Curug Ibun Pelangi, surga alam eksotis yang tersembunyi di Majalengka - WisataHits
wisatahits

Curug Ibun Pelangi, surga alam eksotis yang tersembunyi di Majalengka

Curug Ibun Pelangi, surga alam eksotis yang tersembunyi di Majalengka
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Sukasari Kaler, Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Banyak sekali objek wisata yang menawan di Indonesia, namun di Majalengka ada satu tempat yang sangat menarik yaitu Curug Ibun Pelangi. Jika rutinitas sehari-hari, seperti berangkat kerja dan pulang kerja, bersama keluarga dan orang-orang tersayang, rasa bosan mulai muncul. Maka saatnya untuk menenangkan diri dan bersenang-senang dengan mereka.

Mendekatkan diri dengan alam adalah salah satu bentuk penyegaran yang bisa kita lakukan. Karena sejatinya kita tidak bisa dipisahkan dari alam. Jika kita tidak bisa bersahabat dengan alam, maka kerusakan alam akan berdampak pada kehidupan manusia. Tempat wisata alam ini menawarkan panorama alam yang indah. Tebing-tebing berbatu yang dihiasi pepohonan dan mengalirkan air yang sejuk, bersih, dan jernih, menambah eksotis dan fantastisnya tempat tersebut.

Untuk mengunjungi air terjun Ibun Pelangi hanya membutuhkan waktu 16 km dari pusat kota Majalengka, dan hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Sehingga ketika logistik kita berkurang atau bahkan habis, kita bisa kembali ke pusat kota Majalengka dengan membeli kebutuhan yang kita cari. Tentunya tanpa harus menempuh jarak yang jauh dan waktu berjam-jam.

Daya tarik air terjun Ibun Pelangi

Air Terjun Pelangi MajalengkaKredit gambar: Facebook Masamartiwi

Bagi kaum milenial, ibu-ibu muda, berfoto di tempat-tempat seru dan menarik adalah hal yang perlu dilakukan. Misalnya foto di mall, kafe dan tempat menarik lainnya. Di tempat ini sebagian besar masih diabadikan dengan foto karena memiliki daya tarik tersendiri. Begitu pula dengan air terjun Ibun Pelangi yang memiliki daya tarik yang kuat untuk dikunjungi.

1. Panorama alam yang indah

Karena alasan di atas, tempat wisata air terjun Ibun Pelangi sangat cocok untuk kalangan milenial, ibu muda, dewasa, dan anak-anak. Tempat wisata ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan mempesona. Diantaranya adalah perpaduan antara tebing yang menjulang tinggi dan air terjun yang mengalir di antara bebatuan yang tersusun secara alami.

Pepohonan hijau asri yang tampak segar memberikan panorama tersendiri, apalagi ditambah dengan pancaran sinar mentari yang seolah menyeruak di antara tebing. Pemandangan semakin sempurna ketika hijaunya pepohonan menghembuskan udara berupa oksigen. Bagi wisatawan yang tinggal di perkotaan, tentunya hal ini belum pernah terjadi di lingkungannya.

2. Fenomena alam munculnya pelangi

Apalagi keindahan yang begitu fenomenal dan menjadi favorit serta daya tarik pengunjung saat berkunjung ke Air Terjun Ibun Pelangi adalah penampakan pelangi. Kehadiran fenomena ini semakin menyihir ketika muncul di antara dua tebing tinggi. Menariknya, pemandangan alam bisa dinikmati kapan saja saat ada sedikit bias.

Percikan air dan embun yang jatuh dari tebing membuat warna pelangi semakin jelas. Karena itu, tempat itu disebut curug atau air terjun Ibun Pelangi. Fenomena ini memberikan kesan eksotik bagi setiap orang yang berkunjung. Tak heran jika mereka selalu mengabadikan momen dengan mengambil air terjun cantik ini sebagai background foto mereka.

3. Lokasi eksotis, cocok untuk foto Instagram

Bagi Anda yang gemar berfoto, sendiri, bersama keluarga atau bersama teman kerja, saatnya menghiasi ponsel atau kamera Anda dengan foto-foto panorama alam air terjun. Karena keindahan alam yang begitu sempurna, perpaduan pepohonan, bebatuan, air dan juga udara menyatu begitu nyata, indah dan indah.

Memang banyak objek wisata yang menawarkan panorama air terjun, namun tidak semuanya memiliki keindahan warna pelangi yang khas. Apalagi jika pelangi terlihat jelas di depan kamera. Ini juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang ingin mengabadikan momen dengan munculnya pelangi di air terjun.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug Pelangi MajalengkaKredit gambar: Facebook Mohammad Shopan

Biasanya tempat wisata yang berhubungan dengan alam berada jauh dari perkotaan. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk Air Terjun Ibun Pelangi yang hanya berjarak sekitar 16 kilometer dari pusat kota Jogja. Alamat lengkapnya di Sukadana, Majalengka, Sukadana, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Dengan jarak tersebut, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Lokasi mudah ditemukan dan mudah ditemukan. Saat tiba di lokasi, kendaraan diparkir di area yang luas dan dekat dengan rumah warga. Untuk menuju lokasi utama, Anda harus berjalan kaki sekitar satu kilometer. Namun yakinlah, seluruh jalur yang kita lalui telah tenggelam dan tidak akan becek saat musim hujan tiba.

Beberapa blok dari lokasi parkir terdapat loket pembayaran dan uang tunai yang sudah siap untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu untuk menuju lokasi utama. Setelah membayar tiket masuk, perjalanan menuju tempat utama sudah bisa dilihat dan dirasakan keindahan dan kesegarannya.

