Menarik! Ini 7 Destinasi Wisata Indonesia Hits Uang Baru 2022-2023 - WisataHits
Jawa Barat

Menarik! Ini 7 Destinasi Wisata Indonesia Hits Uang Baru 2022-2023

Ngarai Sianok Bukittinggi. (Dibawah)

JAKARTA, Lightning.com- Bank Indonesia (BI) resmi dimulai uang kertas baru 2022-2023 pada Kamis (18/08/2022) bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 atau Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77. Tentu saja budaya Indonesia dengan citra kepahlawanan berbeda dengan dulu.

Salah satu tema budaya yang ditampilkan adalah gambar pemandangan alam dari berbagai destinasi wisata populer di tanah air. Seperti Raja Ampat di Papua, Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur.

Berikut tujuh tempat wisata baru dalam tunjangan emisi 2022-2023:

1. Banda Neira

Nilai nominal 1.000 rupee menampilkan citra Banda Neira di Provinsi Maluku, yang terkenal hingga abad ke-19 sebagai pusat perdagangan pala dan pala serta sumber rempah-rempah berkualitas. Selain itu, Banda Neira memiliki beberapa tempat wisata yang menarik, seperti Pulau Hatta dan Benteng Belgica. Selain itu, ada juga tempat menyelam yang terkenal bernama Lava Flow.

2. Ngarai Sianok

Pada uang kertas Rp 2.000 terdapat gambar Ngarai Sianok di Bukittinggi, Sumatera Barat. Ngarai Sianok tercipta akibat jatuhnya lempeng tektonik sehingga menjadi sesar. Pesona keindahan Ngarai Sianok sangat indah.

Baca juga:
Siapa saja 8 hero di New Money 2022? Simak ceritanya di sini

3. Gunung Bromo

Gunung Bromo juga dicetak pada salah satu uang kertas baru, dengan nilai nominal Rs 5.000. Sebuah gunung di provinsi Jawa Timur. Memiliki panorama alam yang indah, apalagi dilihat dari ketinggian, membuat banyak orang senang mendaki Gunung Bromo.

Namun, gunung berapi ini masih aktif dan juga merupakan rumah bagi suku Tengger. Di kawasan Gunung Bromo juga terdapat lembah Laut Pasir seluas 10 kilometer persegi.

4. Taman Nasional Wakatobi

Salah satu RUU baru juga menampilkan Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara, yaitu pecahan Rp 10.000. Taman nasional ini memiliki luas daratan 1,39 juta hektar dan 25 gugusan terumbu karang setinggi 600 meter. Tempat ini cocok bagi wisatawan yang menyukai keindahan alam bawah laut.

5. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur ditampilkan pada uang kertas baru Rp20.000. Kepulauan Derawan memiliki berbagai obyek wisata bahari seperti taman bawah laut dan merupakan tempat satwa yang dilindungi seperti penyu hijau, penyu sisik dan ikan barakuda.

6. Taman Nasional Komodo

Pada pecahan baru Rp 50.000 terdapat gambar Taman Nasional Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Varanus komodoensis atau Komodo adalah hewan yang dilindungi yang terancam punah. Selain komodo, taman ini juga menjadi rumah bagi 254 spesies tumbuhan dan berbagai spesies hewan lainnya. Kawasan seluas 173.300 hektar ini terdiri dari tiga pulau besar yakni Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca.

Baca juga:
Bali menjadi tujuan wisata paling bahagia, mengalahkan Las Vegas Amerika

7. Raja Ampat

Sebuah gambar baru pemandangan Raja Ampat di provinsi Papua Barat telah dicetak pada uang Rp 100.000. Raja Ampat memiliki keindahan bawah laut yang terkenal di seluruh dunia. Dan menjadi tempat snorkeling yang populer untuk merasakan keindahan bawah laut Raja Ampat. (ulf)

Source: www.kilat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button