Cegah Aksi Mesum di Ruang Publik, Satpol PP Kota Bandung rutin melakukan patroli - WisataHits
Jawa Barat

Cegah Aksi Mesum di Ruang Publik, Satpol PP Kota Bandung rutin melakukan patroli

Cegah Aksi Mesum di Ruang Publik, Satpol PP Kota Bandung rutin melakukan patroli

hoperakyat.com,- Rekaman CCTV yang memperlihatkan dua sejoli yang diduga melakukan aksi asusila di Teras Cihampelas Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu viral. Selain itu, video tersebut mendapat perhatian dari berbagai lapisan masyarakat.

Menyikapi kejadian tersebut, Satpol PP Kota Bandung akan rutin melakukan patroli di sejumlah tempat umum, termasuk Teras Cihampelas.

Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi mengatakan, patroli rutin itu sebagai upaya pencegahan tindakan asusila di ruang publik. Contohnya adalah kejadian sepasang kekasih bermesraan di Teras Cihampelas, Bandung beberapa waktu lalu.

Baca juga: Proses Transfer Instan Rutan Bandung Herry Wirawan

“Jadi anggota akan kita siagakan sepanjang hari atau 24 jam untuk memantau mereka baik siang maupun malam,” ujarnya di Kota Bandung, Senin (1/9/2023).

Menurut Rasdian, mereka tidak hanya melakukan patroli rutin, tapi juga membuat jaringan di ruang publik. Dengan harapan dapat memantau ruang publik secara keseluruhan.

Rasdian mengatakan, secara teknis di lapangan, nantinya ketika petugas patroli sudah melewati ruang publik baru bisa di patroli oleh RT atau pedagang kaki lima setempat.

“Selain teras Cihampelas, ada beberapa tempat di ruang publik yang juga akan menjadi perhatian kami. Kami akan menyimpannya sedekat mungkin,” katanya.

Penindasan asusila di ruang publik, Satpol PP mengimbau warga setempat memperketat pengawasan

Menurut Rasdian, ada sekitar 22 lokasi PKL yang didukung, termasuk ruang publik, yang dianggap rentan. Pihaknya juga akan fokus menjaga sejumlah ruang publik yang rawan aksi asusila.

Ia menjelaskan, kawasan Babakan Siliwangi cukup luas dan asri sehingga berpotensi menjadi tempat kegiatan maksiat.

Sebagai antisipasi, pihaknya juga bekerja sama dengan perangkat daerah untuk memperketat pengawasan.

Baca juga: Apa Saja Tempat Wisata Gratis Di Bandung? Ini rekomendasinya

“Dalam hal ini, kami juga bekerja sama dengan otoritas terkait dan teritorial. Ada Satgas Linmas untuk malam ini,” kata Rasdian.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan setiap tindakan asusila atau kejahatan yang terjadi di ruang publik kepada pejabat.

“Kepada masyarakat, jika melihat kejadian seperti ini, segera laporkan ke petugas,” ujarnya.

Ia menambahkan, masyarakat yang ingin melapor juga dapat menghubungi 112 melalui telepon selulernya agar dapat terkoneksi dengan posko Bandung jika terjadi keadaan darurat. “Bisa juga melalui WhatsApp atau media sosial agar lebih cepat diproses dan kejadian serupa tidak terulang lagi,” kata Rasdian. (Rio/R13/HR-Online/Editor-Ecep)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button