peralatan yang disediakan sangat lengkap. Apalagi bagi yang tidak suka melawan nyamuk di malam hari, Anda juga bisa menginap di wisma dengan harga yang terjangkau. Pengelola pantai juga telah menyediakan restoran, rest room dan berbagai fasilitas lainnya.

Harga tiket: Rp20.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Simpang Tiga Sakti, Kec. Tulung Selapan, Kab. Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

2. Pantai Desa Breech

Pantai Desa SungsangKredit gambar: Google Maps Reza Pahlevi

Destinasi ini tidak boleh Anda lewatkan karena memiliki sederet keindahan yang luar biasa. Desa Sungsang menawarkan panorama yang tidak biasa yaitu keindahan pantai yang tidak ada bandingannya. Untuk menikmati keindahan pantai, disarankan untuk menempuh jalur air dengan naik speedboat dari Sungai Mus. Perjalanan ini tentunya akan sangat menyenangkan karena selama perjalanan anda bisa melihat pemandangan yang memanjakan mata anda.

Tak hanya panorama indah selama perjalanan, Anda juga akan disuguhi pemandangan yang tidak biasa jika berkunjung pada bulan Oktober hingga Desember. Wisatawan yang datang ke pantai ini bisa sekaligus melihat lumba-lumba dan burung migran. Hewan ini berpindah dari Siberia ke laut di desa Sungsang secara berkelompok. Migrasi kedua jenis hewan ini bisa Anda lihat langsung saat air laut surut.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Sungsang IV, Kec. Banyuasin II, Kab. Asin Banyu, Sumatera Selatan.

3. Pantai Bongen

Pantai BogenKredit gambar: Facebook Ismail Hatta

Ingin berlibur ke pantai tanpa harus menempuh perjalanan jauh? Pantai Bongen cocok dijadikan tujuan liburan, karena terletak di pusat kota. Tak heran, banyak orang menjadikan pantai ini sebagai tempat liburan akhir pekan. Selain dekat, pantai ini juga memiliki pesona unik yang membuat banyak orang penasaran untuk mengunjungi tempat ini. Keunikan pantai ini berasal dari namanya yang berarti pasir atau sungai Musi yang kering.

Oleh karena itu, waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat musim kemarau saat air laut surut. Selain surut, pantai ini mengering dan menyisakan pasir. Panorama yang hadir saat air surut sangat indah dan tiada duanya. Anda bisa menikmati panorama yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Pulau Dewata. Selain panoramanya yang indah, Anda juga akan menikmati berbagai peristiwa besar yang hanya terjadi saat musim kemarau tiba di sini.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Ngulak, Kec. Desa Sanga, Kab. Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

4. Rentang Pasangan

Pantai belahan jiwaKredit gambar: Bintama.com

Keunikan pantai ini sudah terdengar di berbagai daerah, sehingga mampu menarik banyak orang dari luar kota. Seperti namanya, pantai ini dipercaya memiliki kisah cinta yang sangat unik. Banyak yang percaya jika pasangan berkunjung ke kawasan ini, hubungan mereka akan langgeng hingga menikah. Oleh karena itu, Pantai Jodoh sering menjadi tempat prewedding, tempat mengungkapkan cinta atau bahkan melamar.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Serijabo, Kec. Sungai Penang, Kab. Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

5. Pantai Tanjung Menjangan

Pantai Tanjung MenjanganKredit Gambar: Suara1996.blogspot.com

Diklaim sebagai pantai yang baru ditemukan sehingga hanya sedikit yang mengunjungi daerah tersebut. Selain itu, aksesnya juga tidak terlalu mudah karena masih harus menyeberang dengan speed boat menuju kecamatan Cengal. Letaknya yang cukup tersembunyi membuat banyak orang kurang bisa menjelajahi lokasinya. Anda juga perlu menyewa perahu untuk menuju ke tempat ini, namun dijamin tidak akan rugi atau menyesal jika berlibur ke Pantai Tanjung Menjangan.

Daya tarik utama yang disuguhkan kepada pengunjung adalah keanekaragaman biota laut yang dapat dilihat dari dekat. Pengunjung difasilitasi dengan peralatan snorkeling yang sangat lengkap untuk melihat ikan-ikan yang berenang di bawah laut, tidak hanya itu anda juga bisa melihat berbagai jenis terumbu karang dan warnanya yang berbeda-beda. Tempat menyelam terbaik juga disediakan, sehingga Anda akan melihat banyak biota laut di sana.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Sungai Lumpur, Kec. Cengal, Kab. Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

6. Pantai Dermaga Sungai Gerong

Pantai Dermaga Sungai GerongKredit gambar: Wisatapro.com

Layaknya pantai pada umumnya, pantai di Dermaga Sungai Gerong ini tidak memiliki nilai khusus. Anda akan merasakannya selama kunjungan siang hari Anda. Tidak ada satu atraksi pun yang ditawarkan pengelola kepada para wisatawan yang datang. Anda hanya akan melihat dermaga kayu yang ditopang cukup kuat. Air yang mengalir di bawahnya tidak berbeda dengan pantai-pantai lain di Bumi Sriwijaya.

