Waduk Cengklik, tempat asyik menikmati sunset di Boyolali - WisataHits
wisatahits

Waduk Cengklik, tempat asyik menikmati sunset di Boyolali

Waduk Cengklik salah satu tempat wisata favorit Boyolali untuk menikmati panorama matahari terbenam. Menawarkan berbagai wahana yang mendebarkan dan menjadi daya tarik menjelajahi Kampung Sakura.

Harga tiket: Rp30.000, Jam operasional: 08.00-15.00 WIB, Alamat: Jl.Ngargorejo, Kec. Ngemplak, Kab. Boyolali, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Memiliki permukaan air 300 hektar, Waduk Cengklik di Boyolali telah ada selama 93 tahun. Waduk ini berfungsi sebagai sumber pengairan bagi persawahan di sekitarnya, namun belakangan waduk ini juga dijadikan tempat wisata baru oleh masyarakat. Selain menarik minat masyarakat, potensi wisatanya juga cukup tinggi.

Nama Waduk Cengklik sudah cukup terkenal di berbagai daerah, sehingga dapat disimpulkan bahwa Waduk ini telah menjadi icon baru Kabupaten Boyolali. Menurut keterangan pejabat pariwisata waduk setempat, pembukaan waduk sebagai lokasi wisata dimaksudkan untuk membantu meningkatkan pendapatan daerah.

Tidak hanya pemandangan waduk yang memukau setiap pasang mata, namun ada juga beberapa warung makan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Setelah lelah berjalan menikmati pemandangan waduk, Anda bisa dengan mudah mencari makanan untuk mengisi perut. Berbagai jenis makanan dan minuman disediakan oleh para pedagang kaki lima di kawasan waduk Taman Cengklik.

Objek Wisata Waduk Cengklik

Objek Wisata Waduk CengklikKredit Gambar: Google Maps Tata Ta

1. Cerita Sejarah

Bendungan yang sudah berdiri hampir seabad ini tentunya memiliki segudang cerita sejarah yang menarik untuk dibahas.

Tujuan awal dibangunnya waduk ini adalah untuk membantu mengairi lahan perkebunan milik Mangkunegaran. Oleh karena itu, pihak Mangkunegaran Solo meminta kerjasama dengan pemerintah kolonial Belanda untuk membangun bendungan air. Pembangunan waduk ini berlangsung selama 2 tahun dengan bantuan tenaga kerja pribumi.

Daerah pertama yang dijadikan waduk disebut Dusun Cengklik, nama dusun ini kemudian dijadikan nama waduk itu sendiri. Hasil pembangunan bendungan ini sangat memuaskan, dimana sekitar 1.578 hektar sawah diairi dengan baik.

Kisah-kisah mistis juga muncul sebagai pelengkap sejarah sebuah tempat yang dibangun sejak dahulu kala. Berbagai cerita seram Waduk Cengklik yang diturunkan secara turun temurun oleh kakek dan nenek.

2. Panorama Matahari Terbenam

Pemandangan langit yang berwarna jingga dipadukan dengan pantulan air yang cemerlang akibat sinar matahari sore menambah nilai estetika senja di Waduk Cengklik. Ingatlah untuk mengambil momen sunset yang indah, foto mode siluet adalah pilihan yang tepat. Anda juga dapat melihat penampakan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu jika cuaca mendukung.

Jika ingin melihat suasana sunset yang bagus, Anda bisa datang dari jam 5 sore hingga jam 6 sore. Mengajak pasangan akan menciptakan kenangan indah bersama, menyaksikan matahari mulai perlahan terbenam bersama orang tersayang.

Alamat dan rute menuju lokasi Waduk Cengklik

Alamat Waduk CengklikKredit gambar: saluran Google Maps UZ

Waduk cantik ini terletak di dua desa sekaligus, yaitu desa Ngargorejo dan desa Sobokerto. Terletak di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Area tangki ini dekat dengan Bandara Adi Sumarmo, sehingga penumpang akan disuguhkan terlebih dahulu pemandangan tangki dari atas saat berada di dalam pesawat.

Rute yang Anda tempuh jika ingin mengunjungi waduk Cengklik adalah melalui jalan tol Solo-Ngawi. Setelah bertemu dengan flyover Ngemplak, Anda ambil arah barat menuju Jalan Raya Waduk Cengklik, jalan ini akan membawa Anda ke kawasan waduk.

Setelah sekitar 10 menit perjalanan melalui Jalan Raya, Anda akan sampai di gerbang masuk waduk. Di sisi kanan Anda dapat melihat genangan air sekitar 9 debit dari sungai-sungai di Kecamatan Ngemplak.

Harga Tiket Masuk Waduk Boyolali Cengklik

Tiket Waduk CengklikKredit gambar: Google Maps Visual Pesona Nusantara

Harga tiket masuk kawasan Waduk Cengklik terbaru adalah Rp 30.000, Sabtu dan Minggu harganya selalu sama. Untuk kamu yang aktif menggunakan media sosial, ada diskon harga tiket Rp 10.000 per orang.

Syaratnya cukup mudah untuk mendapatkan promo ini, cukup ikuti halaman media sosial resmi milik pengelola tangki. Terdapat area parkir untuk wisatawan, dengan biaya Rp 2000, Anda dapat meninggalkan kendaraan Anda dengan aman tanpa khawatir akan kejahatan yang menanti Anda.

