Penguatan ekonomi desa untuk melaksanakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan - WisataHits
Jawa Barat

Penguatan ekonomi desa untuk melaksanakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) adalah konsep pembangunan yang tersusun dari komitmen global dan nasional.

Konsep ini berupaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi rakyat dan kualitas hidup secara berkeadilan berdasarkan tata pemerintahan yang baik.

TPB dapat tercermin dalam berbagai program, salah satunya kolaborasi industri-universitas melalui program-program inovatif dan actionable untuk membangun ketahanan ekonomi pedesaan.

Menurut Indeks Desa Pembangunan (IDM) 2021, dari total 74.957 desa di Indonesia, hanya sekitar 30 persen desa yang masuk kategori maju dan mandiri.

Berdasarkan kondisi tersebut, Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggandeng Universitas Padjadjaran (Unpad) melalui Pusat Studi Manajemen dan Bisnis (LMFEB) untuk melakukan Pendalaman Desa Brilian.

Sejak tahun 2020, Program Brilian Village merupakan program inkubasi desa yang bertujuan untuk menciptakan role model dalam pembangunan desa melalui penerapan praktik kepemimpinan desa yang unggul dan semangat kolaboratif untuk mengoptimalkan potensi desa berbasis SDGs atau SDGs.

Baca Juga: Memberdayakan & BRI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Desa dan Kembali Tuan Rumah Program BRILian Village Batch III 2022

Desa-desa yang tergabung dalam program diharapkan menjadi sumber inspirasi kemajuan desa yang dapat direplikasi di desa lain.

Hingga saat ini, 1.532 desa telah berpartisipasi dalam program Desa Cemerlang, berinisiatif aktif dan berkomitmen untuk menjalani program yang telah direncanakan.

Baca Juga: Desa Wisata Halal Jadi Prima Donna Pasca Pandemi Covid-19

Brilliant Village mengembangkan 4 aspek yang terdapat di desa yaitu BUMDes sebagai penggerak perekonomian desa. Digitalisasi, implementasi produk dan aktivitas digital di desa.

Keberlanjutan, keras dan berkesinambungan dalam pembangunan desa. Kemudian inovasi, kreatif dalam menciptakan inovasi. Dengan tujuan memperkuat elemen kunci di desa.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button