Curug Mariuk, air terjun eksotis yang menawan di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Mariuk, air terjun eksotis yang menawan di Bogor

Curug Mariuk, air terjun eksotis yang menawan di Bogor
Harga tiket: Rp35.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sukamulya, Kec. Sukamuka, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Salah satu keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi adalah air terjun. Seperti halnya Curug Mariuk di Bogor, air terjun ini tidak terlalu tinggi namun airnya sangat bersih dan alam di sekitarnya masih asri. Tempat wisata ini terletak di kota Bogor dan menjadi favorit para pecinta alam dan mereka yang menyukai petualangan.

Kota Bogor dikenal sebagai kota hujan karena kota ini memiliki curah hujan yang tinggi. Selain itu, banyak yang masih belum mengetahui bahwa kota Bogor juga memiliki banyak tempat wisata alam, termasuk air terjun. Bogor bukanlah kota industri, sehingga pesona alamnya masih sangat asri, udaranya segar, sejuk, dan bebas polusi.

Selain itu, limbah industri yang dapat merusak ekosistem perairan dan mencemari lingkungan sekitar tidak akan Anda temukan di kota. Inilah mengapa salah satu kabupaten di Jawa Barat ini memiliki potensi wisata alam yang menjanjikan. Berikut kami sampaikan hal-hal menarik dari Curug Mariuk, sehingga menjadi salah satu tolok ukur wisata air terjun alami yang wajib Anda kunjungi!

Daya tarik Curug Mariuk

Obyek wisata Curug MariukFoto oleh Andika Dwi Nugroho di Instagram

Bagi Anda yang tinggal di kota yang selalu disibukkan dengan kebisingan kendaraan, pabrik, polusi udara, pasti merindukan suasana alam yang sejuk dan segar. Saat inilah Anda perlu merencanakan liburan bersama teman atau kerabat. Jika memenuhi syarat di atas, maka liburan yang tepat adalah wisata alam.

Ada banyak tempat wisata alam di Indonesia, namun salah satu yang seru dan menarik untuk dikunjungi adalah Curug Mariuk. Bukan tanpa alasan Anda bisa menemukan banyak hal menarik dan menjadi daya tarik sebagian besar wisatawan.

✦ Air terjun bersih dan segar

Air merupakan kebutuhan vital manusia karena sebagian besar tubuh mengandung unsur air. Daerah yang jauh dari sumber air alami atau daerah yang terdapat pabrik di daerah tersebut biasanya dilakukan rekayasa air agar bersih. Caranya adalah dengan mencampurnya dengan kaporit. Hal ini sering dialami oleh orang-orang yang tinggal di perkotaan, sehingga jika bertemu air minum seperti bertemu dengan kekasih.

Curug Mariuk adalah obat, solusi bagi wisatawan yang merindukan air bersih dan segar. Air disana sangat bersih, masih alami dan tidak tercemar apapun. Itu bisa membawa kesejukan, baik di luar maupun di dalam tubuh. Jika Anda ingin merasakan kesejukan airnya, minum seteguk, dua teguk, atau lebih, Anda bisa mencoba mencicipinya.

✦ Air terjun tidak terlalu tinggi

Pada umumnya air terjun di Indonesia berukuran tinggi, namun kali ini tidak. Air terjun yang terletak di Desa Sukamulya ini cukup pendek sehingga wisatawan bisa lebih melihat pesonanya. Curug atau air terjun yang tidak terlalu tinggi juga tidak membahayakan wisatawan yang berkunjung.

Tempatnya juga memiliki keindahan alam, air bersih dan segar, udara segar yang mengandung oksigen tanpa tercemar polusi udara. Selain itu, semilir angin dari pepohonan yang hijau dan rindang dapat dinikmati dengan aman dan nyaman.

✦ Panorama alam yang indah

Dalam perjalanan menuju lokasi Curug Mariuk Bogor, Anda bisa melihat panorama alam yang indah. Diantaranya adalah bukit yang berdempetan dan menara-menara berhiaskan pepohonan hijau yang rindang. Tanpa melupakan udara segar, angin bertiup seakan membisikkan kepada para turis, “jaga dirimu dan jaga kami”.

