Bukit Gronggong, tempat romantis dan favorit di kota Cirebon - WisataHits
wisatahits

Bukit Gronggong, tempat romantis dan favorit di kota Cirebon

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Patapan, Kecamatan. Beber, Kab. Cirebon, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Bagi anak muda Cirebon dan sekitarnya pasti sudah mengenal bukit Gronggong dengan baik. Destinasi wisata alam yang menawarkan wisata alam dan wisata malam sangat digemari oleh pasangan yang dimabuk asmara. Tidak hanya pasangan, tetapi juga keluarga yang suka berwisata ke tempat-tempat romantis.

Bukit Gronggong terletak di daerah pegunungan di Cirebon, Jawa Barat. Pemandangan yang disajikan sangat indah, membuat mata berbinar karenanya. Kelap-kelip lampu pemukiman sekitar membuat suasana Bukit Gronggong semakin romantis dan asri karenanya.

Jika Anda yang tinggal di sekitar Cirebon atau bahkan Anda yang berada di luar kota Cirebon adalah seorang pemburu fotografi atau artis Instagram, sangat wajib bagi Anda untuk datang ke destinasi wisata Bukit Grorong ini. Dijamin Anda tidak akan kecewa dengan keindahan alamnya yang sangat indah.

1. Pemandangan siang dan malam Bukit Gronggong

Pemandangan siang hari dari Bukit GronggongKredit gambar: Google Maps Christo Lim

Bukit Gronggong memiliki daya tarik utama berupa pemandangan yang indah. Di mana Anda tidak akan menemukannya di perkotaan. Dimana, sejauh mata memandang, kita akan diperlihatkan rerumputan hijau dan pepohonan yang tumbuh disana.

Bahkan di siang hari, pemandangan yang disajikan tidak kalah menarik. Meski terkadang terik matahari menyilaukan mata, namun akan terbayar dengan semilir angin yang sejuk dan pemandangan yang hijau, selain itu kamu juga bisa melihat pemandangan kota yang ada di depan matamu.

Letaknya yang berada di dataran tinggi menyebabkan Bukit Gronggong banyak disingkirkan oleh wisatawan dari kota. Suasana dan udara pedesaan membuat mereka semakin betah berada di Bukit Gronggong. Mereka bahkan bisa melihat matahari terbenam di sini. Pemandangan langka di lingkungan perkotaan.

Suasana malam hari pun tak kalah seru. Banyaknya iluminasi dari lampu yang diberikan sutradara membuat suasana Bukit Gronggong semakin romantis. Dari kejauhan, pemandangan di siang hari tampak seperti kumpulan rumah, jika pada malam hari kumpulan rumah berubah menjadi lampu kristal yang memukau.

Waktu yang tepat untuk datang ke Bukit Gronggongan disarankan pada malam hari. Karena pada malam hari pemandangan yang hanya terlihat hijau pada siang hari akan berubah menjadi suasana yang sangat romantis dan cocok untuk berfoto.

2. Fasilitas yang ditawarkan di Bukit Gronggongan

Fasilitas Bukit GronggonganKredit gambar: Google Maps Adhie Labambuo

Tentu saja seperti kebanyakan tempat wisata lainnya. Bukit Gronggong juga menawarkan beberapa fasilitas penting bagi pengunjung. Seperti tempat parkir yang luas, toilet umum yang bersih, mushola bahkan restoran.

Jika Anda datang pada malam hari, Anda juga bisa menikmati jagung bakar yang lezat yang dijual di dekat tempat wisata untuk menemani Anda menjelajahi pemandangan alam sekitar. Selain udara yang dingin, menikmati jagung bakar yang masih panas akan menambah suasana semakin hangat dan romantis.

3. Bukit Bambu sebagai wisata edukasi

Bukit Bambu sebagai wisata edukasiKredit gambar: Google Maps Adhie Labambuo

Bukit Gronggongan baru-baru ini membuka tempat wisata baru sebagai sarana edukasi bagi wisatawan. Dimana Bukit Bambu menawarkan taman edukasi semua jenis bambu.

Di tempat ini, Anda akan belajar tentang berbagai jenis bambu yang tumbuh di Indonesia. Apalagi disini juga menyediakan tempat souvenir yang bisa dibuat dari bambu.

