Bukit Menoreh, destinasi wisata alam yang sarat nilai sejarah di Kulon Progo - WisataHits
wisatahits

Bukit Menoreh, destinasi wisata alam yang sarat nilai sejarah di Kulon Progo

Bukit Menoreh, destinasi wisata alam yang sarat nilai sejarah di Kulon Progo
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Daerah. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Ada banyak objek wisata menarik di Yogyakarta, khususnya daerah Kulon Progo. Salah satu yang wajib Anda kunjungi adalah Bukit Menoreh di Kulon Progo dengan keindahan alam yang mempesona. Pepohonan rindang dan semak belukar tampak menghiasi kawasan ini. Tak ketinggalan pula keberadaan fauna dari berbagai jenis, khususnya burung dengan suara jeritan.

Keistimewaan Perbukitan Menoreh terlihat dari banyaknya wisatawan yang berkunjung, terutama saat liburan. Lokasinya yang jauh dari kota membuat suasana segar dan asri. Pepohonan rindang di pinggir jalan tidak hanya berfungsi sebagai tempat berteduh, tetapi juga menyerap polusi udara. Begitu menginjakkan kaki di bukit ini, rasa lelah dan penat Anda pasti akan hilang untuk sementara waktu.

Bukit Menoreh memiliki banyak destinasi wisata. Beberapa yang paling terkenal adalah Puncak Suroloyo, Air Terjun Kedung Pedut, Tumpeng Menoreh dan masih banyak lagi. Pada periode tertentu juga terdapat atraksi budaya yang disuguhkan oleh seniman lokal yang dapat menjadi salah satu hiburan bagi wisatawan.

Objek Wisata Bukit Menoreh

Objek Wisata Bukit MenorehKredit gambar: Google Maps Kristanti Merdian

Anda pasti setuju bahwa setiap tempat wisata pasti memiliki daya tarik tersendiri. Sama halnya dengan Bukit Menoreh yang setiap harinya banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Di antara banyak pesona yang menggiurkan, inilah yang paling menonjol!

1. Keindahan alam Bukit Menoreh

Banyak wisatawan yang terpesona dengan keindahan alam yang ditawarkan. Bukit yang juga dikenal sebagai Pegunungan Menoreh ini pasti akan membuat hati Anda tenteram dan nyaman. Seperti yang dikatakan sebelumnya, berbagai jenis pohon tumbuh subur di kawasan ini. Semak dan tanaman dengan bunga yang indah juga tumbuh dan juga menghiasi sekitarnya.

Sejauh mata memandang, hamparan perbukitan hijau terlihat sangat jelas. Kontur medan yang tidak rata juga menambah keindahan. Meski berada di atas ketinggian, Anda juga bisa melihat keindahan sungai, gua, dan tebing yang masih menghiasinya. Jenis hewan yang mungkin Anda jumpai di Bukit Menoreh antara lain biawak, landak, monyet, dan elang jawa.

2. Benteng Pangeran Diponegoro

Dengan medan yang terkadang berbukit dan terjal, kawasan ini cukup cocok sebagai tempat pertahanan. Hal inilah yang juga dilakukan Pangeran Diponegoro dalam melawan penjajah Belanda. Dia dan pasukannya membuat pertahanan yang tidak bisa ditembus musuh saat itu.

Bersamaan dengan itu, Pangeran Diponegoro menyusun strategi untuk mengalahkan musuh. Atraksi ini mungkin tidak begitu istimewa bagi Anda yang tidak terlalu menghargai nilai sejarah. Namun jika sebaliknya, Anda dapat melihat dengan jelas bagaimana sebuah bukit dapat digunakan sebagai benteng pertahanan.

3. Beragam atraksi seru dan lengkap

Alasan utama mengapa banyak wisatawan yang rela menghabiskan waktu seharian mengunjungi Bukit Menoreh tak lain karena banyaknya wisata seru. Puncak Suroloyo adalah salah satu yang paling sukses dan dihargai. Bagaimana tidak, dari puncak ini Anda bisa melihat deretan bukit yang terlihat seperti Buddha yang sedang tidur.

Selain itu, ada yang tak kalah indahnya, yaitu Tumpeng yang diiris. Dikatakan tumpeng karena terdapat sebuah bukit yang bentuknya sangat mirip dengan tumpeng dengan bentuk mengerucut di puncaknya. Meski tidak bisa didaki, pengelola telah membangun tempat khusus di sebelahnya untuk menikmati keindahan Bukit Tumpeng.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit MenorehKredit gambar: Twitter Kabar baik dari Indonesia

Untuk mengunjungi objek wisata populer ini, silahkan menuju ke Desa Sidohajo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Meski berada di kawasan perbukitan, tidak sulit menemukan lokasi wisata tersebut. Perjalanan memakan waktu sekitar 50 menit dengan kendaraan bermotor. Kali ini diperlukan untuk menempuh jarak sekitar 30 kilometer.

Perjalanan termudah menuju Bukit Menoreh adalah dari pusat kota Jogja. Asumsikan Anda sedang berada di Malioboro, arahkan kendaraan ke Jalan Magelang dan berakhir di Sidomulyo. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Moh. Yusuf hingga bertemu Wali Kota Jalan Kusen. Tak jauh dari tempat ini, silahkan belok kiri menuju Jalan Sudirman, tepatnya setelah melewati tugu proklamasi Soekarno-Hatta.