Perkebunan sayur, pohon pisang dan pepohonan hijau yang rimbun akan menemani perjalanan menuju venue utama. Selain itu, jalur menuju venue utama juga dilengkapi dengan tangga kecil yang sedikit menurun. Namun keamanan dan kenyamanan pengunjung tetap terjaga dan terkendali.

Harga tiket masuk objek wisata

Tempat wisata biasanya memungut biaya masuk yang bervariasi. Ada yang puluhan ribu rupiah per orang, bahkan ratusan ribu rupiah per orang. Namun di Air Terjun Ibun Pelangi harga tiket masuknya hanya Rp 10.000. Sedangkan biaya parkir sepeda motor hanya Rp 3.000,- jika bersama keluarga menggunakan mobil biaya parkir hanya Rp 5.000 rupiah.

Hanya dengan merogoh kocek tidak lebih dari Rp 15.000, Anda bisa menyejukkan diri memandangi tebing bebatuan yang menjulang tinggi dan pepohonan hijau. Air yang mengalir dari tebing dan mengungkap keindahan alam yang eksotis juga menarik karena disajikan dengan sempurna. Rasa penat yang mengendap di dalam karena tugas kantor yang semakin dekat, rasa bosan di rumah yang belum teratasi, akan segera terobati dengan berlibur ke sana.

Jadwal operasional buka setiap hari, mulai pukul 06:00 WIB hingga 17:00 WIB. Dengan jadwal 24/7, Anda bisa berlibur kapan saja tanpa harus menunggu liburan akhir pekan. Tapi usahakan datang saat cuaca bagus dan tidak hujan. Saat itu membuat perjalanan sedikit mengganggu dan juga sedikit berbahaya karena mudah terpeleset.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan Air Terjun Ibun Pelangi MajalengkaKredit gambar: Facebook Ricky Hardi Mickala

Agar liburan tidak membosankan, monoton dan membingungkan, hal yang selalu diharapkan saat berada di tempat liburan adalah segera melakukan beberapa aktivitas. Berikut kami perkenalkan beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Air Terjun Ibun Pelangi!

1. Mandi santai di sungai

Rasa panas, penat dan kurang semangat selama perjalanan akan segera terobati saat tiba di lokasi. Karena disana kita akan disambut dengan air bersih yang jernih mengalir, berputar-putar seolah memanggil kita untuk segera membersihkan diri. Tapi jangan lupa bawa baju ganti.

Kegiatan ini memang menenangkan, namun harus hati-hati karena tidak menutup kemungkinan bebatuan yang sudah lama terendam air menjadi licin. Dari segi kedalaman, tidak terlalu memprihatinkan karena banyak bagian dangkal di sekitar kolam.

2. Berfoto selfie di Air Terjun Ibun Pelangi

Pemandangan indah dengan pepohonan hijau yang begitu sayang jika tidak diabadikan. Begitu juga dengan pemandangan alam yang eksotik dan air yang bersih dan jernih mengalir. Agar hasil foto terlihat lebih cantik, usahakan mengambil foto saat ada bias sinar matahari. Pada saat itulah muncul pelangi yang menjadi panorama khas air terjun cantik ini.

Siapkan kamera terbaik Anda segera, seperti ponsel atau kamera DSL. Panorama alam yang indah, eksotik dan menarik akan menghiasi setiap foto yang Anda ambil. Anda dapat menjadikannya sebagai layar beranda ponsel cerdas Anda atau mengunggahnya ke jejaring sosial utama Anda masing-masing.

3. Buat video pendek

Video-video pendek tentang keindahan alam masih belum terlalu banyak menghiasi media sosial, begitu pula cerita pendek tentang wisata alam. Bagi para vlogger, youtuber, dan mereka yang menyukai aksi di depan kamera, lokasi ini sangat cocok untuk konten-konten yang menarik. Apalagi jika bisa menangkap penampakan pelangi yang tentunya memberikan daya tarik tersendiri pada video tersebut.

Kegiatan ini juga bagus untuk dilakukan selain berfoto sendiri atau bersama rombongan. Beberapa saran, coba jelajahi semua tempat, baik bebatuan, dinding tebing, pancaran cahaya dan juga pepohonan yang ada di atas tebing. Ingatlah bahwa air yang mengalir begitu tenang dan dapat memberikan ketenangan pikiran dan menjernihkan pikiran.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Memasang Air Terjun Ibun Pelangi MajalengkaKredit gambar: Facebook Sally Ernawati

Beberapa hal yang dikhawatirkan wisatawan saat berkunjung ke tempat wisata adalah terkait fasilitas yang ada di lokasi tersebut. Disitulah letak kelemahan tempat wisata bernama Curug Ibun Pelangi. Fasilitas yang dibutuhkan pengunjung cenderung tidak lengkap. Pasalnya objek wisata ini masih baru dan masih perlu perhatian serius dari pemerintah.

Beberapa fasilitas yang ada yaitu area parkir dengan lahan yang tidak cukup luas namun banyak tersebar di beberapa titik. Kios-kios juga tersedia, tetapi kebanyakan menjual makanan dan minuman sederhana. Toiletnya masih sangat terbatas, sehingga harus menginap dengan penghuni. Namun tempat wisata yang menawan ini menawarkan fasilitas spot foto gratis.

Jika rasa lelah mulai menyelimuti Anda, jika rasa bosan mulai tumbuh dan rasa bosan mulai menghampiri Anda, segera buat jadwal untuk mengunjungi tempat tersebut. Anda bisa datang bersama teman, keluarga atau kolega ke Curug Ibun Pelangi. Tempat wisata alam ini tergolong ekonomis dengan kualitas eksplosif dan sangat berkesan serta sulit untuk dilupakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button