4. Jam buka dan harga tiket masuk di Bukit Gronggong

Jam Buka Bukit GronggongKredit gambar: Google Maps Adhie Labambuo

Jam buka dan tutup Bukit Gronggong tidak dibatasi, artinya Bukit Gronggong buka 24 jam sehari. Karena rata-rata pengunjung datang pada malam hari.

Oleh karena itu manajemen memutuskan untuk buka 24 jam sehari. Tentunya hal ini dilakukan untuk memberikan keleluasaan bagi wisatawan yang ingin melihat pemandangan Bukit Gronggong tanpa dibatasi oleh waktu.

Konon untuk memasuki kawasan wisata Bukit Gronggongan ini, Anda hanya perlu membayar dengan cara berdoa saja. Artinya tiket masuknya sendiri gratis. Anda hanya perlu membayar biaya parkir. Kalau bawa motor cukup ditarik Rp 2.000 dan mobil Rp 3.000 sampai Rp 5.000, tergantung jenis mobil dan ukurannya.

5. Akses ke Bukit Gronggong, Cirebon

Akses ke Bukit GronggonganKredit gambar: Google Maps Adhie Labambuo

Akses menuju Bukit Gronggong cukup mudah, jalan yang mulus dan banyak arah akan memudahkan wisatawan untuk menuju Bukit Gronggong. Jika Anda seorang turis luar kota, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps untuk mendapatkan petunjuk arah.

Jika Anda berlibur sendirian dari luar kota, Anda tidak perlu khawatir dengan akses transportasi umum. Karena cukup banyak angkutan umum yang melewati Bukit Gronggong. Jika Anda menggunakan bus, Anda hanya perlu turun ke perbatasan Tol Kuningan dan dilanjutkan dengan naik mini bus ke Kuningan. Jika naik angkot, pilih arah pasar Cilimus.

Sensasi naik kendaraan umum dan pribadi memang sangat berbeda. Apalagi jika Anda bepergian dengan rombongan besar dan naik angkutan umum jauh lebih menyenangkan. Anda juga bisa melihat pemandangan rumah-rumah khas Jawa Barat. Tentunya juga bisa menjadi pengalaman yang seru dan bisa diceritakan nantinya.

6. Tips Mengunjungi Bukit Gronggong

Tips Mengunjungi Bukit GronggongKredit gambar: Google Maps Dian Puspitasari

Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin berlibur ke Bukit Gronggong adalah:

  • Jika Anda ingin berlibur ke Bukit Gronggong, Cirebon, pastikan Anda mempersiapkan perlengkapan dengan baik. Sekedar saran bagi anda yang ingin bermalam di Bukit Gronggong, disarankan untuk berangkat pada sore hari. Karena pemandangan yang disuguhkan pada malam hari cukup bagus dan indah.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk berfoto. Sayangnya, jika Anda sudah jauh-jauh datang ke Bukit Gronggong, Anda tidak bisa mengabadikan momen tersebut. Dan jika perlu, siapkan pencahayaan tambahan agar hasil foto terlihat bagus. Bawalah tripod jika memungkinkan. Jika ingin foto grup bersama teman, tidak perlu repot meminta bantuan orang.
  • Jika Anda ingin datang pada malam hari, ingatlah untuk membawa jaket dan sarung tangan. Karena Bukit Gronggong terletak di dataran tinggi. Itu membuat udara sangat dingin. Dan tentunya jangan lupa membawa uang tunai.
  • Untuk berjaga-jaga, bawalah power bank, jika terjadi situasi yang tidak terduga, misalnya baterai Anda habis sebelum sempat untuk mengambil gambar.

Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang Bukit Gronggong, tempat wisata romantis di Cirebon. Sedikit biaya tambahan untuk harga parkir Bukit Gronggong Scenic Spot dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dan keputusan Manajer Bukit Gronggong Scenic Spot.

Ingatlah untuk selalu berdoa terlebih dahulu jika ingin pergi kemana-mana. Dan selalu berhati-hati dimanapun Anda berada. Karena kejadian atau kecelakaan akan selalu menghantui kita jika kita lupa berdoa dan berhati-hati di jalan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button