Bupati Purwakarta membuka JIT ITB 2023 - WisataHits
Jawa Barat

Bupati Purwakarta membuka JIT ITB 2023

Bupati Purwakarta membuka JIT ITB 2023

PORTAL JABAR, CAB. PURWAKARTA – Didampingi staf khusus Kementerian BUMN Arya Mahendra Sinulingga, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika membuka ajang triathlon bertaraf internasional tersebut. ITB Jatiluhur International Triathlon 2023 (ITB JIT 2023) di kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Minggu (15/1/2023).

“Dengan diadakannya event olahraga bertaraf internasional di kawasan Waduk Jatiluhur ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian khususnya sektor pariwisata di Kabupaten Purwakarta,” ujarnya.

Menurut Ambu Anne, penyelenggaraan kompetisi triathlon ini dapat digolongkan sebagai sport tourism yang tentunya akan berdampak positif bagi promosi dan pengembangan wisata alam khususnya Waduk Jatiluhur serta citra positif pariwisata di Kabupaten Purwakarta.

Lebih lanjut, pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan dan membuktikan bahwa Purwakarta dapat menjadi tempat dan tuan rumah kompetisi triathlon yang aman, nyaman dan menyenangkan dengan lokasi yang sangat unik di kawasan Waduk Jatiluhur.

“Kegiatan ini patut dibanggakan karena tidak semua daerah memiliki tempat yang cocok dan layak untuk menggelar kompetisi triathlon ini,” ujarnya.

Penyelenggaraan kompetisi triathlon ini juga mencakup nilai-nilai inti daya tahan, kecepatan dan kehandalan, yang melalui kegiatan olahraga dapat memberikan dorongan besar bagi pertumbuhan dan perkembangan destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta.

Selain atlet lokal, kegiatan ini diikuti oleh atlet dari luar negeri, antara lain dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Singapura, Malaysia, dan Australia.

Lomba lari, renang, dan bersepeda (triathlon) yang diprakarsai oleh Ikatan Alumni Sipil (ALSI) Institut Teknologi Bandung dan Jasa Tirta II ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian BUMN dan Forkopimda Purwakarta.

Kompetisi internasional ini spesial karena diadakan di kawasan reservoir yang merupakan reservoir terbesar di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara.

Perlombaan akan menampilkan dua kategori, yaitu jarak Olimpiade (renang 1.500m, bersepeda 40km, dan lari 10km) dan jarak Sprint (renang 750m, bersepeda 20km, dan lari 5km). Selain kelas individu, ada juga kelas lari estafet dengan jumlah peserta 3 orang (renang, bersepeda, dan lari) untuk masing-masing kategori.

Ajang triathlon di Danau Jatiluhur ini diharapkan mampu menarik minat para penggiat olahraga triathlon Tanah Air yang selama ini mendambakan ajang berkualitas. (rdp*)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button