Curug Cikondang, air terjun eksotis dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Cianjur - WisataHits
wisatahits

Curug Cikondang, air terjun eksotis dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Cianjur

Curug Cikondang, air terjun eksotis dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Cianjur

Curug Cikondang merupakan air terjun dengan ketinggian 50m dan lebar 30m. Curug cantik ini wajib dikunjungi saat berlibur di Cianjur karena menarik dan instagenic.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.30-16.00 WIB, Alamat: Sukadana, Kec. Campaka, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Menikmati wisata alam adalah salah satu cara menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Di Cianjur, wisata alam yang saat ini terdampak adalah Curug Cikondang. Nama cascade atau air terjun ini bisa diartikan sebagai air yang terkenal. Konon, orang yang mandi di air terjun tersebut akan tenar atau tenar.

Air terjun ini sering disebut sebagai Air Terjun Niagara mini oleh para wisatawan. Alasan penyebutan nama tersebut karena mulut air terjun Cikondang sangat lebar. Air terjun ini memiliki lebar 30 meter dan tinggi sekitar 50 meter. Ukuran tersebut membuat air terjun ini terlihat seperti tirai air raksasa dengan aliran air yang cukup besar.

Beberapa tahun lalu, air terjun ini masih sepi wisatawan. Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah wisatawan yang berkunjung ke sana semakin meningkat. Banyaknya jumlah wisatawan mendorong pengelola untuk meningkatkan fasilitas wisata dan fasilitas pendukung. Peningkatan ini tentunya membuat air terjun ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Objek wisata air terjun Cikondang

Objek Wisata Air Terjun CikondangKredit gambar: Instagram Fije_Kakar

Saat ini, Curug Cikondang semakin terkenal di kalangan wisatawan lokal. Popularitas ini semakin meningkat ketika Pak Ridwan Kamil dan Ibu Cinta berkunjung dan mencoba aktivitas terbaru di air terjun. Namun, air terjun yang luas ini sebenarnya memiliki beberapa objek wisata yang layak untuk dikunjungi.

✦ Air Terjun Cikondang memiliki pemandangan yang menarik

Bentuk dan ukuran Curug Cikondang memberikan penampilan yang menarik dan tidak biasa. Beberapa air terjun di Indonesia memiliki muara yang relatif sempit atau sama dengan lebar sungai yang mengalir melaluinya. Namun air terjun ini mendapatkan sumber airnya dari sungai sempit yang melebar di muara air terjun.

Akibatnya, aliran air terjun melebar dan membentuk tirai yang indah. Apalagi tebing air terjun unik ini juga unik karena memiliki undakan dan di kanan kirinya tumbuh berbagai tumbuhan hijau. Air terjun dengan tumpahan air yang deras ini juga berada di dekat sawah terasering yang menambah keindahan tempat wisata secara keseluruhan.

✦ Jalan menuju air terjun sangat memanjakan mata

Untuk bisa menikmati keindahan landscape air terjun Cikondang, wisatawan harus menempuh jalur beberapa puluh meter dari tempat parkir. Sambil menyusuri jalur ini, wisatawan bisa menikmati keindahan kebun teh dan lahan pertanian yang asri dan memanjakan mata. Keindahan lanskap ini membuat perjalanan terasa ringan.

✦ Olahraga ekstrim

Pengelola wisata air terjun Cikondang bersama masyarakat terlatih menyediakan olahraga ekstrim canyoning atau abseiling bagi wisatawan. Olahraga ini benar-benar memacu adrenalin karena mengharuskan pesertanya menuruni tebing di bawah air terjun. Aliran air yang deras saat musim hujan membuat kegiatan ini semakin sulit.

Namun, olahraga ekstrim ini tidak bisa dilakukan setiap hari. Para pengelola umumnya mengadakan kegiatan ini pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. Oleh karena itu, wisatawan yang ingin mencoba canyoning sebaiknya mengecek jadwal olahraga ekstrim ini terlebih dahulu agar tidak ketinggalan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun CikondangKredit Gambar: Instagram Rouge Lovitt

Alamat Curug Cikondang di desa Sukadana, Kec. Campaka, Cianjur, Jawa Barat. Jarak antara air terjun cantik ini dengan pusat kota Cianjur sekitar 36 km. Untuk saat ini, tidak ada angkutan umum yang melewati air terjun. Oleh karena itu, wisatawan hanya bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan pribadi atau sewa.

Untuk menuju lokasi air terjun dari kota Cianjur, wisatawan dapat menempuh jalan melalui Jl Raya Cianjur – Sukabumi. Kemudian belok kiri ke Jl.Cilaku dan lanjutkan ke Cibeber. Wisatawan juga bisa memilih jalur Warung Kondang dan Lampegan. Setelah sampai di tempat parkir wisata air terjun, wisatawan harus mengikuti jalan setapak untuk menuju air terjun.

