Curug Nyogong, air terjun tersembunyi dengan pemandangan menakjubkan di Garut - WisataHits
wisatahits

Curug Nyogong, air terjun tersembunyi dengan pemandangan menakjubkan di Garut

Curug Nyogong, air terjun tersembunyi dengan pemandangan menakjubkan di Garut

Curug Nyogong merupakan air terjun yang berkelok-kelok dan cukup tinggi di Garut. Daya tariknya adalah aliran air yang deras dan pemandangan yang indah.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Mekarwangi, Cihurip, Mekarwangi, Kec. Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Kabupaten Garut menawarkan banyak wisata alam. Jenis wisata alam yang banyak dijumpai di sini adalah curug atau air terjun, contohnya Curug Nyogong Garut. Air terjun ini sebenarnya sangat menawan, namun medan yang sulit membuatnya jarang dikunjungi wisatawan.

Yang ingin ke air terjun ini biasanya adalah anak muda yang menyukai petualangan dan menyukai alam. Air terjun ini diberi nama Nyogong karena arusnya melengkung dan berliku-liku. Air terjun ini sangat megah dengan ketinggian sekitar 12 meter dan lebar mulut air terjun sekitar 3 meter.

Saat musim hujan debit air di curug ini sangat besar sehingga air yang mengalir berwarna putih dengan buih yang kental. Air tumpah ke kolam alami yang kemudian mengalir memanjang melalui sungai berbatu. Di air terjun yang mempesona ini, wisatawan akan menemukan beberapa tempat wisata dan aktivitas menyenangkan untuk dilakukan.

Daya tarik yang ditawarkan air terjun Nyogong

Obyek wisata Curug NyogongFoto: Google Maps/Rivaldi Fahri

Curug Nyogong Garut adalah salah satu air terjun terindah di kawasan ini. Mereka yang mengunjunginya dibuat takjub dengan keindahan air terjunnya. Di sini, wisatawan menemukan beberapa atraksi yang membuat mereka ingin kembali ke sini. Di bawah ini adalah daya tarik yang dimiliki Air Terjun Nyogong.

✦ Menantang Trekking

Mencapai air terjun yang megah ini merupakan perjuangan tersendiri. Jika wisatawan datang ke sini dengan mobil, mereka harus berjalan lebih jauh karena jalur menuju air terjun tidak dapat dilalui dengan mobil. Namun, jika mengendarai sepeda motor, mereka bisa parkir di tempat parkir yang lebih dekat dengan air terjun.

Meski begitu, perjalanan menuju Air Terjun Nyogong masih terasa tidak mudah karena jalur di sini masih alami dan naik turun. Wisatawan harus melintasi persawahan, kebun, dan sungai berbatu untuk sampai ke air terjun. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 15 menit dan paling baik dilakukan dalam cuaca yang baik.

✦ Air terjun yang menakjubkan

Air terjun ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Konon, aliran air dari curug ini berasal dari curug lain yaitu Curug Cialeuan. Saat wisatawan mengikuti jalan menuju kawasan air terjun, mereka bisa melihat Air Terjun Nyogong membelah perbukitan dari kejauhan.

Pemandangannya cukup menggairahkan wisatawan untuk melakukan perjalanan yang menantang ini. Begitu sampai, semua rasa lelah mereka akan sirna ketika melihat keindahan air terjun dari dekat. Air terjun ini mengalir deras dengan buih putih di dasar tebing yang gelap. Sungai berbatu dan tanaman hijau membuatnya semakin indah.

✦ Kolam renang alami berisi air dingin dan segar

Kolam di bawah air terjun yang megah ini berisi air jernih berwarna hijau. Bentuk kolamnya agak melingkar dan di salah satu ujungnya terdapat batu-batu yang cukup besar. Air mengalir melewati batu ini dan menciptakan aliran berbusa. Wisatawan bisa berenang dan bermain di kolam air terjun, namun harus berhati-hati karena kedalamannya mencapai 3 meter.

✦ Udara bersih yang kaya akan oksigen

Air terjun ini berada di daerah perbukitan dengan pepohonan hutan yang lebat. Jadi, jangan heran jika udara di sekitar air terjun bersih dan kaya oksigen. Menghirup udara ini akan membuat wisatawan merasa lebih segar dan bugar. Aspek inilah yang membuat beberapa wisatawan ingin mengunjungi air terjun ini.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Curug NyogongFoto: Google Maps/Savira Fitriyanti

Curug Nyogong terletak di kecamatan Cihurip, Garut, tepatnya di Kp. Sawahpasir, Mekarwangi, Jawa Barat. Jarak air terjun ini dengan kota Garut adalah 58 km. Wisatawan dari Garut membutuhkan waktu setidaknya 2,5 jam untuk sampai ke air terjun cantik ini. Beberapa jalan menuju kawasan wisata ini kondisinya baik, namun beberapa bagian kondisinya memprihatinkan.

