Coban Jahe, Air Terjun Eksotis Penuh Nilai Sejarah di Malang - WisataHits
wisatahits

Coban Jahe, Air Terjun Eksotis Penuh Nilai Sejarah di Malang

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl.Begawan, Dusun Krajan, Taji, Kec. Jabung, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Air Terjun Begawan atau sering juga disebut Coban Jahe merupakan sebuah destinasi wisata alam yang terletak di Desa Begawan yang masih dalam kawasan RPH Sukopuro Jabung Forest Unit II. Air terjun ini memiliki debit air yang cukup besar terutama saat musim hujan dengan ketinggian sekitar 45 meter.

Kawasan wisata alam Air Terjun Malang ini memiliki kesejukan yang bisa dirasakan melalui rimbunnya pepohonan dan cipratan air yang jatuh dari ketinggian. Suasana yang ditawarkan di tempat ini juga bisa membuat Anda merasa tenang dan nyaman.

Coban Jahe sangat cocok untuk persinggahan untuk merilekskan pikiran dari penatnya aktivitas sehari-hari. Apalagi tempat ini juga cocok untuk kamu yang suka berfoto, karena area alam yang begitu eye catching bisa menjadi spot foto fotogenik.

Daya Tarik Coban Jahe

Daya Tarik Coban JaheKredit gambar: Google Maps Fajarwati Nurjadidah

1. Kamp India

Tempat ini juga menawarkan sensasi menginap yang seru dalam suasana alam. Anda bisa menemukan tenda bergaya suku Indian yang sangat unik di kawasan air terjun ini. Menginap di tenda India sambil menikmati suara gemericik air terjun tentunya akan menjadi pengalaman unik dan tak terlupakan bagi Anda.

2. Cerita Tunggal

Di balik keindahan alam yang bisa menyejukkan hati, air terjun ini memiliki sejarah kelam di masa lalu. Tidak jauh dari kawasan air terjun ini, Anda bisa menemukan monumen taman pemakaman. Monumen ini menjadi saksi pembantaian 38 tentara Indonesia oleh Belanda sekitar tahun 1948.

Ceritanya mengapa air terjun ini disebut Coban Jahe yang berasal dari kata ‘Pejahe’ yang berarti kematian (pejuang). Sejarah dan monumen taman makam menjadi daya tarik utama air terjun ini.

3. naungan pohon

Seperti kawasan air terjun lainnya, Coban memiliki suasana alam yang bisa menyejukkan hati dan pikiran. Pepohonan yang rimbun di sekitar kawasan wisata air terjun ini menambah segarnya udara yang bisa membuat siapa saja bisa berlama-lama dengan nyaman di tempat ini.

4. Taman bunga yang indah

Selain pepohonan yang rindang, air terjun ini juga memiliki taman bunga yang tak kalah indahnya. Di taman bunga ini, terdapat berbagai jenis bunga dengan berbagai warna yang bermekaran. Kehadiran taman bunga ini membuat area air terjun semakin berwarna.

5. Kafe Terapung

Daya Tarik Coban JaheKredit gambar: Google Maps Sanny Octavia Kusnadi

Tepat di bawah Air Terjun Coban Jahe, terdapat spot terapung yang menarik banyak pengunjung untuk mendakinya. Di sini Anda bisa berfoto sepuasnya dengan latar belakang pemandangan air terjun yang indah sambil menikmati pesona air terjun dari dekat.

6. Jembatan Bambu

Daya tarik lain dari coban ini adalah jembatan bambu yang sejuk. Padahal, fasilitas jembatan ini merupakan penghubung antara taman bunga dan area perkemahan India. Namun karena spotnya sangat menarik, banyak pengunjung yang ingin berfoto di jembatan ini.

7. Kafe dan spot foto yang menarik

Di Coban juga terdapat kafe yang menawarkan berbagai makanan dan minuman siap santap. Tidak jauh dari kafe ini, terdapat beberapa bangku kayu yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bersantai sambil menikmati pemandangan alam.

Pengelola Coban Jahe juga menawarkan sejumlah spot foto menarik. Anda bisa berfoto dengan pemandangan alam dan juga berbagai spot foto yang instagramable.

8. Kolam air alami

Suasana alam yang sejuk diselimuti bebatuan dan rimbunnya pepohonan menjadi dominasi terlihat di kawasan wisata air terjun ini. Coban ini memiliki aliran air yang cukup deras sehingga menciptakan genangan alami berupa genangan air. Keindahan kolam alami ini benar-benar akan memanjakan semua mata yang melihatnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Coban JaheKredit gambar: Google Maps Mochamad Ilman

Kawasan wisata Coban Jahe ini berada di Kabupaten Malang, tepatnya di Jalan Begawan, Dusun Krajan, Taji, Kecamatan Jabung. Anda juga dapat menemukan area ini di peta gppgle. Jadi jika Anda bingung, Anda bisa langsung menggunakan navigasi Google Maps.

Untuk menuju tempat wisata air terjun ini, Anda akan melalui jalur pendek dengan akses jalan yang cukup memadai. Rute ini dapat diakses dari pusat kota Malang. Pertama Anda harus pergi ke Tumpang, sampai Anda datang ke pintu dengan tulisan “Selamat datang di Tumpang”.

Dari pintu gerbang sudah banyak terdapat rambu-rambu jalan yang menunjukkan arah wisata air terjun ini. Jarak dari pusat kota Malang ke air terjun ini diperkirakan sekitar 23 km dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Coban JaheKredit Gambar: Resmi Instagram Coban Jahe

Untuk memasuki kawasan wisata air terjun Coban Jahe, Anda tidak akan dikenakan biaya masuk yang mahal. Cukup hanya dengan membayar Rp 10.000,- per orang Anda sudah bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan di kawasan air terjun ini.

