Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, destinasi wisata favorit untuk liburan keluarga - WisataHits
wisatahits

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, destinasi wisata favorit untuk liburan keluarga

Harga tiket: Rp 25.000 Jam operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Jl.Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Lingkungan yang terletak di tepi perairan, Cirebon menawarkan objek wisata untuk dikunjungi bersama keluarga. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani namanya, padahal sebelumnya hanya taman serbaguna dengan desain apa adanya. Tepatnya pada tahun 2015, lokasi taman akhirnya dirubah total menjadi wahana air dengan permainan dan atraksi yang sangat lengkap.

Letaknya yang tidak jauh dari pantai membuat udara lebih sejuk dengan tiupan angin pantai yang khas. Sejak berdirinya objek wisata ini, wisatawan tidak pernah berhenti berkunjung. Apalagi jika taman kecamatan Lemahwungkuk merupakan satu-satunya di Cirebon. Bukan hanya terpaksa karena tidak ada pilihan lain tentunya, namun keindahan yang dijanjikan menjadi alasan kuat kenapa banyak pengunjung yang datang setiap saat.

Perlu diketahui bahwa taman yang saat ini bernama Cirebon Waterland Ade Irma Suryani ini sebenarnya sudah ada sejak lama, saat itu masih bernama Taman Lalu Lintas Cirebon. Hingga tahun 1966, pemerintah kota Cirebon berganti nama menjadi Taman Ade Irma Suryani. Namun ternyata keberadaannya tidak berjalan sebagaimana mestinya karena tidak ada yang menarik untuk dilakukan selain bersantai dan duduk di bangku yang disediakan.

Objek wisata milik Cirebon Waterland

Daya Tarik Cirebon Waterland Ade Irma SuryaniKredit gambar: Google Maps Teddy Setiadi

Semua yang ada di taman yang kini menjadi objek wisata andalan Cirebon ini memiliki pesona tersendiri. Bagi pengunjung yang baru datang pasti akan dibuat takjub dengan keindahan yang tersaji di sana. Begitu pula di antara yang sudah pernah berkunjung, banyak juga yang ingin kembali karena daya tarik Cirebon Waterland milik Ade Irma Suryani.

1. Keindahan desain taman

Desain yang indah adalah daya tarik pertama yang layak untuk didiskusikan. Lokasinya yang luas memungkinkan untuk menawarkan berbagai jalan. Ada tiga kolam utama yang biasa digunakan pengunjung. Kolam pertama untuk anak-anak dengan kedalaman yang sangat dangkal. Lalu ada kolam renang khusus dewasa yang memiliki kedalaman air sekitar 1,5 meter. Selain itu, ada juga lazy river yang setiap hari dipadati pengunjung. Anda bisa memilih kolam yang sesuai, namun untuk mendapatkan sensasi yang lebih seru, lazy river cocok untuk dicoba.

Di pinggir kolam terdapat wahana lain yang tak kalah seru, yaitu seluncuran air dengan ketinggian hingga sepuluh meter yang mengarah langsung ke kolam. Di kolam khusus anak juga terdapat seluncuran yang tidak terlalu tinggi sehingga cukup aman untuk digunakan. Selain itu desainnya juga akan menarik bagi anak-anak dengan motif rumah mini. Ada total 4 slide dalam satu gedung, jadi Anda tidak perlu mengantri untuk menggunakannya.

2. Suasana pantai yang sejuk

Bagi pengunjung yang datang dari jauh atau yang tidak memiliki pantai, suasana khas pantai Cirebon Waterland tentu menjadi daya tarik tersendiri. Obyek wisata ini berada tepat di sebelah laut, Anda bahkan bisa berjalan-jalan sejenak untuk menikmati deburan ombak khas pantai.

Hembusan angin juga sangat terasa saat berada disana. Tidak hanya membawa kesegaran, pemandangan lautnya pun tak kalah indah. Terkadang ombak yang datang ke pantai sangat indah, meski tidak ada pantai karena tertutup bangunan taman. Daya tarik ini tidak hanya menarik wisatawan lokal, tetapi juga mereka yang berada jauh dari Kabupaten Cirebon.

3. Miniatur Kapal Cheng Ho

Atraksi yang dimiliki Cirebon Waterland Ade Irma SuryaniKredit gambar: Google Maps Cirebon terbaru

Sebenarnya bukan miniatur, lebih tepatnya replika kapal Zheng He yang dibangun khusus untuk menambah daya tarik. Apalagi fungsi utamanya adalah sebagai resto atau rumah makan. Ada yang unik dari Restoran Kapal Cheng Ho selain desainnya yang persis seperti kapal kayu. Keunikan yang dimaksud adalah server didandani oleh nakhoda untuk memberikan kesan bahwa Anda berada di tengah laut.

Pada malam hari, suasana semakin indah dengan lampu sorot berwarna kuning. Warna ini sengaja digunakan untuk memberikan kesan klasik yang biasanya digunakan untuk menambatkan kapal ke dermaga. Sekilas desain yang digunakan sangat romantis, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi saat bersama istri atau kekasih. Namun siapkan budget lebih karena daftar menu makanan tidak dijual murah seperti warung pinggir jalan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Cirebon Waterland Ade Irma SuryaniKredit gambar: Google Maps yunianti arif

Wisatawan lokasi pasti tidak masalah ketika ingin berkunjung ke lokasi karena alamat lengkapnya ada di Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Namun bagi wisatawan dari luar kota perlu mengetahui rute menuju Cirebon Waterland Ade Irma Suryani. Silakan gunakan kendaraan pribadi agar tidak kehabisan waktu selama perjalanan.