Rute yang dapat ditempuh dari pusat kota Garut adalah melalui Jl. Ahmad Yani – Jl. Cimauk – Jl. Cigedug – Jl. Cikajang – Jl. Runtuh – dan Singajaya. Wisatawan yang menggunakan mobil harus memarkir kendaraannya di balai kota dan bagi yang menggunakan sepeda motor dapat parkir di area yang paling dekat dengan air terjun. Selain itu, mereka dapat menyewa pemandu untuk sampai ke air terjun.

Berwisata ke Air Terjun Nyogong bukanlah kegiatan yang mudah bagi setiap wisatawan. Hanya mereka yang benar-benar fit saja yang bisa menikmati keindahan air terjun ini. Oleh karena itu, wisatawan harus membangun stamina sebelum datang ke sini. Pilih juga waktu berkunjung saat cuaca cerah dan jangan lupa membawa baju ganti dan bekal.

Saat memarkir kendaraan di area parkir Air Terjun Nyogong, wisatawan akan dikenakan biaya Rp 5.000 per orang. Selain itu, mereka juga akan dimintai biaya parkir yang besarnya tergantung jenis kendaraan. Air terjun ini bisa dikunjungi mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah pada pagi hari.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Kegiatan Seru Nyogong CurugFoto: Google Maps/Asep Ridwan

Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di air terjun megah ini? Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Curug Nyogong. Beberapa kegiatan tersebut memerlukan keahlian khusus. Namun, banyak juga kegiatan yang bisa dilakukan tanpa keahlian khusus. Sehingga setiap orang dapat memiliki pengalaman perjalanan yang mengesankan di sini. Berikut aktivitas menarik di air terjun ini.

1. Berenang di kolam air terjun Nyogong

Berenang di kolam Curug Nyogong memang sangat menyegarkan, apalagi jika dilakukan pada siang hari. Air di kolam ini juga bersih, sehingga wisatawan yang berenang disini tidak perlu khawatir dengan kebersihannya. Namun, sebelum memasuki kolam, wisatawan harus “menguji suhu” terlebih dahulu karena airnya mungkin terlalu dingin untuk mereka.

2. Mainkan air

Berenang di kolam air terjun dengan kedalaman 3 meter membutuhkan keterampilan berenang yang baik. Namun, wisatawan yang tidak bisa berenang tetap bisa menikmati segarnya air di Curug Nyogong. Mereka dapat mengarungi dengan aman sambil duduk di bebatuan dekat kolam atau sungai. Namun, wisatawan tetap harus berhati-hati karena batu ini licin dan tajam.

3. Berburu foto keren

Keindahan alam di sepanjang jalan setapak dan di Air Terjun Nyogong wajib diabadikan selama liburan air terjun ini. Foto-foto ini pasti membuat akun media sosial turis mendapatkan banyak like dan followers. Selain foto-foto keindahan alam, wisatawan juga tidak boleh melupakan selfie keren atau wefie dengan background air terjun yang indah.

4. Bersantai dan menikmati keindahan air terjun

Berjalan mondar-mandir, berenang, dan bermain air dapat menguras energi wisatawan. Untuk bersantai, mereka bisa bersantai di sekitar air terjun sambil menikmati keindahan air terjun dan alam di sekitarnya. Di kawasan wisata ini juga terdapat gazebo dimana wisatawan dapat beristirahat dan bersantai.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas Curug Nyogong GarutFoto: Google Maps/Fadel Shal Almay

Perkembangan wisata di Curug Nyogong relatif lambat. Oleh karena itu, fasilitas wisata selalu merupakan fasilitas dasar wisata, misalnya tempat parkir, mushola, toilet, warung kecil, gazebo, tempat duduk dan toilet.

Meski fasilitas wisata belum lengkap, namun tidak menyurutkan banyak wisatawan untuk kembali ke sini.

Berlibur di Curug Nyogong bisa membuat liburan Anda berkesan. Air terjun ini luar biasa dengan mulutnya yang lebar dan debit air yang deras. Selain itu kolam air terjun, sungai dan kondisi alam di sekitar air terjun ini juga sangat menarik. Namun untuk mengunjunginya, wisatawan perlu menyiapkan stamina dan kesehatan tubuh.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button