Oleh karena itu, sebelum ke tempat ini, Anda harus menyiapkan kamera untuk mengabadikan salah satu momen terindah dalam hidup Anda. Beragam spot foto cantik dan menarik tersedia di sana dan siap menghiasi akun media sosial Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Foto Lutfi Alhadi Septian di Facebook

Tempat wisata alam kali ini ada di Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jarak menuju lokasi kurang lebih 37,9 km dari pusat kota. Dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk menempuh jarak tersebut, tentunya tergantung kecepatan kendaraan.

Bagi wisatawan yang penasaran ingin berkunjung, sebaiknya ambil jalan menuju Jonggol. Setelah itu menuju ke arah Jalan Raya Dayeuh dan lurus terus hingga tiba di Jalan Sukaraja Dayeuh. Tidak jauh adalah kawasan Jalan Lintas Tiga yang tidak jauh dari desa Sukamulya. Sesampainya di lokasi wisata, Anda harus berjalan kaki beberapa meter menuju lokasi Curug Mariuk.

Bagi Anda yang belum pernah berwisata ke kota Bogor, jangan khawatir dan bingung karena tempat wisata ini mudah diakses menggunakan Google Maps. Selain itu, di titik-titik strategis lokasi telah disediakan rambu-rambu untuk memudahkan perjalanan wisatawan.

Bagi Anda yang sering merasa bosan saat melakukan perjalanan jauh, perjalanan ini tidak akan terasa. Selama perjalanan, mata Anda akan dimanjakan melihat bukit-bukit yang saling tumpang tindih dihiasi pepohonan hijau. Udara sejuk dan angin sejuk menambah keceriaan berwisata sambil bernyanyi bersama band.

Harga tiket masuk dan jam buka

Untuk pembelian tiket tinggal beli paket saja, karena lebih murah. Harga tiket masuk Curug Mariuk adalah Rp 35.000 per orang, dewasa dan anak-anak. Biaya tersebut sudah termasuk biaya parkir dan sewa pemandu wisata, tujuannya agar lebih aman, nyaman dan tidak tersesat.

Sejauh ini masih belum ada jam buka, jadi Anda bisa berkunjung kapan saja. Namun pada malam hari tentunya tidak begitu menarik jika ingin menikmati pemandangan air terjun. Apalagi AC-nya sangat dingin dan tidak cocok untuk kalian yang tidak kuat dengan cuaca dingin.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Foto oleh Penyelenggara Wisata Alam Sentul Bogor pada

Salah satu informasi penting saat traveling adalah mengetahui aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di sana. Tujuannya agar kunjungan lebih seru dan persiapan lebih maksimal dan berkualitas, sehingga informasi ini penting untuk didapatkan. Beberapa aktivitas menarik saat mengunjungi Curug Mariuk Bogor adalah sebagai berikut!

1. Bersenang-senang berenang sambil bermain air

Perjalanan menuju tempat tersebut cukup melelahkan, namun sesampainya di sana, rasa lelah, letih, lesu tiba-tiba hilang. Di sini Anda akan menemukan kesempurnaan alam atau surga di bumi. Selain itu, hal utama yang bisa menghilangkan penat adalah berenang di sana. Saat Anda berenang di kolam air terjun, Anda akan merasakan perbedaan yang sangat besar dibandingkan dengan berenang di kolam renang.

Kejernihan dan kesegaran airnya selalu terasa alami karena langsung berasal dari pegunungan, sehingga jika berenang di dalamnya akan terasa energi baru dan badan terasa segar kembali. Berbeda jika Anda berenang di kolam, airnya tidak begitu segar dan kejernihan airnya bercampur dengan kaporit. Seperti pada umumnya saat berenang di kolam renang, kulit akan bersisik akibat efek kaporit.

2. Abadikan momen terindah

Banyak momen indah yang perlu diabadikan, salah satunya adalah momen mengunjungi Curug Mariuk. Karena panorama alamnya yang eksotik dengan perbukitan yang indah serta aktivitas yang asyik dan menarik, sayang untuk dilewatkan.

