Ridwan Kamil Percayakan Ekonomi Pariwisata ke Bendungan Ciawi dan Sukamahi, Tanggapan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Ridwan Kamil Percayakan Ekonomi Pariwisata ke Bendungan Ciawi dan Sukamahi, Tanggapan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bogor

Wartawan Tribunnewsbogor.com, Siti Fauziah Alpititasari

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CISARUA – Proyek strategis nasional Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor saat ini sedang menjadi sorotan.

Pasalnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ditugaskan oleh Presiden Jokowi (Joko Widodo) pada Senin (25/7.2022) untuk meninjau dua proyek Bendingan di Puncak, Bogor.

Ridwan Kamil juga meyakini bahwa kedua bendungan tersebut harus memiliki ekonomi pariwisata.

Dengan demikian, masyarakat dapat menikmatinya sebagai tempat wisata lokal untuk menambah keindahan dan Kabupaten Bogor semakin dikenal sebagai daerah pariwisata.

Hal tersebut juga dibalas oleh Disbudpar Kabupaten Bogor Deni Humaedi saat ditemui TribunnewsBogor.com kemarin, Kamis (28.7.2022) di kawasan Tugu Selatan Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Deni Humaedi juga mengatakan bahwa kedua bendungan tersebut merupakan bendungan kering.

Dimana Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi hanya didesain untuk menahan air hujan.

“Jadi jangan bayangkan bendungan itu seperti jati mulia dengan air yang panjang, bukan,” kata Deni Humaedi kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (28/7/2022).

Disbudpar Kabupaten Bogor pun meyakini, terkait rencana bendungan menjadi tempat wisata, pihaknya nantinya akan mengusungnya sebagai tempat wisata alam.

“Wisata alam masih trend di sana, berhasil, lalu ada sopan santun, kebiasaan baik
Kalau ada sawah juga bisa,” kata Deni Humaedi.

Ia juga ingin masyarakat bersiap menyambut pemanfaatan pariwisata agar tidak diambil alih oleh pihak luar.

“Jangan biarkan orang lain. Karena dia tidak meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, apa yang harus kita pelajari jika ada kesempatan seperti itu, kita tidak perlu pergi ke sekolah atau mencari nasihat untuk menambah wawasan, ”jelasnya.

Namun, Deni Humaedi juga menginginkan rencana kedua bendungan tersebut menjadi lokasi wisata sehingga terdapat wisata alam, wisata budaya, wisata buatan dan keunikan yang dapat menarik minat masyarakat.

Source: bogor.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button