Pantai Karang Bolong Pacitan - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Karang Bolong Pacitan – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Karang Bolong Pacitan, pantai eksotis yang menawarkan pesona karang berlubang sebagai pintu gerbang laut selatan. Wisata bahari yang unik dengan pemandangan air terjun.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Karang Bolong, Kendal, Sendang, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Bicara soal Pacitan, kota kelahiran Presiden SBY cukup terkenal di kalangan wisatawan. Pasalnya, kota di barat daya provinsi Jawa Timur ini memiliki banyak pantai karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Salah satu pantai yang ada di Pacitan adalah Pantai Karang Bolong.

Pantai indah ini sendiri memang belum banyak dikenal hingga “zaman keemasan” media sosial beberapa tahun terakhir. Meski lokasinya dekat dengan Pantai Klayar, pantai ini baru terkenal karena banyak fotografer yang mengunggah keindahan pantai unik ini di media sosial mereka.

Pantai ini berbeda dengan pantai lainnya; karena, di pantai ini, Anda tidak dapat menemukan hamparan pasir pantai yang luas. Sebaliknya, di Pantai Karang Bolong, potongan tebing dengan lubang di tengahnya menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi masih banyak keunikan yang ditawarkan pantai Pacitan ini sehingga menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Pacitan.

Atraksi Pantai Karang Bolong

Pantai Karang BolongKredit gambar: Google Maps Andrey Tikhomirov

Pantai yang menawan ini merupakan pantai yang tidak jauh dari pantai Klayar. Dari pantai Klayar, Anda hanya perlu berkendara dengan jarak sekitar satu kilometer. Namun, Pantai Karang Bolong memiliki pesona yang membuatnya berbeda. Apa yang spesial dari pantai ini?

1. Pantai tanpa pasir

Jika pada umumnya pantai memiliki area berpasir, jangan berharap untuk menemukan pasir pantai saat Anda berkunjung ke Karang Bolong. Karena lokasi pantai ini berada di atas tebing dan tidak bersinggungan langsung dengan air laut.

Sebagai gantinya, Anda bisa menemukan hamparan rumput hijau yang cukup luas. Bisa dibilang hamparan rumput di pantai ini menyerupai sabana. Anda bisa menggelar tikar, menikmati pemandangan pantai sambil bersantai bersama orang-orang terdekat.

2. Tebing karang ‘lubang’

Penamaan pantai ini dengan nama ‘Karang Bolong’ rupanya bukan tanpa alasan. Seperti yang sudah disebutkan, pantai ini berdiri di atas tebing berbatu yang besar. Nah, di salah satu sisi pantai kamu bisa melihat ada potongan tebing dengan lubang besar di tengahnya. Lubang inilah yang menjadi dasar nama pantai ini dengan nama “Karang Bolong”.

Tak hanya itu, bebatuan karang yang tetap kuat melawan ganasnya ombak Samudera Hindia juga menjadi daya tarik tersendiri bagi kunjungan wisatawan ke pantai ini. Anda bisa mengamati karang yang menonjol dari atas, namun Anda harus berhati-hati karena masih belum ada fasilitas keamanan di pantai ini.

3. Panorama matahari terbenam dan matahari terbit

kamu pemburu matahari terbenam? Jangan sia-siakan kunjungan Anda ke pantai ini tanpa melihat matahari terbenam dari Pantai Karang Bolong. Menyaksikan langit yang berubah warna dari biru cerah menjadi kuning kemudian berubah menjadi jingga adalah momen yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika bisa melakukannya sambil duduk di atas tebing dan ditemani suara deburan ombak. Wow!

Jika cuaca cerah, Anda bahkan dapat melihat Matahari terbit dari tempat yang sama. Rasakan sensasi menyambut hari baru di tengah alam. Semilir angin yang sepoi-sepoi, ditambah dengan mentari pagi yang membakar pikiran menjadi harmoni yang baik untuk memulai hari Anda.

4. Keindahan air terjun

Pernahkah Anda menemukan pantai dengan air terjun? Jika Anda belum pernah menemukan pantai seperti itu, Anda bisa mencoba mengunjungi Pantai Karang Bolong. Sebab, di pantai ini, Anda bisa menemukan air terjun di salah satu sisi tebing. Tentu saja, air terjun ini juga menjadi daya tarik wisata, terutama bagi mereka yang menyukai fotografi.

