Catat daftar SPKLU di rest area berlibur dengan mobil listrik - WisataHits
Jawa Tengah

Catat daftar SPKLU di rest area berlibur dengan mobil listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), mungkin ada sebagian pengguna mobil listrik yang berencana keluar kota menggunakan mobil. Sebelum Anda pergi berlibur, jangan lupa untuk menerapkan travel management.

Pilihan mobil listrik semakin meningkat. Pemerintah juga terus mendukung pembangunan ini dengan memperkuat infrastruktur.

Baca Juga: Cara Mudah Mencari SPKLU Bagi Pengguna Mobil Listrik di Indonesia

Tercatat hingga Oktober 2022 telah dibangun 413 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 295 lokasi secara nasional.

Pengisian baterai mobil listrik Wuling Air ev di SPKLUKompas.com/Donny Isi baterai mobil listrik Wuling Air ev di SPKLU

Perusahaan Listrik Negaga (PLN) sendiri mengklaim terlibat dalam pembangunan 224 unit SPKLU atau 54 persen dari total SPKLU di 135 lokasi secara nasional.

Sebelum menempuh perjalanan jauh, apalagi dengan mobil listrik, tidak hanya kondisi mobil saja yang perlu dipersiapkan. Namun pertimbangkan juga jarak tempuh mobil dengan stasiun pengisian umum kendaraan listrik (SPKLU) di sepanjang jalur tersebut.

Baca Juga: Semakin Banyak SPKLU Dapat Mendorong Tren EV

Suprayetno, Head of Duty Planning and Strategy Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan pengguna kendaraan listrik harus selalu melakukan perencanaan perjalanan dan manajemen perjalanan.

Pegawai Dinas ESDM Jateng melakukan pengisian mobil listrik di Stasiun Pengisian Umum Kendaraan Listrik (SPKLU), Senin (19/9/2022).Pegawai Pemprov Jateng mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Umum Kendaraan Listrik (SPKLU), Senin (19/9/2022).

“Perhatikan jarak tempuh dan perhatikan juga kapasitas baterai listrik pada mobil listrik Anda sendiri,” ujar Suprayetno beberapa waktu lalu saat ditanya Kompas.com.

Jadi, menurut Suprayetno, pengguna EV selalu bisa mengatur waktu pengisian EV-nya agar lebih nyaman dikendarai.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area pintu masuk Gerbang 3 Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022)KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di gerbang masuk 3 kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (6/4/2022)

Baru-baru ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga akan menyiapkan 10 titik SPKLU di rest area di jalan tol yang dikelolanya. Persiapan ini merupakan salah satu upaya Jasa Marga untuk meningkatkan pelayanan rest area jelang Libur Nataru 2023.

Berikut daftar lengkap 10 titik SPKLU di Rest Area Jalan Tol yang dikelola Jasa Marga:
1. Rest area KM 10 pintu tol Jagorawi
2. Rest area KM 38 pintu tol Jagorawi
3. Rest Area KM 14 Jalan Tol Jakarta-Tangerang
4. Rest Area KM 6 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Jepang)
5. Rest area KM 207 A tol Palimanan-Kanci (Palikanci)
6. Rest area KM 208 B pintu tol Palikanci
7. Rest Area KM 379 Jalan Tol Semarang-Batang
8. Rest Area KM 389 Jalan Tol Semarang-Batang
9. Rest Area KM 519 A Jalan Tol Solo-Ngawi
10. Rest Area KM 519 B Jalan Tol Solo-Ngawi

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button