Detik-detik jamaah haji asal Pasuruan darurat bersalin di kamar mandi terminal wisata Colo Kudus - WisataHits
Jawa Tengah

Detik-detik jamaah haji asal Pasuruan darurat bersalin di kamar mandi terminal wisata Colo Kudus

SUCI – Seorang jamaah haji asal Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur melahirkan seorang anak di kamar mandi kawasan Terminal Wisata Colo atau Sunan Muria pada Sabtu pagi (26/11). Peziarah tersebut diketahui bernama Rosidah, yang melahirkan seorang bayi laki-laki.

Saat ini baik bayi maupun ibunya dalam keadaan sehat, setelah kejadian tersebut penanganan pertama diberikan oleh Puskesmas Rejosari.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Puskesmas Rejosari dr. Isna Nur Khilda. Petugas Puskesmas yang menjadi bidan desa tersebut langsung memberikan pertolongan pertama setelah menerima kabar kelahiran jemaah haji.

Saat itu, yang bersangkutan memperkirakan proses ekstradisi akan dilakukan pada Desember 2022.

“Usia kehamilan masih 32 minggu. Bayi laki-laki, baik bayi maupun ibunya dalam keadaan sehat, lahir pada pukul 08.00 WIB. Bayi itu juga menangis keras saat lahir, beratnya 2,7 kilogram,” kata Isna, Sabtu (26/11).

Isna menjelaskan, saat itu, usai ziarah, baik pendakian maupun penurunan dari makam Sunan Muria menggunakan jasa ojek. Setelah menginap di kawasan terminal wisata, korban buang air kecil. Tetapi pada saat itu, ketubannya pecah.

“Setelah itu dia memanggil kakak laki-lakinya untuk buang air besar, saat itu adik perempuannya lahir,” katanya.

Selain itu juga dilakukan perawatan pertama pada bayi atau ibu dari bayi tersebut. Namun saat itu, ari-ari yang menempel di rahim tidak bisa keluar.

“Jadi kita harus menghubungi rumah sakit. Bayi dan ibu bayi saat ini berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudus,” ujarnya. (san)

Reporter: Susanti cantik

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button