Semarakkan HUT RI ke-77, Kemenparekraf Ajak Anda Jelajah 77 Destinasi Wisata di Indonesia: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

Semarakkan HUT RI ke-77, Kemenparekraf Ajak Anda Jelajah 77 Destinasi Wisata di Indonesia: Okezone Travel

TARGET Pariwisata Indonesia tidak ada habisnya. Keindahan alam yang disuguhkan dari Sabang sampai Merauke sungguh indah, tak kalah menarik dengan destinasi luar negeri.

Tak heran jika konten tentang destinasi dan travel menjadi salah satu kategori terpopuler di media sosial, termasuk TikTok. Tentunya pertumbuhan ini tidak lepas dari kontribusi para kreator dan komunitas yang aktif berbagi di akunnya, mulai dari rekomendasi kuliner khas nusantara, wisata daerah terkenal, hingga rekomendasi wisata baru sebagai “permata tersembunyi”.

BACA JUGA:Dukung Tim Esports Indonesia Bertanding di Riyadh, Kemenparekraf: Peluang Promosi

Untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77, TikTok meluncurkan kampanye sebulan penuh bertajuk #SerunyaIndonesia. Tak hanya Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) dan online travel agent (OTA) tiket.com juga telah berkolaborasi menjajaki 77 destinasi wisata di Indonesia sebagai bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia Exploration.

Menurut Firnandi Gufron selaku Plh. Direktur Komunikasi Pemasaran, Saat ini media sosial tidak hanya menjadi sumber inspirasi, tetapi juga menjadi sumber pemesanan dan pembelian barang atau jasa. Dan menariknya, hal ini juga mempengaruhi sektor pariwisata.

“Saat pengguna disuguhi konten-konten menarik di TikTok, mereka bisa langsung membelinya, datang ke destinasi wisata yang belum kita ketahui sebelumnya. Makanya program ini keren banget, kita bisa menunjukkan tempat-tempat yang belum kita ketahui dan memancing diri kita sendiri untuk kesana,” kata Firnandi saat jumpa pers menandai peluncuran program Explore #SerunyaIndonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke-77, Kamis. (8 April – 8 April). 2022).

korona

Tidak hanya itu, lanjut Firnandi, liburan ke tempat-tempat wisata di Indonesia juga bisa membantu perekonomian nasional. Padahal, ini adalah langkah kecil yang berdampak besar. Karena secara tidak langsung perjalanan ini bisa menghembuskan nafas kehidupan ke banyak keluarga.

“Bayangkan bahwa satu perjalanan dapat mendukung banyak keluarga, mulai dari penyedia layanan, transportasi, hingga perumahan. Jadi tindakan kebaikan tidak hanya sekedar membagikan makanan,” tambah Firnandi.

BACA JUGA:Kemenparekraf mendukung G20 dan menyelenggarakan acara pariwisata kebugaran internasional di Solo

Sandra Darmosumarto, Senior Public Relations Manager tiket.com, sependapat dengan Firnandi. Ia berharap skema ini dapat menarik minat masyarakat untuk berlibur ke destinasi wisata Indonesia sehingga perekonomian Indonesia ke depan dapat terdongkrak.

“Semoga konten dari YouTuber yang mengunjungi tempat-tempat wisata dapat meningkatkan popularitasnya, menginspirasi orang untuk mengunjungi tempat-tempat itu,” kata Sandra.

Agung Pamungkas sendiri selaku Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia mengakui bahwa program ini berangkat dari semangat yang cukup sederhana namun luhur. Ia mengatakan setelah masyarakat “terisolasi” selama dua tahun oleh pandemi, kini saatnya pariwisata Indonesia bangkit kembali.

Semangat ini juga sejalan dengan tema akbar HUT ke-77 Republik Indonesia yaitu Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. “Berangkat dari semangat ini, apalagi Indonesia yang akan segera merayakan ulang tahun ke-77, kami ingin fokus membangkitkan pariwisata Indonesia melalui konten TikTok,” kata Agung.

Tur #SerunyaIndonesia ini bertujuan untuk mempromosikan dan membangkitkan pariwisata Indonesia melalui kekuatan live streaming TikTok LIVE bersama komunitas TikTok. Dibagi menjadi empat grup roaming, program ini melibatkan empat kreator Canny Claudia, Firly Adhyatma Rusli, Melani Amelia, dan Nanda Setya Pratama Juanda, yang kerap berbagi inspirasi destinasi wisata di TikTok.

Setiap kelompok akan melakukan penjelajahan selama 10 hari. Kelompok pertama memulai penjelajahan dari Aceh dan berakhir di Pontianak, kelompok kedua dimulai dari Samarinda dan berakhir di Yogyakarta, kelompok ketiga dimulai dari Manado dan berakhir di Ambon, sedangkan kelompok keempat memulai tur dari Merauke dan berakhir di Bali. Setelah 10 hari penjelajahan berakhir, keempat kelompok akan berkumpul kembali untuk merayakan #SerunyaIndonesia Festival di Jakarta.

Sejalan dengan prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, lima destinasi prioritas antara lain Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Danau Toba di Sumatera Utara dan Likupang di Sulawesi Utara, dipilih. Juga menjadi bagian dari program eksplorasi # Inilah asyiknya Indonesia.

Selain itu, TikTok juga akan menampilkan program pemberdayaan UKM #MajuBarengTikTok untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi dan Festival #SerunyaIndonesia untuk merayakan 77 tahun kemerdekaan dalam keberagaman dan persatuan Indonesia.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button