Curug Ngumpet, pesona eksotisme air terjun super jernih di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Ngumpet, pesona eksotisme air terjun super jernih di Bogor

Curug Ngumpet, pesona eksotisme air terjun super jernih di Bogor
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 08.00–16.00 WIB, Alamat: Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Liburan di satu tempat tapi banyak destinasi, kunjungi saja Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tempat wisata di Bogor ini berada di kawasan konservasi seluas 113.357 hektar. Di taman yang sangat luas ini wisatawan dapat melihat flora dan fauna khas Indonesia yang telah dilindungi, selain itu juga terdapat air terjun bernama Curug Ngumpet.

Air terjun cantik ini memiliki dua lokasi yang masih dalam satu kawasan namun di tempat yang berbeda. Para wisatawan menyebut kedua curug ini Curug Ngumpet 1 dan juga Curug 2 atau dikenal dengan Curug Kondang. Air terjun cantik ini berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Sumber airnya langsung dari Gunung Salak.

Nama air terjun cantik ini diambil dari kata “ngumpet” yang artinya tersembunyi. Sesuai dengan namanya tempat untuk menuju lokasi air terjun membutuhkan sedikit kerumitan. Ketinggian air terjun ini bisa mencapai 45 meter.

Objek Wisata Curug Ngumpet

Atraksi Curug SembunyiFoto Tambang Raras di Google Maps

✦ Perjalanan pelacakan yang menakjubkan

Akses jalan menuju air terjun dari pintu masuk perkebunan cukup dekat dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau jalan setapak. Dalam berkunjung, anda akan dihadapkan dengan pemandangan indah yang tersaji di depan mata, jalur tracking yang ditempuh tidak terlalu sulit karena berupa susunan bebatuan yang tersusun rapi.

✦ Air jernih dengan arus yang kuat

Air terjun cantik ini berasal dari air Gunung Salak yang tentunya juga sangat jernih dan sejuk. Debit air yang jatuh juga memiliki arus yang kuat sehingga suara gemercik dapat membawa ketenangan. Bagian tengah air terjun di palung menjadi area larangan berenang.

✦ Pemandangan alam

Jika wisatawan bosan dengan pemandangan kota yang dipenuhi hiruk pikuk kendaraan dan kemacetan lalu lintas, berlibur ke lokasi air terjun adalah solusi yang tepat. Apalagi Curug Ngumpet memiliki berbagai keindahan alam yang tersembunyi, selain itu segudang aktivitas menarik bisa menghilangkan rasa bosan dan stres.

✦ Tingginya 45 meter tersembunyi di balik tebing

Seperti namanya, air terjun setinggi 45 meter ini tersembunyi di antara tebing gunung yang tinggi. Di kedua sisi tebing terdapat tanaman hutan dan banyak pohon di sekelilingnya. Kondisi air terjun ini membuatnya lembab sehingga udara menjadi sejuk.

✦ Perkemahan

Seperti tempat wisata alam lainnya yang menawarkan area khusus bagi pengunjung untuk berkemah, di Curug Ngumpet pengunjung juga memiliki fasilitas untuk menikmati keindahan alam secara langsung. Bawa perlengkapan yang diperlukan seperti tenda, matras dan logistik karena area camping jauh dari warung.

✦ Tampilan terompet berbunga

Jika wisatawan beruntung, saat berkunjung ke kawasan air terjun, mereka bisa melihat pemandangan tambahan yang tak kalah indahnya, yaitu bunga terompet yang bermekaran. Bunga terompet ini memiliki warna putih dan jingga.

✦ Curug Misteri

Di balik keindahan Curug Ngumpet, tepatnya di air terjun kedua, terdapat misteri yang menyelimutinya. Menurut sesepuh setempat, dulu ada pengunjung yang berasal dari Bandung, pengunjung ini tidak melihat air terjun saat berada di air terjun kedua, melainkan yang dilihatnya adalah bangunan keraton dan kujang.