Perjalanan sudah dekat, terus lurus ke Jalan Raya Borobudur hingga sampai di pertigaan Jalan Diponegoro. Belok kanan, Anda seharusnya bisa melihat perbukitan yang bagus dari titik ini. Terus lurus perhatikan rambu-rambu yang ada di sekitar jalan raya hingga tiba di lokasi wisata.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Bukit MenorehKredit gambar: Google Maps IG Widie

Tidak perlu merogoh kocek mahal untuk destinasi wisata alam Bukit Menoreh yang menawan di Kulon Progo, cukup membayar tiket masuk Rp 5.000 untuk satu hari aktif. Sedangkan untuk hari libur naik dua kali lipat, tepatnya menjadi Rp 10.000.

Biaya lain yang harus dikeluarkan adalah biaya parkir kendaraan. Tidak terlalu mahal dan masih sesuai standar objek wisata. Mobil dikenakan biaya sewa tanah sebesar Rs 5.000 dan sepeda motor Rs 2.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bukit Menoreh

Aktivitas di Bukit MenorehKredit gambar: Twitter Istimewa Jogja

Dengan lahan yang luas dan banyaknya objek wisata yang disediakan, tentunya banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh semua wisatawan yang berkunjung ke Bukit Menoreh adalah menikmati pemandangan dan keindahan alam. Selain itu, kegiatan ini sangat layak untuk dilakukan di tempat!

1. Trek pendakian yang seru

Setiap jalan yang Anda ambil sebagian besar menanjak. Tidak hanya saat Anda berjalan ke tempat parkir, tetapi juga saat Anda pergi ke situs utama. Jalan yang menurun terkadang harus hati-hati. Jika jarang, bersiaplah untuk terpeleset.

Namun, kendala tersebut seolah tak pernah ada bagi wisatawan yang melintas. Semuanya seakan sirna dengan keindahan dan panorama alam yang diberikan. Perjalanan semakin seru ketika berbagai suara binatang selalu menemani Anda. Bahkan jika Anda beruntung, sekelompok monyet dapat dilihat dari jarak dekat.

2. Mengunjungi Puncak Suroloyo

Salah satu tempat idaman yang masih ramai hingga saat ini adalah Puncak Suroloyo. Salah satu daya tariknya telah disebutkan di atas, yaitu siluet Buddha tidur yang terlihat dari puncaknya. Selain itu, ada hal lain yang tak kalah menarik dari segi panorama alam yang terlihat jelas dari salah satu pemandangan Bukit Menoreh.

Ini terdiri dari tiga alun-alun atau pos pengamatan yang berfungsi sebagai pertapaan. Setiap pos pengamatan yang disebut juga paviliun menawarkan pemandangan alam yang berbeda. Salah satunya Anda bisa melihat megahnya bangunan candi Borobudur.

Sedangkan di tempat lain menawarkan panorama alam empat gunung sekaligus, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. Sedangkan titik terakhir biasanya digunakan untuk mengagumi indahnya panorama alam Pantai Glagah. Tentunya semua lokasi akan terlihat jelas saat cuaca mendukung, dalam artian cuaca cerah.

3. Mengunjungi objek wisata di Kalibiru

Setelah puas dengan pemandangan alam dari atas bukit, saatnya berpindah ke lokasi lain jika masih ada waktu. Tempat yang selalu ramai dan tak kalah menarik di Bukit Menoreh Kulon Progo adalah mengunjungi Kalibiru. Jangan salah tentang objek wisata ini, karena Anda tidak berada di aliran atau sungai. Kalibiru juga merupakan salah satu tempat wisata yang berada di atas ketinggian.

Pengelola telah membangun beberapa pos pengamatan untuk melihat panorama alam dari atas bukit yang indah ini. Di sini Anda bisa melihat dengan jelas tangki Sermo dengan ciri khas tepiannya yang melengkung. Waduk ini digunakan sebagai sarana utama untuk mengairi persawahan dan juga sebagai sumber air bagi masyarakat Jogja, khususnya Kulon Progo.

3. Cari spot foto dengan background alam

Aktivitas lain yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Bukit Menoreh adalah berfoto. Anda tentu tidak ingin meninggalkan kegiatan fotografi ini, sama seperti semua wisatawan yang lalu lalang. Apalagi jika banyak tempat indah dengan pesona alamnya masing-masing.

Dari sudut tertentu, Anda dapat memiliki gunung sebagai latar belakang. Sementara di sisi lain, pemandangan alam berupa rimbunnya pepohonan di tengah alam juga tak kalah menarik. Kontur perbukitan yang khas juga cocok dijadikan latar untuk menghiasi setiap bidikan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek Wisata Bukit MenorehKredit Gambar: Google Maps ram san94

Bisa dikatakan fasilitas di kawasan Bukit Menoreh sudah memadai, bahkan lebih dari cukup. Seperti tempat wisata lainnya, terdapat toilet untuk membersihkan diri. Ada juga mushola sebagai tempat ibadah yang selalu terbuka untuk semua. Selain itu, area parkir yang luas merupakan fasilitas yang harus diperhatikan oleh pengelola.

Bagi Anda yang ingin merasakan kelezatan kuliner khas Jogja, tersedia banyak warung dengan harga yang murah. Selain menu makanan, ada juga minuman yang wajib kamu nikmati, seperti kopi, teh, atau ginger ale. Karena banyaknya objek wisata yang tersedia, pihak pengelola juga menyediakan penginapan bagi mereka yang belum selesai berlibur.

Sungguh menakjubkan apa yang ditawarkan Bukit Menoreh di Kulon Progo. Letaknya yang berupa perbukitan mengharuskan setiap wisatawan selalu dalam kondisi prima selama berwisata. Jadi, pastikan untuk menjaga kesehatan sebelum mengunjungi lokasi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button