Cuaca Buruk, Puluhan Warung di Tempat Wisata Pantai Kota Tegal Rusak Diterjang Angin dan Gelombang Besar – Panturapost.com - WisataHits
Jawa Tengah

Cuaca Buruk, Puluhan Warung di Tempat Wisata Pantai Kota Tegal Rusak Diterjang Angin dan Gelombang Besar – Panturapost.com

TEGAL – Hujan deras disertai angin kencang dan gelombang laut besar pada Sabtu (31/12/2022) menyebabkan kerusakan fasilitas umum dan warung milik warga sejumlah tempat wisata pantai di pesisir Kota Tegal, Jawa Tengah.

Meski tidak ada korban luka, puluhan warung milik warga di sekitar Pantai Muarareja Indah (MJ) dan Pulau Kodok dikabarkan rusak.

Tak hanya itu, tembok pembatas jogging track Pantai Alam Indah (PAI) di Tegal pun diterobos ombak besar. Beberapa pohon juga tumbang.

Warga sekitar dibantu petugas relawan BPBD dan Polri turun ke lokasi untuk melakukan pendataan dan perbaikan.

Amin Suseno, Kepala Desa Panggung, Kabupaten Tegal Timur, membenarkan kabar itu saat dimintai konfirmasi oleh wartawan.

Menurut laporan awal, kabel listrik di warung-warung di kawasan Pantai Komodo dan Batamsari putus. Ada delapan stand di Pulau Kodok yang tersapu ombak,” kata Amin.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat mendengar kabar tersebut langsung turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan langsung.

Pendataan awal menunjukkan sedikitnya 19 gubuk pantai rusak di kawasan objek wisata Pantai Muarareja Indah dan Pulau Kodok.

“Dampak angin dan gelombang besar sudah kami kumpulkan. Di Muarareja rusak 10 gubuk pantai, di Pantai Pulo Kodok 9 rusak. Dan di PAI ada tembok pembatas di tanah dan trotoar pejalan kaki,” kata Rahmad.

Rahmad mengatakan, jajarannya masih melakukan pemantauan di lapangan. Penduduk lokal atau turis disarankan untuk tetap berhati-hati karena cuacanya tidak bersahabat.

Bahkan, warga diimbau untuk tetap berada di rumah karena prakiraan cuaca BMKG akan terus turun hujan pada sore hingga malam hari.

“Warga sekitar diimbau untuk berhati-hati karena cuaca tidak bersahabat dan ombaknya besar. Kami terus patroli dan tempatkan anggota,” pungkas Rahmad.

Sementara itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi melalui stasiun meteorologi maritim Tanjung Emas di Semarang.

Keberatan ini berlaku mulai tanggal 31 Desember 2022 pukul 07.00 WIB sampai dengan tanggal 1 Januari 2023 pukul 07.00 WIB.

Ketinggian gelombang 1,25 – 2,5 meter (sedang) berpeluang terjadi di perairan Kalimantan Tengah bagian barat.

Ketinggian gelombang 2,5 hingga 4 meter (height) kemungkinan terjadi di perairan Laut Jawa Tengah, Semarang-Demak, Karimunjawa, Jepara, Pati-Rembang, Pekalongan-Kendal dan Brebes-Pemalang.

Penerbit: Setyadi

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button