Cicipi kari sabo yang lezat dengan pacak bakar di Jelajah Kuliner Pasaman Barat - WisataHits
Jawa Barat

Cicipi kari sabo yang lezat dengan pacak bakar di Jelajah Kuliner Pasaman Barat

Cicipi kari sabo yang lezat dengan pacak bakar di Jelajah Kuliner Pasaman Barat

TEMPO.CO, jakarta – Sumbar telah menyiapkan agenda wisata khusus bagi pecinta kuliner Indonesia. Ada jelajah kuliner yang menawarkan berbagai hidangan khas Pasaman Barat.

“Kuliner Jelajah akan menghadirkan berbagai menu kuliner khas dari berbagai kampung atau desa yang ada di Pasaman Barat,” kata Direktur Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda pada Kamis, 5 Januari 2023.

Dalam program yang akan berlangsung pada 14-15 Januari ini, wisatawan bisa mencicipi sejumlah kuliner yang hanya bisa ditemukan di Kabupaten Pasaman Barat.

Masakan khas Pasamian Barat

Salah satu kuliner khas Pasaman Barat adalah Gulai Kutu Langkitang Lado. Pakan ini terutama terbuat dari bekicot sawah. Siput diolah menjadi gulai merah kuning dengan rasa pedas.

Kuliner khas lainnya adalah Gulai Sabo. Hidangan ini dibuat dengan bahan dasar santan mulai dari makanan laut seperti ikan, udang hingga kepiting. Rasanya pedas dan asin dari kuahnya yang kental.

Kuliner lain yang tidak boleh dilewatkan adalah Panggang Pacak yang tidak ditemukan di daerah lain. Bahan utamanya adalah ikan laut yang dagingnya ditumbuk halus, kemudian daging ikan tersebut dibumbui dan dibakar.

Luhur mengatakan Jelajah Kuliner masuk dalam 77 kegiatan yang disiapkan Sumbar untuk menyambut program Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 yang diluncurkan pada akhir 2022. “Tahun ini dicanangkan sebagai tahun kebangkitan pariwisata Sumbar. Seluruh kabupaten dan kota di Sumbar sudah menyiapkan destinasi dan agenda untuk menyambut wisatawan masa depan,” ujarnya.

Baca juga: Makan bakso khas Bogor yang terbuat dari talas dan dilapisi telur

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button