Desa Wisata Kelor, sekilas pesona alam dan budaya lokal di Sleman - WisataHits
wisatahits

Desa Wisata Kelor, sekilas pesona alam dan budaya lokal di Sleman

Desa Wisata Kelor, sekilas pesona alam dan budaya lokal di Sleman

Desa Wisata Kelor bisa dijadikan destinasi untuk melepas penat karena Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti outbond dan flying fox.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Kelor, Bangun Kerto, Kec. Touri, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Jogja terkenal dengan penduduknya yang ramah dan kaya akan budaya, alam, dan tempat wisata yang menarik. Salah satu rekomendasi tempat wisata menarik di Yogyakarta adalah Desa Wisata Kelor. Di sini wisatawan akan dapat menemukan pesona keindahan alam.

Salah satu tempat yang banyak menawarkan wisata budaya lokal adalah Sleman dimana lokasi wisata ini berada. Desa wisata ini dikembangkan oleh masyarakat yang ingin memajukan budaya lokal warganya.

Apalagi desa ini hanya menyimpan setting alam yang sangat mempesona. Memang mungkin untuk mendapatkan penghasilan dari karyanya, namun yang lebih ditonjolkan adalah budaya yang dimilikinya yaitu Tourisme Kelor.

Daya tarik desa wisata Kelor

Daya Tarik Desa Wisata Kelor SlemanKredit gambar: Google Maps Bima Saputra

Pasti penasaran ingin tahu atraksi apa saja yang dimiliki wisata ini karena ramai pengunjung baik di hari libur maupun hari biasa. Agar lebih jelas, Anda bisa membaca penjelasan seruannya di bawah ini:

1. Potensi alam yang melimpah

Desa ini memiliki keindahan yang sangat mempesona. Bagi warga sendiri sebagian besar berprofesi sebagai petani, penggembala dan pengembang tanaman jamur. Kami melihat potensi daerah ini sangat bagus dari segi kekayaan alamnya.

Bahkan saat musim buah, akan banyak hasil kebun berupa buah salak. Tidak jarang wisatawan yang datang pada musim ini membeli salak sebagai oleh-oleh

2. Keindahan desa wisata Kelor

Tidak ada alasan untuk meragukan pemandangan desa wisata ini. Desa yang masih asri ini memiliki keindahan desa yang jika dilihat tidak akan bosan. Isi udara desa yang asri akan menghadirkan kesegaran dan kenyamanan.

Wisatawan betah karena bisa merasakan desa yang masih segar dan hijau. Disarankan untuk datang secara rombongan dan menyewa mobil besar untuk sekedar merasakan suasana desa wisata ini.

3. Penduduk setempat

Sambutan warga desa sangat luar biasa karena mereka bisa berbaur dan cepat beradaptasi dengan turis yang datang. Penduduk desa ini akan sangat ramah menyambut penduduk lain yang datang dari luar desa.

4. Taman bermain

Untuk memicu adrenalin para wisatawan, di desa wisata ini terdapat wahana bermain. Wahana ini tidak terlepas dari wahana alamnya yang bisa dicoba oleh semua orang. Flying Fox dapat dimainkan sedemikian rupa sehingga memberikan kesan tersendiri bagi yang mengendarainya.

Selain itu, terdapat area exit yang cukup luas. Biasanya area ini digunakan oleh organisasi atau kelompok orang untuk berkumpul bersama orang banyak.

5. Ada Rumah Joglo

Budayanya masih terasa, misalnya saja daya tariknya terlihat dari rumah Joglo. Bisa dikatakan Rumah Joglo ini dijadikan sebagai cagar budaya untuk memperkenalkan budaya Jogja kepada para wisatawan yang datang ke tempat wisata ini.

Menariknya, Rumah Joglo ini tidak hanya dijadikan pajangan karena wisatawan bisa menginap di sana. Menyenangkan bukan? Saat berkunjung ke Desa Wisata Kelor, Anda juga bisa merasakan pengalaman menginap di rumah Joglo yang sangat unik dan estetis.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat desa wisata Kelor, SlemanKredit gambar: Google Maps Bima Saputra

Akses menuju desa wisata Kelor cukup mudah dan dekat dengan kunjungan lainnya ke desa tersebut. Alamat lengkapnya di Dusun Kelor, Bangun Kerto, Turi, Kecamatan Kelor, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Rutenya sendiri sangat mudah diakses dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Namun, jalan yang harus ditempuh cukup berliku dan menanjak. Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 20 menit dengan mobil.

