Bukit Putung, panorama alam yang sarat nilai sejarah di Karangasem - WisataHits
wisatahits

Bukit Putung, panorama alam yang sarat nilai sejarah di Karangasem

Bukit Putung, panorama alam yang sarat nilai sejarah di Karangasem
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Duda Timur, Kec. Detroit, Kab. Karangasem, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Bukit Putung merupakan tempat wisata di Bali yang cukup terkenal, terutama bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam. Bukit indah ini terletak di wilayah Karangasem, tepatnya di desa Duda Timur, kecamatan Selat, sekitar 65 kilometer dari bandara Ngurah Rai.

Seperti diketahui, Bali memiliki beragam destinasi wisata yang bisa menemani waktu liburan Anda. Sebagiannya sebenarnya adalah pantai, karena pulau dewata ini terkenal dengan pesona pantainya yang memiliki ciri khas tersendiri. Namun Anda salah jika mengira Bali hanya memiliki pantai, karena masih banyak tempat lain yang bisa dikunjungi.

Tempat wisata yang kita bahas kali ini memiliki ketinggian sekitar 1000 mdpl. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari atas bukit. Pemandangan yang bisa dilihat dari sini antara lain gugusan perbukitan yang eksotis, laut biru dan pemandangan perkebunan salak warga yang menghijaukan pandangan.

Objek Wisata Bukit Putung

Objek Wisata Bukit PutungKredit Gambar: Google Maps Drone Fly and Adventure

Mencapai puncak Bukit Putung tidaklah mudah, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 10-15 menit melalui jalur yang cukup terjal. Namun nyatanya, banyak wisatawan yang tidak peduli. Pasalnya, tentu saja ada banyak tempat wisata yang bisa dijelajahi, berikut ini beberapa di antaranya!

1. Sejarah Nama Bukit Putung

Meski tidak terlalu penting, tidak ada salahnya untuk mengetahui asal muasal nama sirkuit alam ini. Sebagian dari mereka tentu heran, kenapa ada kata Putung yang dalam bahasa Bali artinya pecah. Nama Bukit Putung diambil karena ada seorang dukun sakti yang mengutuk seluruh penduduknya agar tidak memiliki keturunan alias Menjatuhkan keturunan.

Bukan tanpa alasan dukun mengucapkan kutukan ini, khususnya karena merasa dikhianati. Karena kekayaan yang dimilikinya, banyak orang yang iri dan ingin merebutnya. Kejadian ini mengakibatkan kematian sang dukun, padahal sebelumnya ia telah mengucapkan kutukan. Soal benar atau tidaknya, yang jelas nama ini masih terdengar unik bagi sebagian orang.

2. Keindahan alam yang sempurna

Daya tarik selanjutnya adalah memiliki keindahan alam yang sempurna. Biasanya tempat seperti ini hanya menawarkan pemandangan perbukitan hijau yang indah, namun tidak untuk wisata kali ini. Selama berada di puncak Bukit Putung, pemandangan yang bisa dilihat antara lain lautan, perbukitan, dan perkebunan rakyat.

Gugusan perbukitan di sini terlihat begitu eksotik sehingga siapapun akan terkagum-kagum melihatnya. Dari kejauhan tampak seperti gundukan tanah hijau yang menyegarkan pandangan. Di sisi lain, lautan dengan airnya yang biru menambah pesona tersendiri. Ombak yang sebenarnya tinggi terlihat sangat kecil dari ketinggian, seperti buih yang bergerak menuju pantai.

3. Suasana alam yang segar

Berada di kawasan perbukitan, tempat ini menawarkan suasana alam yang sangat menenangkan dan menyegarkan bagi para pengunjungnya. Daya tarik Bukit Putung juga tak bisa diabaikan, terutama bagi mereka yang bosan dengan panasnya perkotaan. Apalagi di pagi hari, udara yang sejuk dan segar membuat Anda merasa segar kembali dan siap untuk memulai aktivitas.

Suasana alam yang segar semakin terasa dengan berbagai suara alam yang menakjubkan. Sebut saja suara angin yang bertiup, suara air yang mengalir di sungai, dan kicauan burung yang berkicau. Semua suara alam tersebut memberikan suasana yang lebih damai dan tenang, maka tak heran jika tempat ini cocok sebagai media penyembuhan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit PutungKredit gambar: Google Maps Rolf & Ingrid Michels

Semua objek wisata yang ada di Bukit Putung sangat cocok dijadikan tujuan utama liburan yang memuaskan. Untuk menemukan tempat wisata di Karangasem, Anda harus mengetahui terlebih dahulu alamatnya agar lebih mudah ditemukan. Seperti yang telah disebutkan pada pembukaan di atas, tempat ini berada di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Bali.

