Adhi Karya: Progres Tol Yogya Solo Seksi 1.1 Sudah 40 Persen - WisataHits
Jawa Tengah

Adhi Karya: Progres Tol Yogya Solo Seksi 1.1 Sudah 40 Persen

JAKARTA (ANTARA) – PT Adhi Karya (Persero) Tbk mengatakan progres konstruksi ruas tol Yogyakarta-Solo Seksi 1.1 sudah mencapai sekitar 40 persen.

“Untuk Tol Yogya-Solo kami mendapat kontrak dalam paket Seksi 1.1. Saat ini, sekitar 40 persen progres sudah terealisasi,” kata Manajer Operasi I Adhi Karya A Suko Widigdo dalam keterangannya. mengekspos secara terbuka online di Jakarta, Senin.

Ia optimistis, pembangunan ruas tol tersebut bisa rampung pada Desember 2023.

Dalam proyek jalan tol ini, Adhi Karya mengerjakan dua paket pembangunan yaitu Paket 1.1 ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km dan Paket 2.2 ruas Tol Monjali-Gamping sepanjang 14 km.

Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara Internasional (YIA) Kulon Progo memiliki panjang 96,57 km yang terbagi dalam tiga seksi.

Seksi 1 meliputi Solo-Purwomartani sepanjang 49,25 kilometer, Seksi 2 sepanjang 38,13 kilometer untuk Simpang Susun (SS) Purwomartani-JC (Junction) Sleman dan Seksi 3 sepanjang 8,75 kilometer untuk JC Sleman-Purworejo.

Jalan tol yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dengan DI Yogyakarta ini bertujuan untuk lebih memudahkan konektivitas ekonomi masyarakat karena terhubung dengan Tol Trans-Jawa seksi Semarang-Solo.

Selain itu, juga meningkatkan aksesibilitas kawasan wisata seperti Destinasi Wisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan keberadaan jalan tol yang terhubung dengan kawasan produktif dapat menekan biaya logistik dan meningkatkan daya saing Indonesia untuk menarik investasi dan mempercepat pengembangan destinasi wisata.

Reporter: Aji Cakti
Editor: Klik Dewanto
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button