Alamat dan Arah Menuju Pantai Karang Bolong

Alamat Pantai Karang BolongKredit gambar: Google Maps Zora Revando

Surga laut ini terletak di Karang Bolong, Desa Sendang, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jika dilihat dari peta online, pantai ini berjarak sekitar 39 kilometer dari pusat kota Pacitan. Pantai ini memiliki pintu gerbang yang sama dengan pantai Klayar, anda bisa langsung bertanya kepada warga sekitar bagaimana cara menuju pantai Karang Bolong.

Bagi anda yang berasal dari kota Pacitan bisa langsung menuju kawasan Donorejo. Untuk memudahkan anda, anda bisa mengikuti jalan menuju pantai Klayar. Akses menuju pantai tidak sulit dan jalannya relatif bagus. Hanya saja saat mendekati pantai harus berhati-hati karena kondisi jalan yang belum beraspal.

Anda bisa mengunjungi lokasi pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sementara itu, masih belum ada angkutan umum yang bisa mengantar Anda langsung ke sana. Lokasi pantai ini bisa Anda temukan di peta online sehingga Anda tidak perlu susah-susah mencari jalan menuju pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Pacitan Karang Bolong

Harga Tiket Masuk Pantai Pacitan Karang BolongKredit gambar: Google Maps Rizqi Fajriansyah

Untuk masuk ke pantai ini pengunjung dikenakan biaya Rp 10.000 (dewasa) dan Rp 5.000 (anak-anak). Tiket masuk pantai ini selalu satu dengan tiket masuk pantai Klayar. Perlu diingat bahwa harga ini dapat berubah sesuai kebijaksanaan pengelola situs.

Dari loket di Pantai Karang Bolong, biasanya ada beberapa orang yang menawarkan jasa ojek. Memang tidak semua kendaraan bisa melaju di jalan berbatu, sehingga cukup berbahaya bagi pengendara yang tidak terbiasa dengan medan yang sulit. Bahkan menurut beberapa pengunjung, mobil tidak bisa masuk dan harus diparkir agak jauh.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Karang Bolong

Aktivitas Menarik di Pantai Karang BolongKredit gambar: Google Maps Alfi Nurul

1. Menikmati matahari terbenam dan matahari terbit

Tidak semua pantai memiliki pilihan untuk menampilkan matahari terbit dan terbenam. Jika Anda suka menonton Matahari terbit dan matahari terbenam, pantai ini bisa memberi Anda berdua. Hanya untuk Matahari terbitAnda bisa berkemah agar tidak terlalu banyak tidur dan melewatkan kesempatan untuk melihat indahnya mentari pagi.

Matahari terbenam pada kisaran ini tidak dapat diremehkan. Jika cuaca cerah, Anda dapat dengan mudah mengamati matahari terbenam di tebing sambil berteman dengan semilir angin pantai. Suasana romantis matahari terbenam di pantai ini mampu membawa siapa saja ke dalamnya.

2. Bersantai

Bersantai di pantai tentu bukan hal yang “wow” jika dilakukan di hamparan pasir yang menutupi pantai. Namun, bagaimana dengan perasaan relaksasi di hamparan sabana yang dipadukan dengan suara deburan ombak, aroma laut dan semilir angin pantai? Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencobanya sendiri di Pantai Karang Bolong.

3. Nikmati panorama dan ambil foto

Banyak objek pemandangan yang bisa Anda lihat di lokasi ini. Dari sabana yang terhampar, potongan tebing berbatu yang membanggakan tapi indah untuk dipandang, pemandangan laut lepas, bahkan jika Anda datang pada sore hari Anda bisa melihatnya. matahari terbenam. Bisa dibilang pantai ini memiliki paket yang lengkap.

Belum lagi, Anda juga bisa mengabadikan momen-momen kunjungan Anda ke pantai ini dengan merekamnya dengan kamera Anda. Baik itu foto panorama atau foto Anda bersama teman, keluarga, atau orang terkasih, aktivitas ini tidak boleh dilupakan. Apalagi saat matahari terbenam, kamu bisa mengambil siluet yang indah imut juga.