Beberapa pengunjung juga melaporkan melihat seorang wanita berpakaian pengantin di area air terjun. Masyarakat setempat percaya bahwa lokasi air terjun tersebut dijaga oleh seorang wanita cantik namun bentuknya menyerupai ular, sosok ini akan menunjukkan kehadirannya kepada sebagian orang.

✦ Persyaratan Keamanan

Daya tarik cascade selanjutnya adalah pada level pengalaman yang sangat diperhatikan oleh pengelola. Setiap turis yang datang untuk membeli tiket masuk disediakan asuransi jiwa. Selain itu, tim SAR juga siap memantau keamanan pengunjung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug NgumpetFoto Reinha Iwan di Facebook

Air terjun Ngumpet yang eksotik ini terletak di desa Gunungsari, air terjun yang indah ini terletak di kecamatan Pamijahan tepatnya di Kabupaten Bogor Jawa Barat, 38 km dari kota Bogor. Lokasi air terjun eksotis ini berada di Taman Nasional Halimun Salak, sehingga pengunjung tidak akan kesulitan menemukan lokasinya.

Rute menuju lokasi air terjun dari kota Bogor memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan, dengan akses jalan pertama dari Taman Sari ke Gunung Bunder kemudian ke Salah Endah. Rute jalan kedua dari Cikampak langsung menemukan jalan menuju Salak Endah. Rute ketiga dari Cibungbulang ke Pamijahan dan dilanjutkan ke Salak Endah.

Jika wisatawan menggunakan angkutan umum setelah sampai di terminal Baranangsiang, bisa menuju ke Curug Ngumpet yang jaraknya sekitar 54 km. Jam operasional Curug adalah pukul 08.00 hingga 16.00, Senin hingga Minggu. Untuk bisa menikmati segala keindahan yang tersaji di sana, wisatawan bisa datang dari pagi hingga sore hari.

Harga tiket masuk dan jam buka

Tarif masuk ke kawasan air terjun terbagi menjadi 2 tempat yaitu pintu masuk utama untuk masuk ke kawasan Taman Nasional Halimun Salak sebesar Rp 15.000 per orang dan tarif masuk ke Curug Ngumpet 1 dan 2 masing-masing Rp 10.000. air terjun atau keduanya.

Harga tiket masuk ini belum termasuk biaya parkir kendaraan yang besarnya tergantung pengelola parkir setempat. Harga tiket yang dikenakan sudah termasuk biaya asuransi yang diberikan kepada semua wisatawan yang datang.

Pada akhir pekan dan hari libur, lokasi air terjun akan ramai dikunjungi wisatawan yang menyempatkan diri untuk berlibur di air terjun ini. Karena memiliki dua lokasi, wisatawan dapat memilih untuk mengunjungi satu air terjun atau dua air terjun atau keduanya.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Tempat Wisata di Curug NgumpetFoto oleh Kpipijc di Facebook

1. Pelacakan lokasi air terjun

Wisatawan harus menempuh jarak sekitar 2 km untuk sampai ke lokasi air terjun Ngumpet. Selama perjalanan atau ikutan ini, wisatawan akan disambut dengan keindahan hutan rimba yang rindang dan udara yang segar.

Kalaupun butuh tracking santai, wisatawan tidak perlu khawatir karena kondisi jalan sudah dibuat nyaman untuk berjalan kaki. Ada juga pemandu yang akan memudahkan wisatawan menemukan lokasi air terjun.

Sepanjang jalan setapak, pagar besi telah didirikan untuk keamanan. Pemandangan bebatuan tepi sungai ditambah dengan hijaunya alam menambah keseruan perjalanan.

2. Menikmati keindahan air terjun

Air Terjun Ngumpet memiliki air jernih yang memantulkan cahaya hijau kebiruan dari dedaunan hijau. Di bagian bawah dibuat bendungan dengan susunan batu alam sehingga kolam ini bisa menjadi tempat mandi, berendam atau bermain air bagi wisatawan yang datang.