Untuk mencapai lokasi, Anda bisa memulai perjalanan dari arah manapun. Anggap saja sekarang sudah berada di pusat Karangasem, jalan pertama yang harus dilalui adalah Pura Penataran Agung Nangka. Selanjutnya menuju ke Pura Penggungangan Cemara Tebel, kemudian ikuti jalan utama hingga tiba di pasar desa adat Komala.

Belok kanan di perempatan, saat ini Anda berada di Jalan Bhuana Giri. Ikuti jalan utama hingga sampai di Jalan Raya Pakel. Dari sana menuju ke Jalan Kuncarangiri dan kemudian ke Jalan Baledan. Jalan yang Anda tempuh berkelok-kelok, pastikan Anda tetap mengikuti jalan utama. Jika Anda menemukan pura Taman, tempat wisata sudah dekat, ikuti rambu yang disediakan.

Harga tiket masuk objek wisata

Meski menawarkan pesona alam yang indah dan lengkap, mengunjungi Bukit Putung tidak membutuhkan biaya yang banyak. Wisata cantik ini tidak menerapkan tiket masuk atau gratis. Hanya saja, bagi yang membawa kendaraan bermotor, siapkan dana untuk mengganti lahan parkir yang disediakan pengelola untuk warga sekitar.

Biaya parkirnya murah, hanya perlu membayar 2000 rupee jika membawa sepeda motor. Bagi yang menggunakan mobil, siapkan 5.000 rupiah. Wisata berpemandu ini buka setiap hari, silahkan datang kapan saja jika ada waktu luang. Namun untuk mendapatkan panorama alam yang sempurna, lebih baik datang pada pagi hari.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan di Bukit Putung Karangasem

Aktivitas Menarik di Bukit Putung KarangasemKredit gambar: Google Maps Bayu D. Anggarisman

Mengunjungi tempat wisata alam seperti Bukit Putung tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah. Anda juga bisa bersenang-senang di liburan Anda. Pasalnya, banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan, berikut ini beberapa di antaranya!

1. Tracking Menuju Puncak Bukit Putung

Bagi Anda yang menyukai tantangan, salah satu aktivitas yang dijamin menarik adalah mengikuti wisata ini. Di awal pembukaan disebutkan bahwa semua wisatawan harus berjalan kaki menuju puncak selama kurang lebih 15 menit. Jangan berharap medan yang Anda lewati mudah, justru sebaliknya. Selain mendaki, jalur yang harus Anda lewati sebagian besar berbatu.

Namun jangan khawatir, karena dalam perjalanan menuju Bukit Putung, Anda akan ditemani berbagai pesona alam. Selain itu, banyak warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman di pinggir jalan. Anda bisa berhenti sejenak jika haus untuk sekedar minum. Bagi yang lapar, tidak ada salahnya berlama-lama mencicipi hidangan yang dibeli.

2. Nikmati pesona alam

Kegiatan menarik selanjutnya tentunya menikmati segala keindahan dari wisata sukses ini. Tentu sayang jika semua pesonanya hanya bisa dilihat secara sekilas. Udara segar membuat kegiatan ini semakin seru. Menikmati pemandangan sangat bagus untuk menyembuhkan dan menyegarkan pikiran yang lelah.

3. Berburu spot foto pemandangan alam

Tak hanya menikmatinya, Anda juga harus mencari spot foto di Bukit Putung. Bagaimana tidak, keindahan yang ada disini bisa dibilang sempurna. Anda dapat menggunakan sekelompok bukit sebagai latar belakang. Anda juga bisa memilih background air laut yang biru atau perkebunan warga yang semuanya dijamin menghasilkan bidikan yang sempurna.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bukit PutungKredit Gambar: Google Maps Drone Fly and Adventure

Karena letaknya di atas bukit, agak tidak memungkinkan untuk membangun fasilitas penunjang. Juga, itu bukan tempat wisata resmi yang dijalankan oleh pemerintah atau beberapa pihak. Satu-satunya fasilitas di atas adalah lookout, juga tidak terlalu banyak. Kalau mau ke toilet atau beli makan silahkan turun ke tempat parkir mobil, fasilitas disana cukup lengkap.

Wisata alam tetap menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk mengisi waktu liburan mereka. Bukan tanpa alasan, karena banyak manfaat yang didapat darinya, salah satunya menyegarkan pikiran. Bukit Putung adalah salah satu tempat yang bisa Anda datangi dengan segala atraksi yang telah dijelaskan di atas. Karena fasilitas yang minim, Anda harus mempersiapkannya sendiri dari rumah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button