4. Perkemahan

Bisa dikatakan camping di pantai ini cukup aman. Ada toilet di pantai dan sumber air tidak sulit ditemukan. Hanya saja perlu membawa bekal yang cukup, karena di pantai eksotis ini tidak ada penjual makanan. Untuk menuju desa terdekat jaraknya cukup jauh sehingga lebih baik mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Plus, jika Anda datang berkemah bersama teman atau keluarga besar, Anda bisa berpesta panggang ditemani angin malam dan suara deburan ombak. Bernyanyi bersama juga merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama.

5. Perburuan Foto Bima Sakti

Tidak hanya foto panorama, kamu yang suka fotografi pun bisa leluasa mencari foto galaksi Bima Sakti. Hal ini tentunya akan lebih mudah dilakukan di daerah pesisir mengingat polusi cahaya yang sangat sedikit dibandingkan dengan daerah perkotaan.

Akomodasi Murah Dekat Pantai Karang Bolong

Akomodasi Murah Dekat Pantai Karang BolongKredit gambar: Google Maps Okky Waskito

Akomodasi di sekitar pantai ini kurang lebih sama dengan akomodasi di sekitar pantai Klayar. Ada beberapa pilihan dengan jarak dan harga yang bervariasi.

1. Nova Homestay

homestay letaknya tidak jauh dari pintu gerbang pantai klayar dan pantai karang bolong yang berjarak sekitar 700 meter. Harga per malam yang terjangkau menjadikan lokasi ini ideal bagi Anda yang bepergian bersama anggaran minimal. Kamar yang disewakan cukup luas dan dilengkapi dengan kipas angin/AC.

2. Homestay Platar Ombo

Lokasi homestay itu cukup dekat dengan homestay disebutkan sebelumnya, dan harganya tidak jauh berbeda. Hanya saja ada warung makan di homestay Ini memudahkan Anda untuk makan. Fasilitas yang diberikan juga tidak jauh berbeda.

3. Vila Bukit Batu

Apakah anggaran tidak menjadi halangan, anda bisa mencoba menginap di Batu Hill Villa. Fasilitas yang disediakan cukup memadai, sehingga Anda bisa menginap dengan nyaman di sana. Vila ini memiliki tampilan alami dan sebagian besar furniturnya terbuat dari kayu, bambu, atau batu.

4. Retret Desa Limasan

Dengan harga yang berada di tengah-tengah ketiga pilihan akomodasi di atas, resort ini bisa menjadi pilihan saat Anda menginginkan pengalaman berwisata yang nyaman namun tidak terlalu mahal. Lokasi ini cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga kecil atau orang tersayang.

Namun, seperti halnya Batu Hill Villa, jarak antara pantai dan Desa Limasan Retreat cukup jauh. Jadi anda harus membawa kendaraan sendiri untuk mencapai lokasi pantai.

5. Pemandangan indah di Larasati Homestay

homestay terletak sekitar 700 meter dari pantai, sehingga cukup dekat dengan pantai. Harga kamar per malam tidak jauh berbeda, cocok untuk pejalan kaki yang ingin mengunjungi kawasan Pantai Karang Bolong. Anda dapat memilih kamar dengan atau tanpa AC, dan harga untuk kedua kamar berbeda.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Karang Bolong

Fasilitas Pantai Karang BolongKredit Gambar: Google Maps Bayu Nurseto

Tidak banyak fasilitas yang tersedia di pantai ini. Mungkin karena tamasya masih belum sebanyak mengunjungi pantai Klayar. Jadi, jika Anda berkunjung ke pantai ini, jangan heran jika hanya beberapa fasilitas penunjang wisata yang bisa ditemukan, yaitu toilet, tempat perkemahandan tempat parkir.

Demikian informasi terkait Pantai Karang Bolong yang bisa menjadi destinasi wisata anda selanjutnya saat berkunjung ke Pacitan. Tentunya pantai ini akan membuat waktu liburan Anda semakin seru dengan banyaknya hal yang ditawarkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button