Cek Kondisi Teras Sunda Terbaru di Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Cek Kondisi Teras Sunda Terbaru di Bandung

bandung

Kota Bandung memiliki tempat yang berfungsi sebagai tempat kesenian. Situs ini terletak di daerah Ujungberung dan disebut Teras Sunda. Gedung kesenian ini diresmikan pada tahun 2018 oleh mendiang Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Namun pandemi COVID-19 telah menutup sejumlah gedung yang digunakan untuk kegiatan seperti olahraga dan seni. Teras Sunda juga. Tidak bisa digunakan karena pandemi.

Teras Sunda persis di sebelah Jalan AH Nasution, persis di sebelah Transmart Cibiru. Bangunan ini didominasi warna oranye tua. Kondisinya masih bagus. Ada beberapa wanita pembersih mondar-mandir di halaman detikJabar Kunjungi gedung ini.

Maman, salah satu juru kunci, mengatakan Teras Sunda masih digunakan untuk seni. Biasanya gedung ini ramai di akhir pekan. Beberapa kelompok seni menggunakan gedung ini untuk latihan dan pertunjukan.

“Senin sepi. Ada juga hari-hari dalam seminggu seperti Kamis, Rabu, dan Selasa, saat kami biasa berlatih,” kata Maman saat diwawancarai. detikJabarSenin (17/10/2022).

Teras Sunda di kota Bandung.Teras Sunda di kota Bandung. Foto: Sudirman Wamad/detikJabar

Maman mengatakan Sunda Terrace sebenarnya sepi atau tidak digunakan selama pandemi. Meski demikian, petugas kebersihan tetap berjaga. Saat ini, kata Maman, total petugas kebersihan di Teras Sunda ada enam orang.

“Kami membersihkan ruang utama dan halaman. Ya, mereka masih dipertahankan. Kami selalu mengepel lantai di ruang utama. Karena sering ada burung yang buang air, kami harus mengepel,” kata Maman.

Kondisi kamar utama terlihat bersih. Ruang utama atau Bale Utama berada di tengah. Kamar ini dikelilingi oleh toilet.

Sementara itu, proyek Sunda Teras sudah dirintis pada 2017 yang dikutip LPSE Kota Bandung. Anggaran pertama dialokasikan untuk jasa konsultasi pembangunan rumah budaya atau teras sunda yang mencapai Rp 177,5 juta. Alhasil, pemerintah kota melelang pengadaan pusat budaya ini, namun pelelangannya gagal.

Teras Sunda di kota Bandung.Teras Sunda di kota Bandung. Foto: Sudirman Wamad/detikJabar

Kemudian lelang kembali digelar. Pada 11 Oktober 2017, kontrak proyek dengan nilai nominal Rp 17,3 miliar akhirnya ditandatangani. Hingga akhirnya di tahun 2018 ini, mendiang Wali Kota Bandung Oded dilantik.

Sebelumnya, Almarhum Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan Teras Sunda merupakan bentuk kerjasama pemerintah dengan warga di kawasan Bandung Timur yang sudah terjalin sejak menjabat Wakil Wali Kota.

“Alhamdulillah, hari ini sudah terealisasi. Tentu Mang Oded berharap tempat yang kita bangun ini tetap terjaga dan terpelihara serta fungsinya harus lebih efektif lagi,” kata Oded usai peresmian, Rabu (31 Oktober 2018).

Teras Sunda di kota Bandung.Teras Sunda di kota Bandung. Foto: Sudirman Wamad/detikJabar

Sunda Terrace merupakan tempat wisata baru yang menyuguhkan berbagai atraksi budaya dan seni. Salah satunya adalah pentas pencak silat yang dijadwalkan berlangsung seminggu sekali.

“Saya berharap bukan hanya pencak silat tapi bejang dan sebagainya. Di sinilah pusat seni dan budaya kota Bandung,” ujarnya.

(Selatan/Bola)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button