Curug Rahong, Wisata Air Terjun Alami Eksotis di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Rahong, Wisata Air Terjun Alami Eksotis di Bogor

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Rengasjajar, Kec. Cigudeg, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Curug Rahong merupakan salah satu tempat wisata alam berupa air terjun di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Wisata air terjun ini menawarkan pemandangan air terjun dari atas bebatuan dengan ketinggian mencapai 15 meter. Air terjun ini sedikit berbeda dari kebanyakan air terjun lainnya, dimana bentuknya tidak lurus dari atas ke bawah tetapi berbentuk cembung.

Bentuknya yang cembung disebabkan oleh bebatuan yang ada di dalam air terjun, sehingga ketika air jatuh dari atas, akan dipantulkan dari bebatuan di tengah sehingga menyebabkan bentuk yang cembung. Air Terjun Curug Rahong berasal dari aliran Sungai Cibodas di tengah hutan sehingga air di air terjun sangat jernih dan sejuk.

Mencapai tempat wisata alam ini membutuhkan tenaga ekstra dan tidak disarankan untuk orang tua atau anak-anak. Memang untuk mencapai lokasi air terjun yang berada di tengah hutan pawa, wisatawan harus berjalan kaki dari desa Curug Rahong melalui jalan setapak dan tidak bisa dilalui kendaraan bermotor. Ditambah beberapa kali harus menyeberangi Sungai Cibodas.

Daya Tarik Curug Rahong

Air Terjun RahongKredit gambar: Google Maps Joko Kusnandi

Daya tarik air terjun ini lebih berkaitan dengan alam, karena tempat wisata alam ini menawarkan keindahan alam yang masih sangat alami. Bahkan untuk berwisata ke tempat wisata air terjun ini, wisatawan disuguhkan dengan keindahan hutan dan indahnya aliran sungai. Berikut beberapa tempat wisata alam di wisata air terjun ini.

1. Air Terjun

Daya tarik pertama Curug Rahong adalah keindahan air terjun di tebing berbatu. Bentuk cembung air terjun yang memiliki ketinggian 15 meter ini cukup memanjakan mata wisatawan. Ditambah dengan beberapa aliran kecil yang jatuh di samping aliran air terjun utama, semakin indah untuk dilihat dan dinikmati.

Saat memasuki area air terjun, Anda harus berhati-hati dengan bebatuan di sekitarnya. Ada tempat lompat dari ketinggian 3 meter di sekitar air terjun. Namun, jika Anda tidak bisa berenang, jangan melompat.

2. Alam

Karena letaknya yang berada di tengah hutan, tempat wisata alam ini menjadi sangat alami dengan pepohonan yang rindang di sekelilingnya. Kicauan burung dan binatang lainnya menandakan bahwa tempat ini masih jauh dari tangan para perusak hutan yang jahat. Wisatawan bisa bersantai sambil menikmati suara air terjun dan kicauan burung di sekitarnya.

3. Sungai

Aliran Sungai Cibodas di tengah hutan juga menjadi daya tarik tersendiri. Airnya yang jernih dan sejuk membuat para wisatawan yang datang langsung membasuh muka dengan air sungai sesampainya di lokasi air terjun setelah lelah melakukan perjalanan dari desa Curug Rahong. . Banyak orang juga tidak melewatkan kesempatan untuk mandi di sungai.

Aliran Sungai Cibodas bisa dinikmati dari jalan raya menuju kawasan air terjun. Dimana wisatawan akan melintasi beberapa aliran sungai sebelum sampai di lokasi air terjun yang indah ini.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket masuk

Air Terjun RahongKredit gambar: Instagram Karasad

Lokasi Curug Rahong berada di Kabupaten Bogor, Kecamatan Cigudeg, yang berada di tengah kawasan hutan desa Rengasjajar, sekitar 47 kilometer dari kota Bogor. Perjalanan panjang menuju desa Rengasjajar memakan waktu sekitar 2 jam 2 menit dengan kendaraan bermotor.

Untuk mencapai tempat wisata alam ini, wisatawan akan melewati galian yang banyak terdapat kendaraan berat. Setelah melewati kawasan tersebut, Anda akan merasakan suasana pedesaan yang asri. Jadi jangan kaget dengan kendaraan berat yang beredar di area galian.

Rute bisa dimulai dari Botani Square Bogor di Jl. Pajajaran menuju Jl. Tol Jagorawi. Lanjutkan di Tol Jl. Jagorawi untuk masuk Tol Jl. Lkr. Bogor di Jakarta. Dari Jalan Tol Lkr. Bogor terus lurus sampai menemukan pintu keluar ke Jl. Parung. terus di jl.parung masuk jl.raya cibeuteung.

Ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan di Jl. H. Miing lalu belok kanan, teruskan jalan tersebut sampai menemukan lembah Cisadane kemudian belok kiri di Jl. Putat Nutug untuk masuk ke Jl. Prada Samlawi. Lanjutkan di Jl. Prada Samlawi sampai ketemu perempatan Jl. Prada Abdullah lalu belok kiri. Kemudian belok kiri di Jl.Mont. Eunder.

Lanjutkan di jalan Desa Cipinang lalu belok kanan lalu ikuti jalan Jl. Suda Malik lalu belok kiri. Dan ikuti jalan menuju desa Rengasjajar. Karena memasuki daerah pedesaan, sebaiknya bertanya kepada warga sekitar jika bingung dengan rutenya.

Setelah sampai di desa, wisatawan dapat memarkir kendaraannya di Tempat Parkir Wisata Curug Rahong. Kemudian wisatawan akan menuju ke tempat air terjun tersebut dengan berjalan kaki melalui jalan setapak untuk menyeberangi sungai. Perhatikan sepatu yang dikenakan untuk menghindari cedera selama perjalanan.

