Zoo Semarang, Zoo Tour dengan Berbagai Wahana Seru - WisataHits
wisatahits

Zoo Semarang, Zoo Tour dengan Berbagai Wahana Seru

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 08.00-15.00 WIB, Alamat: Jl.Jenderal Urip Sumoharjo No.1, Mlaten, Mangkang Kulon, Kec. Kaliwungu, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Kebun Binatang Semarang adalah sebuah objek wisata yang terletak di kawasan Kendal Jawa Tengah. Secara spesifik, kebun binatang ini terletak di kawasan Mangkang. Tempat ini sangat populer di kalangan anak-anak karena di sana mereka bisa bertemu dengan satwa langka dan dilindungi. Jumlah hewan di taman juga cukup lengkap sehingga semakin banyak ditemukan orang.

Lokasi destinasi wisata yang sangat strategis ini memudahkan wisatawan untuk berwisata ke sana karena terletak di perbatasan Kendal dan Semarang. Apalagi harga tiket kebun binatang sangat terjangkau, sehingga tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung setiap harinya. Anda bisa melihat hewan-hewan menarik tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Pengunjung bahkan dapat menyentuh beberapa hewan secara langsung saat mengambil foto. Anda bisa memegang burung, menunggangi gajah, dan berfoto bersama ular di Kebun Binatang Semarang. Wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai wahana menarik seperti Waterboom, Flying Fox, Outbond dan Water Becak. Ada juga bioskop mini dan museum yang berisi hewan-hewan mati yang diawetkan.

Atraksi Kebun Binatang Semarang

Objek wisata milik Kebun Binatang SemarangKredit gambar: Google Maps Ogis Brahmantyo

1. Danau buatan dan wahana menarik

Kebun Binatang Semarang memiliki sebuah danau dengan pulau di tengahnya. Anda dapat mengunjungi pulau untuk melihat angsa, siamang dan pelikan. Anda bisa memberi makan owa atau berfoto dengan pelikan. Keberadaan pulau-pulau kecil semakin mempercantik pemandangan danau buatan ini.

Biasanya, kebun binatang hanya menyediakan keberadaan hewan langka. Namun, kebun binatang ini berbeda karena menawarkan wahana yang menarik untuk membuat pengunjung senang. Disini tersedia berbagai paket Outbound untuk rombongan tour yang nantinya bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda.

Setelah mengunjungi kebun binatang, Anda dapat memasuki bioskop mini untuk menonton film-film menarik. Selain itu, cobalah untuk mengunjungi museum dan melihat kerangka hewan yang telah disimpan di dalamnya. Kelengkapan wahana tersebut membuat kebun binatang ini belum pernah dikunjungi oleh 2000 wisatawan saat musim liburan atau akhir pekan.

2. Kebun Binatang yang Bersih dan Tenang

Alasan wisatawan mengunjungi kebun binatang ini adalah karena suasananya yang asri dan teduh. Anda dapat berjalan-jalan di seluruh kawasan wisata tanpa terlalu panas dari terik matahari. Ketenangan yang dirasakan saat mengunjungi destinasi-destinasi tersebut dapat meredakan kepenatan pasca perjalanan.

Pepohonan yang tumbuh di sekitar jalan akan memberikan angin sejuk. Anda bisa duduk-duduk dulu di bawah pohon yang rindang saat lelah saat mengunjungi setiap lokasi. Bahkan, wisatawan berfoto selfie di jalanan dengan pepohonan rindang tersebut. Lokasi wisata yang sangat bersih tentunya membuat wisatawan nyaman saat berlibur di sini.

3. Ada kanguru Asia

Menurut bagian humas Kebun Binatang Semarang, destinasi wisata ini merupakan rumah bagi berbagai satwa dan dapat dijadikan sebagai edukasi bagi pengunjung. Namun, ada perbedaan antara hewan tertentu yang digunakan sebagai ikon atau hewan unggulan. Salah satunya adalah kanguru khas Indonesia yang sulit ditemukan di hutan lindung karena mulai menghilang.

Selain itu, kebun binatang ini menjadikan gajah sebagai ikon utamanya sesuai dengan lambang perusahaan yang mendirikannya. Kelengkapan lengkap satwa-satwa ini telah direncanakan sejak awal destinasi ini bertujuan untuk pendidikan, konservasi dan rekreasi. Lokasi setiap hewan telah dikelompokkan dengan rapi dan jauh dari wahana.

Anda bisa melakukan Feeding Time atau memberi makan burung, rusa atau hewan lainnya saat mengunjungi kebun binatang ini. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh rombongan siswa SD asal Semarang dan sekitarnya. Namun, untuk melakukan feeding time, Anda harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari bagian humas kebun binatang ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Kebun Binatang Semarang AlamatKredit gambar: Google Maps Jakfar Sambudi

Kebun Binatang Semarang terletak di kawasan Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu. Alamatnya tidak terletak di kota Semarang, tetapi merupakan bagian dari Kabupaten Kendal di Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan untuk rutenya sendiri, jika anda menempuh perjalanan dari Kendal dengan menggunakan mobil atau motor akan memakan waktu perjalanan yang cukup lama yaitu sekitar 40 menit dengan jarak tempuh 25 kilometer.

Namun, jaraknya akan jauh lebih dekat jika mengendarai mobil dari kota Semarang yang hanya membutuhkan waktu setengah jam. Anda dapat melakukan perjalanan menggunakan jalan tol yang mudah dan cepat.