Dari tol Palimanan Cirebon silahkan ambil jalan yang menuju Jalan Panglima Soedirman. Jika Anda datang dari Jakarta, rute terbaik adalah menuju Jalan Raya Aryawinangun – Palimanan. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Cirebon, hanya sekitar 2 km dan dapat ditempuh dengan mobil selama 10 menit. Silakan lihat tanda selama perjalanan. Jika menemukan cabang Bank Indonesia, berarti tempat wisata tersebut sudah dekat.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Cirebon Waterland Ade Irma SuryaniKredit Gambar: Wahyu malachi Google Maps

Anda harus menyadari bahwa taksi wisata yang menawarkan permainan atau wahana ini memang cukup mahal. Namun pengalaman mendebarkan yang diberikan tentu lebih mahal dari harga tersebut. Untuk masuk ke Cirebon Waterland dikenakan biaya sebesar Rp 25.000 per orang. Sedangkan bagi yang ingin berenang, ada tarif lain sebesar Rp 15.000. Balita di bawah 1 tahun masuk gratis, termasuk tiket berenang.

Tempat wisata seru ini buka setiap hari dengan dua slot waktu berbeda. Pada hari-hari aktif, tempat wisata ini buka mulai pukul 09:00 hingga 17:00. Selama waktu tersebut, jika Anda mengunjungi situs tersebut pada hari libur umum, situs tersebut akan ditutup pada pukul 18.00. Beberapa saran bagi Anda yang ingin puas dengan semua aktivitas yang ditawarkannya, sebaiknya datanglah pada hari Senin sampai Jumat karena pengunjungnya tidak banyak.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Cirebon Waterland

Kegiatan Cirebon Waterland Ade Irma SuryaniKredit gambar: Twitter Muhammad Arif Rahman

Seperti halnya wisata bahari atau waterboom, kegiatan yang bisa dilakukan tentunya berkaitan dengan air. Namun karena lokasinya yang berada di tepi pantai, ia memiliki beberapa keunikan dalam hal aktivitas. Pengunjung bebas melakukan aktivitas seru, asal memperhatikan keselamatan dan etika atau peraturan yang berlaku di Cirebon Waterland Ade Irma Suryani.

1. Main Wahana Waterboom

Sudah dikatakan bahwa aktivitas menarik tidak luput dari air. Namun kali ini tidak hanya berenang saja yang bisa anda lakukan, masih banyak lagi. Kegiatan favorit banyak pengunjung adalah seluncuran air. Dia cukup ekstrim mengingat tinggi badannya. Namun, desain dan polanya aman, jadi tidak perlu khawatir.

Untuk anak-anak juga bisa bermain seluncuran mini di tengah kolam. Ada juga ember raksasa yang sesekali menyemburkan air dari atas. Wahana ini terlihat pasif, namun cukup menyenangkan untuk dinikmati, terutama untuk anak-anak. Di tempat ini juga terdapat tempat persewaan pelampung. Tapi ada harga lain yang harus dibayar karena tidak berada dalam satu paket tiket untuk masuk ke kolam renang.

2. Wisata kuliner

Jika dirasa terlalu mahal dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh restoran Kapal Cheng Ho, masih ada alternatif untuk berburu kuliner lainnya. terdapat warung atau rumah makan sederhana yang juga selalu ramai dikunjungi. Beberapa warung bahkan menawarkan masakan khas Cirebon yang sebagian besar menggunakan ikan laut sebagai bahan dasarnya. Ada udang, cumi, kepiting dan jenis ikan lainnya.

Tentunya tidak hanya itu, jenis makanan dengan bahan dasar lainnya juga tersedia seperti ayam, bebek, telur dan masih banyak lagi. Tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh ke rumah. Untuk ini, silakan singgah di toko oleh-oleh atau pusat jajanan terdekat. Soal harga jangan khawatir, karena beberapa jajanan khas Cirebon harganya murah.

3. Berburu spot foto

Keunikan desain Cirebon Waterland Ade Irma Suryani bukan satu-satunya yang dijadikan spot foto unik. Di setiap titik, Anda bisa menggunakannya sebagai spot foto yang layak diunggah ke media sosial. Misalnya kapal Cheng Ho yang langsung menghadap ke laut, bisa dijadikan background cantik dengan desainnya yang unik.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Instalasi Cirebon Waterland Ade Irma SuryaniKredit gambar: Google Maps Dendra Nurshaftiawan

Suatu objek wisata dikatakan lengkap dan layak untuk dikunjungi apabila fasilitas yang tersedia di sana memadai. Dalam hal ini Taman Ade Irma Suryani memiliki berbagai fasilitas sehingga dapat dinilai layak. Fasilitas yang dimaksud antara lain toilet umum, mushola, kafetaria dan warung, serta tempat parkir yang cukup luas.

Bagi yang ingin bermalam, terdapat akomodasi yang sangat unik yaitu houseboat. Lokasinya tepat berada di sebelah objek wisata yang anda kunjungi sehingga tidak membutuhkan kendaraan untuk menuju ke sana.

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan saat akan berlibur. Sebaiknya buat rencana sebelum ke Cirebon Waterland Ade Irma Suryani. Hal ini dilakukan agar suasana liburan lebih menyenangkan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah selalu menjaga kondisi tubuh sebelum bepergian.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button