Lain halnya jika Anda berkunjung pada sore hari atau bahkan malam hari. Panorama yang disuguhkan kepada wisatawan sangat indah dan eksotis. Anda bisa menikmati sunset hingga tertelan laut dengan semburat jingga di atas mega. Setelah gelap, dermaga akan dipenuhi kelap-kelip lampu yang bisa dijadikan spot selfie. Anda juga akan melihat kapal-kapal milik Pertamina Plaju melintas di sekitar dermaga Sungai Gerong.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sungai Gerong, Kec. Banyuasin I, Kab. Asin Banyu, Sumatera Selatan.

7. Pantai berpasir Payuputat

Pantai berpasir PayuputatKredit gambar: Wisataku.com

Berada di kecamatan Prabumulih, pantai ini bisa Anda datangi jika sedang berada di kawasan tersebut. Daya tarik utamanya adalah pasirnya yang berwarna coklat yang membantu menambah suasana alami pantai. Perpaduan antara pasir berwarna coklat dan air laut yang jernih sangat cocok untuk menyuguhkan pemandangan yang tidak biasa. Tak hanya itu, Anda juga akan melihat pohon kelapa yang melambai-lambai di pinggir pantai, menambah keindahan alam sekitarnya.

Palembang merupakan salah satu kota yang masih memegang teguh budaya sehingga tidak jarang wisatawan disuguhi event-event besar di kota ini. Pantai Pasir Payuputat merupakan salah satu tempat diselenggarakannya acara budaya, termasuk lomba perahu tradisional. Pantainya yang cukup luas menjadi salah satu alasan bagus untuk menggunakan pantai ini sebagai tempat balap perahu, selain digunakan sebagai tempat sandar perahu.

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Payuputat, Kec. Prabumulih Barat, Kab. Prabumulih, Sumatera Selatan.

8. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung SetiaKredit gambar: Guidewisata.id

Secara geografis, pantai ini termasuk dalam wilayah atau kota Lampung. Namun, kebanyakan orang di Palembang berlibur ke daerah ini karena jaraknya yang sangat dekat. Anda tidak perlu menempuh perjalanan jauh, karena destinasi ini sendiri dapat ditempuh hanya dalam waktu sekitar 1 jam dari pusat kota. Selain kedekatan, alasan utama wisatawan memilih tempat ini karena menampilkan keindahan pantai yang luar biasa.

Pantai Tanjung Setia memiliki ombak yang sangat besar dengan perkiraan periode pertengahan tahun. Pada bulan Mei hingga Juli ombak di pantai ini sangat besar sehingga banyak orang yang mengunjungi pantai ini. Mayoritas pengunjung adalah peselancar karena tidak banyak pantai di Palembang yang bisa dijadikan tempat surfing. Tak hanya berselancar, Anda juga bisa menikmati sunset di tempat yang menawarkan sunset terbaik.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jalan Jambu, Kec. Pesisir Selatan, Kab. Pesisir Selatan, Lampung.

9. Pantai Mutun

Pantai MutunKredit Gambar: Pantainesia.com

Menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi oleh wisatawan lokal, karena destinasi ini memiliki daya tarik yang berbeda. Pantai Mutun memiliki pasir putih yang sangat lembut sehingga sangat cocok untuk membangun istana pasir. Selain itu, jernihnya air laut yang biru juga melengkapi panorama destinasi wisata ini.

Tak hanya menyuguhkan panorama yang menarik, Anda juga bisa melihat beberapa perahu bersandar di sekitar pantai. Anda bisa menyewa perahu ini untuk berkeliling pantai. Fasilitas lain yang bisa dinikmati antara lain taman bermain ramah anak, tempat memancing, tempat makan dengan makanan enak, dan masih banyak lagi.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sukajaya Lempasing, Kec. Bidang Cermin, Kab. Pesawaran,Lampung.

10. Pantai Supi

Pantai SopiKredit Gambar: Instagram.com @oganilirupdate

Diklaim sebagai salah satu wisata paling terkenal di Bumi Sriwijaya dan mampu menarik wisatawan untuk datang. Anda pasti setuju, karena pantai ini memiliki pemandangan alam dengan perpaduan pasir dan air laut yang sangat bagus, pantai ini dikelola dengan sangat baik dengan dana dari desa setempat, sehingga dapat menghasilkan fasilitas yang memadai. Anda bisa bersantai di pantai karena tersedia cukup banyak cabana atau gazebo.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sungai Pinang I, Kec. Sungai Penang, Kab. Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Tak hanya terkenal dengan Pempek, Palembang juga terkenal dengan destinasi wisata baharinya yang luar biasa. Meski tidak memiliki perairan yang luas, Anda bisa menemukan pantai dengan panorama kota Palembang yang sangat indah. Atraksi yang disuguhkan juga berbeda-beda, sehingga Anda bisa menikmati berbagai pengalaman berlibur. Mulai dari keindahan panorama, spot sunset, hingga tempat selfie terbaik di malam hari.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button