Pulau Kemaro, pulau legendaris yang unik di Sungai Musi - WisataHits
wisatahits

Pulau Kemaro, pulau legendaris yang unik di Sungai Musi

Pulau Kemaro, sebuah delta kecil yang unik di Sungai Musi, Palembang. Pulau yang penuh legenda ini menawarkan pengalaman wisata sejarah dan religi yang menarik untuk dijelajahi demi petualangan liburan yang tak terlupakan.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp50.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pulau Kemaro, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan; Kasus: Cek lokasi

sedang berlibur atau akhir pekan tiba, siapa neraka siapa yang tidak ingin bepergian sejenak untuk mengisi ulang baterainya? Sekarang, bagi anda yang ingin berlibur, coba jelajahi kawasan Palembang. Palembang merupakan bagian dari pulau Sumatera bagian selatan. Palembang terkenal dengan berbagai kekayaannya dan juga memiliki tempat-tempat terkenal yang menjadi ikon kota ini.

Pulau Kemaro merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Alasan kenapa Anda harus menyempatkan diri untuk mengunjungi pulau ini tidak lain adalah hal-hal menarik yang terdapat di pulau ini. Pulau ini menawarkan wisata religi atau religi serta wisata sejarah.

Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih jauh tentang agama Buddha dan Islam, pastikan untuk mampir ke Pulau Kemaro. Pulau ini disebut Kemaro karena kondisinya yang kering meskipun terletak di tengah Sungai Musi. Jadi pulau ini juga terkenal dengan kekeringannya sehingga disebut Kemaro.

Atraksi Pulau Kemaro

Aktivitas Pulau KemaroKredit Gambar: Kiat Instagram untuk belajar fotografi

Mengapa Pulau Kemaro direkomendasikan untuk liburan ini? Tentu pertanyaan seperti ini akan terlintas di benak Anda. Tidak? Sekarang, Pulau ini tentu saja direkomendasikan untuk Anda karena memiliki pesona tersendiri yang membuatnya semakin bernilai di mata wisatawan. Berikut beberapa tempat wisata di pulau ini yang wajib Anda ketahui.

1. Bangunan pagoda

Daya tarik terpenting dari pulau ini adalah sebuah bangunan yang disebut pagoda. Pagoda adalah tempat suci bagi umat Buddha. Meski pada awalnya klenteng hanya ada di Myanmar, di kawasan pulau ini Anda bisa menemukan klenteng. Klenteng di kawasan ini juga memiliki seni arsitektur yang cukup menawan.

Pagoda ini dibangun dengan tata letak 9 lantai dan menghadap ke atas. Adapun dinding pagoda menceritakan legenda pulau ini. Selain itu, di samping klenteng juga terdapat tempat pemujaan berupa klenteng Hok Tjing Rio. Kuil ini juga dikenal masyarakat sebagai Kuil Kuan Im. Klenteng ini terletak di tengah Pulau Kemaro.

Sekarang, bagian atas klenteng juga digunakan sebagai tempat pemujaan bagi umat Buddha. Oleh karena itu, klenteng ini selalu ramai dikunjungi pengunjung saat Tahun Baru Imlek dan hari raya umat Buddha lainnya.

Jika di samping klenteng ini terdapat tempat pemujaan, maka di depan klenteng ini juga terdapat makam Tan Bu An dan Siti Fatimah. Tan Bu An dan Siti Fatimah adalah tokoh utama dalam legenda pulau ini. Bagi wisatawan yang menyukai sejarah, tentunya tempat ini bisa menjadi kunjungan yang mengedukasi Anda tentang berbagai bangunan bersejarah yang ada di sekitarnya.

2. Desa Air

Daya tarik pulau ini selain dari bangunan klentengnya adalah adanya desa air. Desa air di pulau ini baru saja dibebaskan atau dibangun. Sekarang, Pelopor pembangunan desa air ini adalah Bank Indonesia melalui program CSR-nya. Meski masih dalam tahap pembangunan, desa air ini masih mengalami perkembangan yang lebih baik.