Zona ini juga menetapkan biaya parkir untuk setiap kendaraan, namun Anda tidak perlu khawatir karena biaya parkir kendaraan di sini juga cukup murah. Yakni Rp 2000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000,- untuk kendaraan roda empat. Tempat wisata ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, jadi kamu bisa mengunjungi tempat ini pada pagi dan sore hari

Hanya dengan biaya yang relatif murah Anda bisa menikmati kawasan wisata alam yang tetap mempertahankan keindahannya. Dan pastinya akan memberikan pengalaman yang menarik bagi anda yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Coban Ginger

Aktivitas Coban JaheKredit gambar: Google Maps Syamsul Arifin

1. Berkemah atau bermalam di kawasan Coban

Selain perpaduan keindahan alam dan aliran air terjun yang menarik, Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas lain di Coban Jahe. Kegiatan camping mungkin bisa menjadi pilihan bagi Anda, pengelola menyediakan tempat yang bisa digunakan untuk membangun tenda. Bahkan jika ingin membuat api unggun, ada juga tempat khusus.

Anda dapat menikmati suasana malam dengan suara air terjun yang menenangkan. Kemudian di pagi hari Anda akan disuguhkan dengan segarnya udara pepohonan di sekitar Coban. Anda juga bisa jogging di Coban yang hanya berjarak 300 m dari perkemahan.

2. Mainkan River Tubing

Bahkan, pengunjung kawasan wisata ini dilarang mandi di air terjun karena dianggap terlalu berbahaya. Anda tidak perlu sedih karenanya, untuk menyembuhkannya Anda selalu bisa mencoba wahana river tube di arus air terjun ini. Kegiatan ini dijamin menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan bagi Anda.

3. Nikmati pemandangan taman bunga

Selain bisa menikmati keindahan air terjun dan rerimbunan pepohonan, Anda juga bisa menikmati panorama menawan taman bunga di kawasan wisata air terjun ini. Pengelola tidak hanya membuat taman bunga di bagian atas, tetapi juga di bagian bawah sisi jembatan di sisi sungai. Taman bunga ini membuat Coban Jahe semakin indah.

4. Bersantai di kafe yang unik

Aktivitas Menarik di Coban GingerKredit gambar: Facebook Ms. Galuh Magpela

Di sini Anda juga bisa menikmati suasana alam sambil bersantai di kafe. Ada sebuah kafe unik di sini, yaitu kafe India yang berada di ujung area air terjun. Dengan atap jerami dan bahan bangunan kayu, kafe ini terlihat sangat unik.

Menu-menu yang ditawarkan di kafe India ini juga cukup user-friendly. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan harga makanan dan minuman yang disediakan. Anda juga bisa bersantai di kafe ini bersama keluarga atau teman sambil bersenang-senang.

5. Berburu foto dengan spot instagramable

Bagi penyuka fotografi, Coban Jahe Indian Garden bisa menjadi pilihan yang tepat untuk hunting foto. Karena taman ini memiliki berbagai spot foto yang bisa kamu jelajahi. Ada juga kafe terapung di tengah kolam yang juga bagus untuk dijadikan background foto. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai spot foto romantis bersama pasangan.

Apalagi setiap sudut kawasan wisata air terjun ini memiliki keindahan alam yang sangat indah. Jadi Anda juga bisa berfoto di setiap sudut kawasan wisata ini. Foto yang dihasilkan pasti akan terlihat instagrammable dengan keindahan alam yang mempesona.

6. Trekking di Coban

Buat kamu yang suka berpetualang, mungkin aktivitas trekking ini bisa masuk daftar aktivitas kamu di kawasan Coban Jahe. Anda dapat menjelajahi pendakian air terjun lainnya di dekat kawasan wisata ini. Beberapa di antaranya adalah Coban Sari, Coban Katak dan Coban Ani.

7. Latihan

Anda juga bisa menenangkan pikiran sejenak dengan berolahraga di kawasan air terjun ini. Berolahraga diiringi suara air terjun yang indah ini dapat menenangkan pikiran dan menenangkan hati. Anda bisa memilih olahraga ringan untuk dilakukan di sini, seperti jogging atau yoga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan wisataKredit gambar: Google Maps Lockey Irawan

Untuk kawasan wisata cascading, fasilitas yang disediakan di tempat ini cukup memadai. Seperti ada beberapa warung dengan berbagai pilihan menu makanan dan minuman, ada juga kamar mandi atau toilet yang dijaga kebersihannya dengan sangat baik oleh penanggung jawab kawasan wisata Coban Jahe.

Fasilitas penunjang lain yang tersedia di tempat ini antara lain tempat ibadah atau mushola, parkir yang cukup luas, camping ground, kafe India, persewaan peralatan tubing, gazebo, taman bunga, jembatan, berbagai spot foto instagramable dan masih banyak fasilitas lainnya. daerah wisata.

Anda tidak perlu lagi khawatir dengan fasilitas yang disediakan di tempat wisata air terjun ini. Karena dengan fasilitas yang lengkap dan banyak, Anda akan merasa nyaman dan ingin berlama-lama di tempat ini. Selain merasa nyaman, pengunjung juga bisa terbantu dengan segala fasilitas lengkap yang tersedia.

Inilah hal-hal menarik tentang kawasan wisata alam air terjun mencolok di Malang. Coban Jahe pasti bisa menambah daftar tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Malang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button