Curug Lawe Petungkriyono, air terjun yang tinggi dengan berbagai spot foto yang Instagramable - WisataHits
Jawa Tengah

Curug Lawe Petungkriyono, air terjun yang tinggi dengan berbagai spot foto yang Instagramable

Curug Lawe atau Wana Wisata Curug Lawe Petungkriyono, salah satu anugerah Tuhan berupa air terjun di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan.

Kita semua tahu bahwa Petungkriyono dijuluki Air Terjun 1001 karena memiliki cukup banyak objek wisata air berupa air terjun. Sebut saja Curug Muncar, Curug Bajing dan sebagainya.

Air terjun tingkat pertamaAir terjun tingkat pertama. Google Maps. Sumber: Eko Munawar

Sekilas nama Curug Lawe sama dengan nama air terjun di Ungaran, Semarang. Ya, namanya memang mirip. Jadi kalau mau cari di google tambahkan nama kota di belakangnya biar ga salah.

Berikut pesona Curug Lawe Petungkriyono sebagai bahan referensi wisata untuk dikunjungi akhir pekan ini.

Lokasi Curug Lawe Petungkriyono

Lokasi Curug Lawe Pekalongan berada di alamat Desa Ksimpar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Jarak dari Curug Lawe Pekalongan ke pusat kota Petungkriyono cukup jauh, akan memakan waktu hampir 2 jam untuk sampai ke tempat wisata ini.

Rute yang bisa ditempuh mengarah ke Jl. Hos Cokroaminoto untuk kemudian menuju ke Jl. Raya Doro Pekalongan. Tetap di jalan sampai Anda tiba di Jl. Kasimpar kemudian tinggal mencari lokasi Wanawisata Curug Lawe Petungkriyono.

pintu masuk air terjun lawe wanawisatapintu masuk kawasan ekowisata Curug Lawe. Google Maps. Sumber: Raras Mine

lihat juga: curug bidadari talun

Jam Buka Curug Lawe Petungkriyono

Jam buka Curug Lawe Pekalongan buka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam.

Harga tiket masuk Curug Lawe Petungkriyono

Biaya masuk ke Curug Lawe Pekalongan sangat murah dan tidak mengosongkan isi kocek yaitu dengan membayar Rp 5.000 per orang saja.

Fasilitas Curug Lawe Petungkriyono

Fasilitas Curug Lawe Pekalongan berada di kawasan hutan pinus, yaitu:

  • Toilet,
  • Masjid,
  • stand makanan dan minuman,
  • tempat foto,
  • Tempat tidur gantung,
  • Tempat perkemahan,

jalur pendakianrute trekking. Google Maps. Sumber: Imdad Muhammad

lihat juga: Ngarai Hitam Petungkriyono

Trekking Curug Lawe Petungkriyono

Setelah disambut oleh hutan pinus yang sejuk, saatnya menuruni jalan setapak untuk sampai ke Curug Lawe Petungkriyono. Sudah ada tanda yang menunjukkan jalan.

Jalurnya cenderung menurun, dan semakin sempit jalur menuju air terjun, bisa semakin kecil, hanya muat untuk satu orang. Gunakan alas kaki anti selip karena jalur menjadi licin saat basah.

Waktu yang dibutuhkan untuk trekking bisa 1 jam tergantung kemampuan masing-masing pengunjung. Nantinya di jalur trekking anda akan menemukan tempat yang bagus untuk berfoto.

Daya Tarik Air Terjun Lawe Petungkriyono

1. Hutan pinus yang sejuk

tempat tidur gantungtempat tidur gantung. Google Maps. Sumber: Ahmad Afandi

lihat juga: puncak monumen

Keindahan alam pertama yang akan Anda temui selama liburan di Wanawisata Curug Lawe Pekalongan adalah hutan pinus yang didesain sedemikian rupa dengan hiasan payung cantik di beberapa sudutnya.

Sehingga terlihat menawan dan bisa menjadi tempat yang instagramable untuk berfoto. Anda juga dapat bersantai di tempat tidur gantung yang dipasang di antara dua pohon pinus.

Hutan pinus selalu memberikan istirahat dan relaksasi, terutama saat berkemah dan bermalam. Penyembuhan hulang sangat efektif.

2. Air terjun yang sangat tinggi

air terjun tinggiair terjun yang tinggi. Google Maps. Sumber: Rendi Khlwni

lihat juga: Wisata Petungkrikyono

Curug Lawe Pekalongan memiliki ketinggian yang sangat luar biasa, sangat tinggi sehingga Anda bisa melihatnya dari jalur trekking. Dan ada beberapa tingkatan air terjun di sekitarnya.

Setidaknya ada dua tingkatan air terjun sebelum Anda mencapai Curug Lawe. Untuk menuju Air Terjun Lawe Petungkriyono, Anda harus melalui anak tangga yang mudah di dua tingkat air terjun.

Airnya sangat jernih, bersih dan juga menyegarkan. Oh iya, arusnya juga lumayan kencang, di sekitar sungai banyak bebatuan.

3. Spot foto instagramable

tempat paling kerentempat paling keren. Google Maps. Sumber: Dwi Lismayanti

Lihat juga: air terjun madu

Berburu foto merupakan kegiatan wajib saat mengunjungi suatu objek wisata, apalagi menyuguhkan berbagai tempat keren dengan pemandangan yang sangat memukau.

Di Wanawisata Curug Lawe Petungkriyono terdapat sebuah pos pengamatan yang berdiri di atas pohon yang sangat tinggi sehingga menghasilkan lukisan alam yang sangat indah.

Menyimpulkan

Curug Lawe Pekalongan merupakan destinasi wisata di Petungkriyono untuk menikmati keindahan alam, air terjun yang segar dan mengejar foto-foto keren dan kekinian.

Source: www.nativeindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button