Disebut desa air karena ada desa di atas sungai. Untuk memikat hati wisatawan, rumah-rumah penduduk di desa ini juga dicat dengan warna-warna cerah, membuat desa ini semakin menarik. Selain itu, ada juga menara merah di desa ini.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Kemaro

Alamat Pulau KemaroKredit gambar: kata sandi Google Maps nopriyanto

Bagi wisatawan yang akan berwisata ke Pulau Kemaro harus mengetahui letak pulau ini. Pulau ini terletak di Sungai Musi di Palembang, Sumatera Selatan. Keberadaannya tidak terlalu jauh dengan jarak tempuh sekitar 6 km dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin.

Untuk mengakses pulau ini, wisatawan dapat mengambil jalur air, khususnya melalui dermaga benteng Kuto Besak. Karena letak pulau ini berada di tengah Sungai Musi, wisatawan perlu menyewa perahu untuk menuju pulau ini. Eits, Anda tidak perlu khawatir karena perahu ini akan mengantar wisatawan dua arah.

Biaya sewa perahu ini tidak terlalu mahal, dengan kisaran harga mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 70.000. Dengan perkiraan waktu yang akan dihabiskan untuk mencapai tujuan yaitu sekitar 30 menit.

Jika Anda sedang berlibur, wisatawan pasti sudah siap dengan keuangan yang diperlukan selama liburan. Ketika wisatawan memutuskan untuk pergi ke Pulau Kemaro, Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk apapun.

Alias ​​untuk masuk ke pulau ini gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Anda hanya perlu membayar biaya sewa perahu. Sangat murah dan ramah, Tidak?

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Kemaro

Aktivitas di Pulau KemaroKredit gambar: Google Maps Tjiunggu Tjermin

Ketika Anda memutuskan untuk berlibur di suatu tempat, tentunya ada aktivitas menarik yang akan dilakukan di tempat ini. Begitu juga dengan keberadaan pulau Kemaro yang tentunya memiliki aktivitas menarik untuk dilakukan. Diantara kegiatan tersebut adalah:

1. Perayaan Cap Go Meh

Sudah bukan hal asing lagi merayakan Cap Go Meh di tempat ini. Karena tempat ini memiliki pagoda yang merupakan pusat spiritual agama Buddha. Banyak orang berduyun-duyun ke tempat ini saat perayaan datang karena anggapan masyarakat bahwa tempat ini suci.

Perayaan Cap Go Meh biasanya ditandai dengan hadirnya berbagai lampion dan lilin di sepanjang Sungai Musi. Perayaan Cap Go Meh biasanya dilakukan dengan berdoa bersama dan juga pelepasan burung sebagai tempat silaturahmi.

2. Ziarah ke Pagoda

Klenteng merupakan ikon dari pulau ini dan keberadaannya yang dianggap keramat oleh masyarakat membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Pengunjung adalah peziarah yang pergi berdoa di klenteng ini. Mayoritas jemaah haji berasal dari berbagai daerah dan selalu memiliki keturunan Tionghoa.

3. Kunjungi Delta

Selain bangunan klenteng yang menarik untuk dikunjungi, keberadaan delta di pulau ini pun tak kalah menarik. Apalagi dengan Pohon Cinta Abadi yang berada di delta ini. Berbagai mitos telah beredar tentang keberadaan pohon ini. banyak yang mengatakan jika Anda mengukir nama Anda dan pasangan Anda akan bertahan selamanya.

4. Berjalan-jalan dan berfoto

Poin terpenting dari mengunjungi beberapa tempat adalah pariwisata. Jalan-jalan ini menjadi hal yang menarik untuk dilakukan di pulau ini. Wisatawan bisa menjelajahi Pulau Kemaro sambil mencari spot foto yang cocok untuk selfie bareng mitra Anda tentu saja instagramable.

5. Kunjungan bersejarah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pulau ini memiliki pagoda dengan berbagai tempat religi yang menarik untuk dikunjungi. Dari wisata ini dapat menambah wawasan wisatawan sekaligus cara wisata yang berbasis edukasi tentunya.