Mulai mobil di jalan Semarang – Batang, lalu belok di tol Kaliwungu. Setelah itu, Anda akan mengendarai mobil selama sekitar 3 menit untuk sampai ke Kebun Binatang Semarang.

Ada cara lain khusus bagi Anda yang mahasiswa untuk mengunjungi wisata ini. Anda bisa naik BRT Kampus dengan tarif mahasiswa dari halte di depan Universitas PGRI Semarang. Kendaraan yang anda kendarai akan melewati halte Simpang Lima Semarang kemudian dilanjutkan menuju kebun binatang. Cara ini tentunya lebih mudah dan murah.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Kebun Binatang SemarangKredit gambar: Google Maps Agus Susilo

Harga tiket masuk Kebun Binatang Semarang adalah Rp 20.000 jika berkunjung dari hari Senin sampai Jumat. Untuk akhir pekan sendiri, harga tiket akan naik sedikit menjadi 25.000 rupee. Juga, tiket dihargai Rs 30.000 pada tanggal merah atau selama periode liburan panjang.

Kebun binatang ini juga memiliki jam operasional yang telah ditentukan oleh panitia. Anda bisa masuk ke destinasi wisata mulai pukul 08:00 WIB. Namun, keseruan liburan tidak bisa Anda nikmati sepanjang hari karena lokasi akan tutup pada pukul 15.00 WIB. Dengan demikian, Anda harus datang di pagi hari agar kenyang selama liburan di kebun binatang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Kebun Binatang Semarang

Kegiatan di Kebun Binatang SemarangKredit gambar: Google Maps Dini Purwanti

1. Berenang di Mini Waterboom

Adanya Waterboom di Kebun Binatang Semarang tentu membuat wisatawan senang selama liburan. Waterboom Mini adalah wahana air yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Anda dapat mencium bau air dingin setelah berjalan di sekitar kebun binatang. Ada juga wahana kiddie khusus bernama Play Play Zoo yang menarik dan seru.

Kolam tersebut dihiasi dengan berbagai wahana lucu berupa seluncuran pendek dengan desain yang unik dan warna yang cerah. Anak-anak bisa berenang dengan aman dan betah berenang di Waterboom Mini.

2. Jelajahi kawasan wisata di My Trip Zoo Adventure

Anda akan mendapatkan pengalaman berbeda saat mengunjungi wisata ini bersama My Trip Zoo Adventure. Kebun binatang menyediakan Jeep yang nantinya akan Anda kendarai dalam suasana menegangkan. Rutenya terdiri dari menyeberangi sungai dan melewati hutan jati. Namun, Anda harus membayar biaya sewa mobil sebesar 450.000 rupee.

Mobil Jeep itu hanya memuat tiga orang untuk perjalanan nanti. Harga sewa ini sudah termasuk dengan tiket masuk destinasi wisata. Bahkan setelah Anda selesai menjelajah, pemandu wisata akan memberi Anda makanan khusus.

3. Berfoto dengan berbagai hewan

Kegiatan Kebun Binatang SemarangKredit gambar: Google Maps Aldhy Mawaldhy

Kebun Binatang Semarang memiliki sekitar 281 spesies hewan yang tidak boleh dilewatkan untuk foto bersama. Selain berfoto dengan burung atau menunggangi gajah, Anda juga bisa menggendong anak harimau yang menggemaskan untuk berfoto. Beberapa wisatawan bahkan akan terjerat ular saat berfoto di kebun binatang ini.

Anda tidak perlu khawatir karena semua hewan di sana sudah dijinakkan dan dipandu langsung oleh guide jika akan berfoto dengan hewan tersebut. Meski hewan-hewan tersebut sudah dijinakkan, Anda harus tetap menjaga mood dan tidak mengganggu hewan-hewan tersebut saat berlibur.

4. Belajar di Museum Hewan

Anda bisa belajar banyak tentang ilmu pengetahuan alam saat berkunjung ke museum hewan ini. Sekitar 30 jenis hewan mati telah disimpan di museum, seperti Komodo, Macan Tutul, Rusa, Elang dan Orang Utan. Hewan-hewan yang diawetkan ini tidak dapat disentuh karena dilindungi dalam pajangan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Kebun Binatang SemarangKredit Gambar: Google Maps Imam Santosa

Kebun Binatang Semarang sudah memiliki fasilitas yang lengkap seperti mushola atau beberapa toilet di sekitar kebun binatang. Parkir di luar lokasi juga tersedia dan dapat menampung puluhan hingga ratusan kendaraan. Wisatawan akan merasa nyaman meskipun berada di kebun binatang sepanjang hari.

Fasilitas lain yang terdapat di kebun binatang ini adalah berbagai atraksi menarik yang disukai anak-anak, yang menjadikan destinasi ini cocok untuk keluarga. Di tempat ini, anak-anak bisa bersenang-senang bermain dengan binatang yang berenang.

Beberapa fasilitas wahana yang tersedia di Play Play Zoo seperti Ferris Wheel Mini, Carousel dan Spiral Jet menjadi spot favorit para wisatawan. Ada juga beberapa kursi yang bisa Anda gunakan bersama keluarga sambil menikmati keindahan wisata.

Berikut adalah beberapa informasi tentang Kebun Binatang Semarang yang telah dijelaskan secara rinci. Lokasi ini bisa menjadi tujuan liburan Anda bersama keluarga saat berkunjung ke daerah Kendal atau Semarang. Anda bisa menikmati keseruan semua wahana dan kebun binatang dengan harga standar yang membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button