Kolam air ini menjadi spot favorit wisatawan yang datang karena selain indah, airnya yang jernih serta adanya pepohonan, dahan dan lumut menambah kesan asri air terjun tersebut. Air di kolam tersebut berwarna hijau kebiruan karena pantulan cahaya dari air di tebing sekitarnya yang berwarna hijau indah.

3. Berenang, berenang atau bermain air

Kegiatan menarik yang wajib dicoba saat mengunjungi air terjun tentunya adalah bermain air. Melihat keindahan Curug Ngumpet yang terhampar di depan mata pasti membuat wisatawan terpikat untuk langsung terpikat.

Saat berenang bersama keluarga atau anak-anak tidak perlu khawatir karena akan ada tim SAR yang selalu memantau keamanan pengunjung. Kedalaman air kolam di air terjun ini setinggi 5 meter di air terjun kedua, sehingga pengunjung dewasa yang ingin menyelam atau snorkeling diperbolehkan selama memperhatikan keselamatan diri sendiri.

4. Berkemah di kawasan Curug

Camping juga bisa dilakukan di area air terjun, lokasi camping ada di area bumi perkemahan. Lokasi camping berada di dekat air terjun, sehingga suasananya masih alami dan asri.

Berkemah merupakan kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga dan teman. Kegiatan outdoor ini mampu memberikan pengalaman yang terorganisir. Bagi pengunjung yang ingin berkemah, dapat meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola untuk didaftarkan.

5. Ambil foto dengan background air terjun

Kebanyakan orang datang ke Curug Ngumpet untuk menikmati keindahan air terjun. Di dekat air terjun, aktivitas wajib yang harus dilakukan adalah berfoto sebanyak-banyaknya dengan latar air terjun. Cobalah berbagai pose gaya influencer agar hasil foto terlihat lebih menarik.

Ingatlah untuk selalu memperhatikan keselamatan saat mengambil foto. Ikuti batasan keamanan yang telah ditetapkan di Curug 1 dan 2. Yang harus dihindari adalah area dekat palung air yang merupakan tempat air jatuh ke dasar kolam.

6. Tetap di sekitar Curug Ngumpet

Jika wisatawan yang datang dari luar daerah bisa mencoba menginap di dekat air terjun. Daya tarik utama hostel ini adalah pemandangan alam yang indah. Anda tidak perlu khawatir soal harga karena sangat terjangkau dan bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Sejumlah fasilitas juga telah tersedia lengkap di area akomodasi, seperti kasur yang nyaman, kamar mandi pribadi, kursi untuk duduk, AC, dan lain-lain. Setiap hostel memiliki fasilitas yang berbeda-beda tergantung dari standar hostel tersebut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Memasang Air Terjun NgumpetGambar oleh Picnic Yuk di Facebook

Curug Ngumpet terletak di kawasan yang sangat luas namun sejumlah fasilitas yang memadai telah disiapkan oleh pihak pengelola. Beberapa fasilitas umum yang bisa digunakan adalah tempat parkir yang luas, mushola yang nyaman, gazebo untuk bersantai di kawasan wisata.

Fasilitas keselamatan juga lengkap di wisata air terjun cantik ini seperti keberadaan tim SAR, batas kolam yang boleh dan tidak boleh dilintasi, pagar besi di area tracking, dan yang tak kalah penting pengunjung yang datang untuk membeli tiket masuk. . sekaligus mendapatkan perlindungan asuransi dari Service.king.

Fasilitas lain yang juga mendukung spot tersebut adalah penginapan yang berada di area sekitar taman nasional. Ada juga bumi perkemahan untuk digunakan wisatawan berkemah di air terjun yang indah ini. Ada juga kios tempat Anda bisa membeli makanan dan minuman di dekat loket masuk.

Tips menuju Curug Ngumpet Bogor yang terbaik adalah saat kondisi cuaca cerah, karena saat musim hujan jalur menjadi kurang nyaman dan sulit mencari spot terbaik. Bawalah pakaian ganti meskipun Anda tidak berencana untuk bermain air karena cipratan air terjun dapat membasahi pakaian yang Anda kenakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button