Akomodasi Murah Terdekat ke Pulau Kemaro

Pasokan Pulau KemaroKredit Gambar: Google Maps yola dwi rosdiana

1. 101 Palembang Rajawali

Rekomendasi akomodasi pertama adalah 101 Palembang Rajawali yang berjarak sekitar 5,96 km dari pulau ini. Dengan jarak yang cukup dekat ini, Anda bisa menyewa kamar hanya dengan Rp 2.000.000 per malam.

Dengan harga yang cukup wow jadi bagi anda yang menyewa hostel ini juga akan mendapatkan fasilitas dengan pelayanan yang sebanding. Di antara fasilitasnya adalah tempat parkir yang luas, wifi yang cepat, restoran, ruang pelayanan dan juga layanan kebersihan. Kebersihan hotel ini tidak pernah mengecewakan.

Makanannya juga sangat enak. Untuk memesan kamar hotel ini, Anda dapat melakukannya melalui on line juga tidak offline.

2. Hotel Excelton

Akomodasi kedua yang direkomendasikan untuk Anda adalah The Excelton Hotel. Hotel ini telah mendapatkan peringkat bintang lima. Jaraknya sekitar 9,62 km dari pulau ini. Memang agak jauh, tapi harga yang ditawarkan sudah pas. Artinya, untuk satu kamar per malam harganya hanya Rp 738.000. Murah banget, Tidak?

Berbicara tentang fasilitas hotel ini termasuk wifi, restoran, layanan kamar, layanan kebersihan, serta kolam renang. Jadi bagi anda yang ingin bermalam dan berenang di pagi hari, disinilah tempatnya.

3. Wyndham Opi Hotel Palembang

Rekomendasi terakhir adalah Wyndham Opi Hotel Palembang yang sudah bintang lima. Dan memiliki jarak 6,97 km dari pulau ini. Tidak terlalu jauh, Tidak? Biaya sewa hotel ini adalah Rp 689.350 per kamar per malam.

Fasilitas hotel juga tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya yaitu parkir, wifi, restoran, layanan kamar, layanan kebersihan. Fasilitas sangat lengkap, Baik.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pulau Kemaro

Fasilitas di Pulau KemaroKredit Gambar: Instagram Donny Septianto

Setelah mengetahui seluk beluk Pulau Kemaro, lalu bagaimana? neraka fasilitas apa saja yang ditawarkan pulau ini? Sekarang, Di antara berbagai fasilitas itu antara lain perahu. Perahu-perahu di pulau ini sangat berguna dalam mengantar wisatawan ke tempat tujuan. Oleh karena itu, masyarakat setempat berinisiatif menyewa perahu dengan harga terjangkau.

Selain perahu, tentunya ada landing stage sebagai titik awal keberangkatan sebelum menaiki perahu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tentang keberadaan dermaga yang tentunya banyak diminati oleh wisatawan. Dermaga yang tersedia sekarang mulai sering berjalan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Fasilitas selanjutnya adalah aksesibilitas berupa jalan yang sudah mulai diperbaiki. Jadi, ketika jalan yang Anda lalui bagus, wisatawan yang berkeliling Pulau Kemaro merasa nyaman tanpa ada rasa tidak nyaman.

Ketika sudah puas berkeliling dan menjelajahi pulau ini, maka satu hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah kenangan. Sebelum pulang, jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh untuk membeli oleh-oleh atau kenang-kenangan untuk orang tersayang. Aneka oleh-oleh dan oleh-oleh khas daerah juga dijual dengan harga yang sangat bersahabat tentunya.

Berikut beberapa informasi tentang Pulau Kemaro yang dapat disajikan untuk Anda. Jangan lupa untuk segera merencanakan kunjungan ke pulau ini. Tentu saja, wisata ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Jadi, ajak teman, keluarga, saudara atau teman dekat anda untuk berlibur di pulau ini. Kehadiran Anda pasti diharapkan dan akan sangat berarti!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button