Untuk masuk ke tempat wisata alam ini, wisatawan harus membayar harga tiket Rp 10.000 per orang. Dimana harga tiket tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Tempat wisata ini buka 24 jam sehari jadi nikmati saja alam dan bermain air sungai. Hubungi sebelum bepergian untuk memastikan tubuh benar-benar fit.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Rahong

Hal yang Dapat Dilakukan di Curug RahongKredit gambar: Instagram @kangpotret.id

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Rahong. Mulai dari kegiatan yang berhubungan dengan air hingga yang berhubungan dengan alam atau hutan. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di kawasan wisata alam ini.

1. Bermain air

Kegiatan pertama adalah bermain air. Entah itu air terjun atau sungai. Wisatawan bisa berenang atau sekadar membasuh muka dengan jernihnya air Sungai Cibodas. Ada beberapa wisatawan yang melompat dari ketinggian 3 meter di tengah air terjun yang mengarah ke sungai di bawahnya.

Jika Anda ingin berenang di sepanjang sungai, Anda harus berhati-hati. Bagi yang tidak bisa berenang, lebih baik bermain air di tepi sungai, jangan mencoba melakukan atraksi berbahaya seperti melompat dari ketinggian.

2. Mendaki

Kegiatan ini wajib dilakukan saat mengunjungi wisata alam Curug Rahong ini. Dimana wisatawan diharuskan trekking dari tempat parkir menuju lokasi air terjun ini. Dengan modal petunjuk arah sederhana yang dibuat sepanjang perjalanan, wisatawan harus melewati jalan setapak dan beberapa kali harus menyeberangi sungai.

Pastikan barang bawaan tidak terlalu berat dan kondisi fisik harus 100% sehat untuk menaklukkan jalur trekking ini. Perhatikan juga sepatu yang digunakan, sebaiknya gunakan sepatu olahraga atau sandal gunung untuk mempermudah perjalanan. Saat menyeberangi sungai diharapkan memperhatikan sol agar tidak terpeleset.

3. Perkemahan

Aktivitas di Air Terjun RahongKredit gambar: Google Maps Ji Liong

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan di Curug Rahong adalah camping atau bermalam di alam. Kegiatan ini membutuhkan izin dari penjaga atau penduduk setempat. Karena tempatnya yang cukup jauh dari pemukiman penduduk, wisatawan yang ingin camping harus benar-benar berpengalaman.

Sangat disarankan untuk membawa obat nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk di hutan saat menginap. Bawa bekal secukupnya dan jangan lupa jaket atau selimut untuk menghangatkan badan, karena daerah ini agak dingin di malam hari. Karena tempat ini sangat alami, berhati-hatilah dengan hewan liar seperti ular dan serangga.

4. Memancing

Kegiatan selanjutnya adalah memancing ikan air tawar. Tidak banyak ikan di tempat wisata alam ini, namun para pemancing bisa bersantai sambil mencoba melemparkan kail di aliran Sungai Cibodas. Duduk menunggu umpan dimakan sambil menikmati indahnya air terjun di tengah hutan akan membuat pengalaman memancing yang berbeda.

Fasilitas yang tersedia di Curug Rahong Bogor

Fasilitas Curug RahongKredit gambar: Google Maps Juned_Rawadenok

Tidak banyak fasilitas di Curug Rahong. Memang, tempat wisata ini hanya dikelola seadanya oleh warga setempat. Agar fasilitas yang tersedia tetap sederhana, berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di tempat wisata alam tersebut.

1. Area parkir kendaraan

Pertama-tama, terdapat area parkir untuk kendaraan para wisatawan yang datang mengunjungi tempat wisata alam ini. Wisatawan akan memarkir kendaraannya kemudian berjalan kaki untuk mencapai lokasi air terjun yang berada di tengah hutan.

2. Jalur menuju lokasi air terjun

Sebuah jalan kecil yang juga berfungsi sebagai jalan setapak menuju tempat air terjun tersebut berada. Jalan tersebut juga melintasi aliran sungai yang dapat digunakan untuk kegiatan hiking sebelum memasuki kawasan air terjun.

3. Katering

Di sekitar Air Terjun Curug Rahong terdapat beberapa warung makan sederhana yang dikelola oleh warga sekitar. Di toko ada makanan berat, snack, minuman panas, minuman dingin, rokok dan beberapa barang lainnya. Usai makan, usahakan untuk menjaga kebersihan agar tempat wisata alam ini tidak tercemar sampah plastik.

4. Saung atau Belvedere

Kemudian ada gubuk atau gazebo bagi wisatawan untuk bersantai dan menikmati keindahan alam kawasan air terjun ini. Saung dapat menampung 4 sampai 5 orang. Biasanya pondok ini digunakan wisatawan untuk bersantai dan menikmati alam sekitar bersama keluarga atau teman.

Bagi wisatawan yang ingin bermain air akan menitipkan barang bawaannya di sini, pastikan barang bawaannya selalu disimpan. Karena kerugian dalam bentuk apapun di lokasi wisata bukan menjadi tanggung jawab pengelola lokasi wisata.

5. Toilet umum dan kamar mandi

Fasilitas selanjutnya adalah toilet umum bagi wisatawan untuk buang air kecil atau besar saat berlibur di sana. Ada juga kamar mandi di mana wisatawan bisa berganti pakaian atau membilas tubuh setelah bermain di sungai.

Objek wisata Curug Rahong ini tidak direkomendasikan bagi wisatawan yang sedang tidak sehat. Karena perjalanan dari tempat parkir mobil cukup panjang dan Anda harus menyeberangi sungai dengan berjalan kaki di bebatuan. Namun saat memasuki kawasan air terjun, rasa lelah akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan oleh tempat indah di Bogor ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button