Jika ingin memasuki area taman, Anda tidak perlu membayar tiket lagi untuk masuk. Pembayaran tiket awal sudah termasuk semua fasilitas yang disediakan di Waduk Cengklik Boyolali.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Waduk Cengklik

Kegiatan Waduk CengklikKredit gambar: Google Maps Ardiano Fauzy

1. Ikan di area waduk

Kegiatan ini merupakan hobi banyak pria, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Di Waduk Cengklik, wisatawan bebas menangkap ikan dari waduk, asalkan menggunakan joran sebagai pengganti stun gun.

Pemancing biasanya akan memilih lokasi di dekat tanaman eceng gondok, karena tanaman ini menyediakan tempat berteduh bagi ikan. Ikan nila jenis ini merupakan salah satu yang sering dijumpai saat memancing. Bobot ikan yang didapat berkisar antara 1 kg hingga 4,5 kg, bayangkan ukuran seekor ikan. Setelah mendapatkan hasil memancing, Anda bisa membawanya pulang atau memasaknya langsung di restoran-restoran yang berada di area waduk.

2. Perjalanan dengan kapal

Salah satu daya tarik wisata alam Waduk Cengklik yang indah adalah mengikuti wisata perahu di sekitar waduk. Perahu yang digunakan memiliki ukuran yang cukup besar, satu keberangkatan bisa membawa 10 sampai 15 orang.

Anda akan diminta berkeliling waduk selama 20 menit dan mengetahui lebar waduk ini. Jika tiba-tiba hujan atau gerimis, tidak perlu takut basah kuyup, perahu sudah difasilitasi dengan atap anyaman daun kelapa.

3. Kunjungi Desa Sakura

Wisata yang bernama Kampung Sakura ini terletak di kawasan waduk Taman Cengklik, destinasi ini masih tergolong baru. Miniatur Jepang bisa Anda temukan di setiap sudut Kampung Sakura. Tak perlu jauh-jauh terbang ke negeri Sakura, Boyolali sudah punya bahasa Indonesia Jepang.

Pengelola Desa Sakura berusaha membuat destinasi ini sedekat mungkin dengan suasana khas Jepang. Wisatawan diharapkan lebih betah dan memiliki semangat tersendiri saat berkunjung ke tempat ini.

4. Permainan untuk anak-anak

Permainan anak-anak juga disediakan oleh pengelola waduk bagi wisatawan yang sedang berlibur membawa keluarga besar. Anak-anak dapat memainkan berbagai permainan dengan bebas, sehingga orang tua selalu mengawasi anak-anak saat bermain agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Ada ayunan, jungkat-jungkit bahkan komidi putar yang siap menemani aktivitas anak-anak saat berkunjung menikmati keindahan waduk ini.

5. Wahana yang menyenangkan

Belum lagi berbagai wahana unik dan mendebarkan yang wajib Anda kunjungi di Waduk Cengklik Boyolali. Setiap hari wahana ini tidak sepi pengunjung, baik orang dewasa maupun anak-anak tertarik untuk mencoba hal baru di wahana ini.

Ada wahana yang menarik banyak wisatawan, yaitu rumah terbalik. Desain rumah terbalik ini benar-benar terbalik, mulai dari eksterior hingga interiornya juga terbalik. Rumah terbalik ini bisa kamu jadikan spot foto keren, bisa ditata seolah-olah menempel di atap rumah atau dinding rumah.

Bentuk pelestarian budaya Jawa juga ditampilkan oleh pengelola waduk Taman Cengklik. Terdapat sudut kendaraan yang diisi dengan peralatan gamelan jawa, wisatawan yang berkunjung dapat memainkan gamelan ini.Pada wahana bertema budaya ini pengelola mengajak seluruh wisatawan untuk selalu melestarikan budaya asli Indonesia.

6. Lihat keramba ikan

Fungsi waduk bagi masyarakat sekitar selain mengalirkan air adalah penangkaran ikan dengan memasang keramba. Keramba ikan sendiri merupakan sumber pendapatan kedua bagi masyarakat yang mengalami kendala dalam bertani padi.

Anda dapat melihat dan mempelajari lebih lanjut tentang budidaya ikan di keramba. Jika berkesempatan berkunjung saat musim panen ikan, Anda bisa menyimak bagaimana para petani memanen ikan dengan baik.

Anda juga bisa membantu para petani ini untuk memanen ikan, tentunya akan menjadi pengalaman baru bagi Anda. Selain mendapatkan pengalaman baru, bantuan yang Anda berikan akan meringankan beban para petani saat memanen ikan.

Fasilitas yang tersedia di Waduk Cengklik Boyolali

Fasilitas Waduk CengklikKredit gambar: Google Maps MuhammadNaufal 23

Pengelolaan Waduk Cengklik oleh pemerintah dapat dikatakan berhasil karena kawasan Waduk Cengklik dapat dibuka untuk pariwisata bagi masyarakat. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, toilet umum dan fasilitas cuci tangan tersedia di berbagai lokasi.

Berbagai restoran juga dapat ditemukan di sekitar area waduk, dengan menu ikan air tawar sebagai andalan. Kolam renang di area waduk Taman Cengklik dapat digunakan oleh masyarakat. Terakhir ada meeting room yang bisa disewa terlebih dahulu, ruangan ini berkapasitas sekitar 200 orang.

Informasi dari wisata Waduk Cengklik di Boyolali ini bisa anda jadikan referensi untuk wisata anda sebelumnya. Boyolali bisa dikatakan memiliki beberapa destinasi wisata buatan yang menarik termasuk waduk cantik ini. Jangan lupa ajak teman atau keluarga Anda saat liburan untuk berkunjung ke Waduk Cengklik, agar liburan semakin seru dan menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button