Oleh karena itu, persiapkan smartphone atau kamera DSL terbaik Anda, temukan tempat yang indah dan menarik, lalu ambil foto yang bagus. Jika Anda tidak puas dengan pengambilan foto, Anda juga dapat mengambil video. Anda dapat mengabadikan tempat-tempat indah dan aksi menarik dengan video.

3. Piknik santai di Curug Mariuk

Piknik adalah kegiatan yang disukai dan diminati banyak orang. Sedangkan piknik yang asyik dan menarik adalah saat bersama teman atau keluarga. Tempat piknik yang asyik dan menarik adalah yang memiliki destinasi alam. Air terjun cantik ini merupakan tempat piknik yang wajib Anda kunjungi bersama orang-orang tercinta.

Destinasi alam disana memanjakan mata, udara segar dapat menyehatkan paru-paru, angin sepoi-sepoi yang membelai kulit menambah syahdu suasana. Meski tergolong aktivitas pasif, namun manfaatnya bisa menyegarkan pikiran dan menghilangkan penat dari pekerjaan sehari-hari.

4. Kegiatan berkemah

Berkemah juga merupakan kegiatan yang menarik untuk dilakukan di tempat ini. Jika Anda berkemah di sana, Anda akan mendapatkan suasana yang lengkap, baik pagi, siang, sore atau malam hari. Di berbagai waktu, Anda akan mendapatkan suasana yang berbeda.

Apalagi saat malam hari, saat berkemah, Anda bisa merasakan keindahan bulan dan bintang di udara terbuka. Anda tidak bisa mendapatkan angin malam, musik malam hari dari hewan seperti jangkrik, burung, katak atau hewan nokturnal lainnya di waktu selain malam.

5. Serunya tracking ke lokasi

Jika anda berkunjung ke Curug Mariuk sebaiknya tidak membawa anak kecil, karena perjalanan menuju ke sana sangat memakan waktu dan melelahkan. Kebanyakan dari mereka yang mengunjungi tempat-tempat ini adalah mereka yang menyukai tantangan, petualangan dan ingin memacu adrenalin.

Memang medan yang dilalui berupa tebing dan jurang. Sebab, tempat ini masih jarang dikunjungi wisatawan. Meski jarang dikunjungi, tidak mengurangi kualitas keindahan alamnya. Pastikan kondisi Anda fit dan sehat agar liburan tidak terganggu di tengah jalan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Foto oleh Arif Saputra di Facebook

Salah satu hal yang dikhawatirkan wisatawan saat berkunjung ke tempat wisata adalah fasilitas yang ada di tempat tersebut, karena fasilitas merupakan kebutuhan vital bagi wisatawan. Fasilitas yang disediakan di Curug Mariuk adalah kamar mandi. Kebutuhan fasilitas ini cukup signifikan karena menyangkut pembersihan setelah kegiatan selesai.

Selain itu, ada juga tempat ganti baju yang terletak di sebelah kamar mandi. Fasilitas lain yang tak kalah pentingnya adalah tempat parkir yang cukup luas dan dapat menampung sekitar 30 mobil. Tempat parkir mobil dijaga oleh satpam sehingga keamanan dan kenyamanan pengunjung tetap terjaga.

Tersedia tempat duduk bagi wisatawan untuk bersantai sambil melihat pemandangan. Ada juga musala kecil untuk menunaikan ibadah bagi yang beragama Islam. Jika Anda lapar, restoran untuk menghilangkan rasa lapar tidak tersedia di lokasi. Namun, jika lapar, di dekat tempat tersebut terdapat warung yang menjual makanan ringan.

Demikian informasi menarik yang bisa kami sampaikan tentang Curug Mariuk yang sukses di Bogor. Destinasi alam yang indah, eksotik dan menyenangkan untuk dikunjungi. Mengunjungi teman kerja atau keluarga akan lebih seru dan bisa menambah keakraban. Apalagi bagi Anda yang memiliki anak remaja, wisata alam dengan beberapa tantangan secara tidak langsung akan mendidik mereka tentang kesabaran dan kecintaan terhadap alam.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button