Minggu, memecahkan rekor minum teh telur paling banyak di kota wisata Bukittinggi - WisataHits
Jawa Barat

Minggu, memecahkan rekor minum teh telur paling banyak di kota wisata Bukittinggi

Provinsi Sumatera Barat dipercaya menjadi tuan rumah upacara peringatan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) yang akan dilaksanakan pada 14-16 Oktober 2022 di anjungan Jam Gadang Kota Bukittinggi.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan, kewaspadaan HATN ini merupakan bagian dari kampanye peningkatan konsumsi ayam dan telur serta mendorong pengusaha untuk mengurangi prevalensi stunting.

Selain itu, pada Minggu, 16 Oktober, di puncak peringatannya, rekor MURI minum teh Talua paling banyak di Indonesia akan dipecahkan. Sedikitnya 5.000 gelas teh Talua akan dibagikan secara gratis di Plaza Jam Gadang Bukittinggi.

Rangkaian HATN alert juga dimaksudkan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang peta perunggasan di Indonesia, serta manfaat pentingnya ayam dan telur dalam menunjang perekonomian nasional, serta sebagai sumber protein. yang mencerdaskan generasi bangsa.

“Konsumsi ayam per kapita di Indonesia hanya 10 kg per tahun, sedangkan konsumsi telur hanya 160 butir telur per kapita per tahun. Padahal, daging ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang mengandung asam lemak tak jenuh dan protein sederhana yang mudah dicerna,” ujarnya saat peluncuran HATN.

Begitu juga telur merupakan sumber protein dengan banyak keunggulan, seperti kandungan asam amino terlengkap dan harga yang terjangkau.

“Kita harus bersatu untuk meningkatkan konsumsi per kapita. Dengan konsumsi ayam dan telur yang meningkat, stunting otomatis berkurang,” kata Audy.

Kota Bukittinggi dipilih sebagai salah satu upaya mempromosikan pariwisata di Sumatera Barat karena peringatan HATN dihadiri oleh ribuan peternak ayam dan telur serta pengusaha dari seluruh nusantara untuk pertemuan bisnis.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi Erman Safar mengatakan, meski jumlah peternak ayam di Bukittinggi tidak banyak, kota yang dipimpinnya ini menjadi salah satu sentra pemasaran ayam dan telur di Sumatera Barat.

“Dengan banyaknya kegiatan yang terkonsentrasi di Kota Bukittinggi, diharapkan hal ini berdampak positif bagi perekonomian Kota Bukittinggi,” ujarnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, drh. Erinaldi mengatakan HUT HATN ke-12 terdiri dari berbagai kegiatan yang berlangsung pada 14-16 Oktober 2022.

Acara tersebut antara lain seminar nasional, lomba kreasi menu ayam dan telur bekerjasama dengan TP PKK Sumbar, pameran UMKM, pelatihan jagal halal dan seminar fungsional alat peternakan, seminar untuk peternak se-Sumatera Barat. Hingga ia memecahkan rekor MURI untuk minum teh Talua paling banyak.

Dengan memecahkan rekor teh Talua, diharapkan semakin memperkuat merek teh Talua sebagai minuman khas Sumatera Barat. (Rel)

Source: padek.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button