Mahasiswa Sejarah Dinobatkan Sebagai Puteri Pariwisata Kaltim 2022 oleh UNAIR – Beritalima.com - WisataHits
Jawa Timur

Mahasiswa Sejarah Dinobatkan Sebagai Puteri Pariwisata Kaltim 2022 oleh UNAIR – Beritalima.com

SURABAYA, beritalima.com|
Sebagai wanita kamu tidak hanya cantik, tapi kamu juga harus bisa meraih kesuksesan dan memberi dampak bagi lingkungan. Nydia Yuliana Lembong, Mahasiswa Sejarah 2022 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga meraih Anugerah Putri Pariwisata Kalimantan Timur 2022.

Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kaltim bersama Perhimpunan Duta Pariwisata Kaltim itu digelar di Samarinda dari 13/10/2022 hingga 16/10/2022.

Nydia berbagi cerita bahwa dulu dia harus melewati tahap pertama di tingkat kota. Namun pada periode 2021 Nydia telah menjadi Duta Pariwisata kota Balikpapan, ia diberi kesempatan untuk mengembangkan bakatnya di tingkat regional yaitu di Tourism Women Competition.

Ditambahkannya, Kota Balikpapan sedang membekali para delegasinya yang akan melakukan perjalanan ke provinsi tersebut untuk mendapatkan bukti nyata sektor pariwisata dan industri kreatif Kaltim.

Persaingan tidak mudah bagi Nydia, banyak tantangan dan hambatan yang harus dilalui, termasuk manajemen waktu. Dia harus memiliki manajemen waktu yang baik jika situasi Nydia mengharuskan dia untuk bolak-balik dari Balikpapan ke Surabaya.

Ia juga sering lembur hingga sakit karena cukup sulit menjembatani waktu antara kuliah di Surabaya dan bertanding di Kalimantan Timur.

Selain manajemen waktu, ia juga harus menciptakan inovasi out-of-the-box dengan mengupgrade program fitur sebagai inovasi traveling dengan virtual reality tourism untuk menghadapi era digital di Indonesia. Dalam merealisasikan inovasinya, Nydia menghabiskan 2,5 bulan menjalankan inovasinya dengan lancar.

Menurutnya, karena keterbatasan informasi dan sarana yang dimiliki Nydia, inovasi yang dibawa ke pasar cukup sulit. Tak habis pikir, Nydia mencari cara lain sambil meneliti untuk mewujudkan program wisata virtual reality pertama di Indonesia.

Yang menginspirasi Nydia di sepanjang tantangan dan rintangan yang dihadapinya adalah kecintaannya pada kampung halamannya.

“Saya melihat Kaltim memiliki potensi yang besar dan sebagai anak muda saya ingin terlibat sebagai perempuan lokal yang dapat memberikan kontribusi nyata dan berkarya sebagai anak muda,” tambahnya.

Selama mengikuti kompetisi, ia mendapatkan manfaat yang tak ternilai, yaitu ilmu yang dapat membuka pola pikir Nydia lebih luas, membangun relasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak.

Sebagai penutup, Nydia berpesan bahwa baginya kompetisi tidak hanya mampu mengembangkan potensi diri dan pola pikirnya. Kita kaum muda harus mencintai daerah kita dan mampu memberikan kontribusi nyata yang akan mensukseskan bangsa. (yul)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button