Perjalanan melalui jalan setapak tidak terlalu panjang dan tidak terlalu jauh. Selain itu, tanahnya juga tidak terlalu berat. Meski medannya tidak sulit, wisatawan harus tetap fit dan sehat saat datang ke sini. Menyusuri jalan setapak, wisatawan bisa menikmati pemandangan indah dan sejuk Kebun Teh PTPN VIII Panyairan.

Harga tiket masuk dan jam buka

HTM Curug Cikondang Cianjur sangat terjangkau Rp 5.000. Selain membayar tiket masuk, wisatawan yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir. Jika ingin mencoba canyoning, wisatawan harus membayar biaya sebesar Rp 250.000. Biaya ini sudah termasuk perlengkapan, instruktur, HTM dan makan siang.

Air Terjun Cikondang buka setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 16.00. Biasanya wisatawan diminta meninggalkan lokasi pada pukul 16.30. Hal itu dilakukan pihak pengelola karena konon ada turis yang menghilang saat berlama-lama di air terjun cantik ini hingga menjelang matahari terbenam. Untuk mencegah kejadian ini terulang kembali, air terjun ditutup lebih awal.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas menarik di Curug CikondangKredit Gambar: Instagram Oman

Air Terjun Cikondang tidak hanya menawarkan keindahan alam. Namun air terjun ini juga menawarkan banyak aktivitas menarik untuk dilakukan. Beberapa kegiatan ini membutuhkan keberanian dan keterampilan. Oleh karena itu, sangat penting bagi wisatawan untuk mempertimbangkan kemampuan dan kesehatannya sebelum melakukannya.

1. Canyoning

Kegiatan canyoning menjadi kegiatan favorit banyak wisatawan saat berkunjung ke Air Terjun Cikondang. Meski terlihat berbahaya, kegiatan ini dinilai aman karena diselenggarakan oleh mereka yang sudah terlatih. Selain itu, alat dan perlengkapan yang digunakan berkualitas tinggi dan memenuhi standar.

2. Ambil gambar

Hampir setiap wisatawan pasti ingat untuk berfoto di Air Terjun Cikondang. Keindahan alam air terjun ini menjadi spot foto atau background terbaik di kawasan tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa air terjun eksotis ini biasanya mendung di musim hujan dan cerah di musim kemarau. Maka dari itu, sebaiknya wisatawan datang ke sini saat musim kemarau agar foto bisa maksimal.

3. Kamp

Tidak jauh dari area air terjun terdapat area berkemah. Berkemah di dekat air terjun tentu menawarkan pengalaman yang berbeda dibandingkan berkemah di lereng gunung atau di tepi danau. Namun tempat yang bisa digunakan untuk camping di Curug Cikondang ini kurang luas. Jika Anda membutuhkan tempat berkemah yang luas, ada lagi tempat berkemah yang berjarak 190m dari air terjun.

4. Berenang

Berenang di kolam air terjun yang indah ini sangat menyegarkan. Namun, wisatawan harus berhati-hati saat melakukannya. Aliran air terjun ini sangat deras. Jadi mereka tinggal berenang di pinggir kolam. Selain itu, kegiatan ini tidak disarankan bagi wisatawan yang tidak bisa berenang.

5. Mainkan air

Selain berenang, wisatawan juga bisa duduk di bebatuan dekat air terjun dan bermain air. Kegiatan ini terbilang aman, apalagi beberapa bagian air terjun Cikondang cukup dangkal. Dengan demikian, wisatawan tidak perlu tahu cara berenang untuk menikmati aktivitas ini. Meski demikian, mereka tetap harus berhati-hati karena bebatuan air terjun ini licin saat musim hujan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Curug CikondangKredit Gambar: Instagram Oman

Fasilitas wisata di Air Terjun Cikondang cukup mendasar. Namun, kebutuhan wisatawan tetap dapat terpenuhi dengan baik. Apalagi jalan setapak dan jalan utama menuju air terjun cantik ini juga dalam kondisi baik. Berikut fasilitas yang ada di Air Terjun Cikondang.

  • Kamar mandi
  • warung makan
  • Belvedere
  • Area parkir
  • tempat foto

Air Terjun Cikondang merupakan tempat wisata alam yang wajib dikunjungi saat berwisata di Cianjur. Air terjun cantik ini berukuran lebar dan tinggi sehingga dijuluki Mini Niagara Falls. Banyak hal yang bisa dilakukan wisatawan saat berwisata di sini. Untuk pengalaman wisata terbaik, kunjungi air terjun yang indah ini saat musim kemarau.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button