Harga tiket masuk objek wisata

Siapapun bisa bebas masuk ke desa wisata ini karena tidak ada biaya masuk. Namun untuk parkir kendaraan yang dibawa selalu dikenakan biaya parkir yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Namun, jika wisatawan ingin melakukan wahana yang ditawarkan, seperti Flying Fox, go atau camping, akan dikenakan biaya tersendiri. Tarif akan disesuaikan dengan pilihan paket yang Anda inginkan. Dan harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Kegiatan menarik yang dapat dilakukan di desa wisata Kelor

Kegiatan Desa Wisata Kelor di SlemanKredit gambar: Google Maps Ahmad Sidik

Saya tidak ingin gagal untuk menyarankan kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Jika wisatawan berkunjung ke tempat wisata ini maka kegiatan untuk menikmati waktu liburan yaitu :

1. Berwisata ke Desa Wisata Kelor

Hal yang tidak boleh diabaikan saat berkunjung ke kawasan wisata ini adalah berkeliling desa hingga puas. Wisatawan yang berkunjung ke desa ini memiliki kesan tersendiri karena dapat merasakan keindahan desa yang masih sangat alami.

Banyak pohon yang masih rindang, berbagai jenis perkebunan, bahkan bisa dipanen pada musimnya. Buah yang paling banyak dipanen adalah salak, sehingga banyak wisatawan yang membelinya sebagai oleh-oleh khas kelor.

2. Menginap di Rumah Joglo Desa Kelor atau Homestay

Kesempatan terbaik untuk bisa merasakan pengalaman menginap di rumah Joglo, rumah adat di Yogyakarta. Kegiatan ini dapat dilakukan apabila wisatawan memiliki waktu liburan yang cukup untuk menghabiskan waktu liburan di desa wisata Kelor.

Namun jika rumah Joglo sudah penuh, masih ada homestay yang bisa ditempati untuk bermalam. Dengan begitu, Anda bisa merasakan kesegaran pagi hari yang akan terasa seperti liburan yang menyenangkan dan berbeda dengan kota yang padat.

3. Berkemah dan api unggun

Ingin merasakan aktivitas menarik dengan mendirikan tenda dan menyalakan api unggun di malam hari? Padahal, tempat wisata alam ini menawarkan lahan yang bagus untuk berkemah. Bahkan sering digunakan untuk kegiatan organisasi, anak sekolah dan lainnya untuk berkemah.

4. Outbound dan Flying Fox

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kegiatan ini sangat menarik untuk dilakukan dan sayang untuk dilewatkan. Outbond dan Flying Fox merupakan kegiatan outdoor seru yang dapat memberikan pengalaman terbaik sehingga Anda dapat merasakan keseruan di tempat wisata tersebut.

Bagaimana bisa? Kegiatan ini bisa bikin pikiran lebih fresh dan setelah liburan selesai bisa lebih produktif kan? Untuk kesenangan tersendiri, itu akan menandai semangat dan membuatnya lebih bersemangat.

5. Abadikan momen dengan foto

Abadikan momen terbaik desa wisata Kelor dengan berfoto. Bisa selfie atau foto bersama rombongan dalam perjalanan menuju kawasan wisata ini. Kemudian dapat dibagikan di jejaring sosial agar setiap orang yang melihatnya merasakan kesegaran desa wisata ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Desa Wisata Kelor SlemanKredit gambar: Google Maps Surya Dian Oktora

Ada berbagai jenis fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung agar merasa nyaman. Fasilitas tersebut dapat digunakan untuk membuat liburan Anda di desa wisata ini menjadi lebih menyenangkan, yaitu:

  • Tempat parkir yang luas bahkan bisa digunakan untuk kendaraan besar seperti bus.
  • Area awal untuk kegiatan olahraga luar ruangan.
  • Area camping jika ingin berkemah.
  • Masjid.
  • Keluarga tuan rumah.
  • Toilet, dan lainnya

Mempersiapkan liburan bisa menyenangkan jika memilih tempat yang tepat, seperti Desa Wisata Kelor. Tempat wisata yang memiliki kesegaran dan kenyamanan untuk berlibur dan membuat anda lebih bersemangat menghadapi hari esok.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button