Bupati Gunungkidul membagikan bibit ikan di Danau Mriwis Putih - WisataHits
Yogyakarta

Bupati Gunungkidul membagikan bibit ikan di Danau Mriwis Putih

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul melakukan pembagian benih ikan di Danau Mriwis Putih, Padukuhan II Banyubening, Desa Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo.

Penyerahan bibit ikan tawes dan mujair dilakukan langsung oleh Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, dan dihadiri sejumlah dinas terkait pada Jumat pagi (12/02/2022).

Sekitar 20.000 benih ikan disemai di Danau Mriwis Putih.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta dalam sambutannya mengatakan, pendistribusian benih ikan di Danau Mriwis Putih harus menjadi tonggak peningkatan konsumsi ikan segar bagi masyarakat Desa Bejiharjo, khususnya warga sekitar danau.

“Harapannya ke depan warga lebih menikmati konsumsi ikan segar dengan membagikan bibit ikan di danau ini. Makan ikan segar penting untuk mencegah stunting,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Bupati, diharapkan dengan menyebarkan benih ikan ini masyarakat setempat dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan usaha di bidang perikanan.

Selain itu, diharapkan Telaga Mriwis Putih dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata di Desa Bejiharjo kedepannya.

Sementara itu, Drh Krisna Berlian, Kepala Dinas Pelayaran dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul, mengumumkan program pembagian benih ikan tahun ini akan dilaksanakan di 20 danau yang tersebar di Gunungkidu.

Ada total 400.000 bibit ikan yang tersebar di 20 danau.

Penanaman benih ikan merupakan program pemerintah untuk melestarikan ikan air tawar baik di danau maupun sungai.

“Untuk Telaga Mriwis Putih, stok ikannya tawes dan nila. Semoga dapat dikelola dengan baik sehingga berkembang menjadi ekonomi produktif bagi masyarakat sekitar. Salah satunya untuk kegiatan penangkapan ikan,” jelasnya.

Krisna menambahkan, masyarakat sekitar danau diharapkan dapat berperan dalam pelestarian alam, khususnya dalam menjaga danau dan sungai dari kegiatan yang melanggar aturan, baik penggunaan alat kejut maupun racun.

“Pada kesempatan ini kami juga memasang plakat larangan penggunaan Stun dan Poison. Ikan bisa diambil dari sungai dan danau, tapi tidak boleh menggunakan setrum dan racun,” imbuhnya.

Lurah Bejiharjo Sigit Wibowo Nugroho mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gunungkidul yang telah membantu penyebaran bibit ikan di Danau Mriwis Putih.

Harapannya, bibit ikan yang dilepas dapat berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar kedepannya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button