Bukit Arang Lonuo, menikmati indahnya panorama alam dan sunset di Gorontalo - WisataHits
wisatahits

Bukit Arang Lonuo, menikmati indahnya panorama alam dan sunset di Gorontalo

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lonuo, lingkungan. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango, Gorontalo; Kasus: Cek lokasi

Buat kamu yang suka mendaki gunung atau wisata alam lainnya, Lonuo Charcoal Hill bisa jadi jawabannya. Banyak orang mendaki bukit, baik untuk berkemah atau sekadar mencari ketenangan. Anda bahkan bisa melihat seluruh wilayah Kabupaten Bone Bolango Gorontalo dari atas. Anda bisa melihat keindahan pesona matahari terbit dan terbenam dari atas bukit.

Namun untuk mencapai puncaknya, Anda sangat perlu mempersiapkan tubuh yang sehat dan kuat karena bisa memakan waktu hingga berjam-jam. Jarak dari kaki gunung ke puncaknya sendiri sekitar 2,5 kilometer. Padahal, rute yang Anda tempuh untuk mencapai bukit ini tidaklah mudah dan cukup ekstrim. Anda harus berhati-hati saat mendaki bukit saat musim hujan.

Pendaki dapat mencapai puncak melalui tiga jalur yang telah ditentukan. Keindahan alam dan segarnya udara di perbukitan tentu ingin dirasakan oleh semua wisatawan yang mengunjunginya. Sebagian besar wisatawan sering mengabadikan momen pendakian ini dengan berfoto atau mengambil video. Di bawah ini akan dijelaskan lebih detail tentang bukit tersebut.

Atraksi Lonuo Charcoal Hill

Atraksi Bukit Arang LonuoKredit gambar: Facebook Alim Lamakaraka

1. Pemandangan Unik

Bukit Arang akan terlihat biasa saja jika dilihat sekilas. Namun, ketika Anda berkemah selama beberapa malam di atas bukit, Anda akan mulai merasakan keindahannya. Saat Anda berhasil mendaki ke puncak, Anda akan melihat pemandangan kota Gorontalo yang sangat indah secara keseluruhan.

Pemandangannya akan semakin indah jika dilihat pada malam hari. Banyaknya lampu rumah yang menghiasi kota Gorontalo membuat Anda semakin nyaman saat berkemah di sana. Sawah yang membentang di bawah bukit memberi Anda perasaan tenang.

Perbukitan di sekitarnya dipenuhi pepohonan kelapa yang hijau dan rindang, sehingga Anda tidak akan kepanasan saat mendaki ke puncak. Anda bahkan bisa melihat keindahan Teluk Tomini dan Danau Limboto meski jaraknya sangat jauh dari bukit.

2. Bintang di Langit

Bukit ini tidak hanya menawarkan keindahan di pagi, siang atau sore hari. Anda akan tetap merasakan pesona alamnya hingga sore hari. Langit Gorontalo akan dihiasi taburan bintang-bintang indah yang wajib Anda lihat di tengah malam. Bahkan, keindahan langit ini diabadikan dalam foto oleh para wisatawan menggunakan kamera canggih mereka.

Beberapa pendaki akan tidur di luar tenda untuk melihat keindahan debur bintang hingga pagi. Kota Gorontalo yang sangat bersih dan memiliki udara bebas polusi membuat langit cerah sepanjang hari. Menyaksikan keindahan bintang sambil berbincang dengan teman akan membuat liburan menjadi lebih bermakna dan menyenangkan.

3. Panorama indah matahari terbit dan terbenam

Daya tarik Bukit Arang selanjutnya adalah keindahan alam saat matahari terbit dan terbenam. Namun, keindahan ini hanya bisa dilihat bagi Anda yang akan bermalam di puncak bukit.

Anda harus bersiap-siap di pagi hari untuk melihat keindahan matahari terbit yang seolah muncul dari bawah gunung. Menikmati momen sunrise ini akan terasa nikmat jika dilakukan sambil minum teh atau kopi panas.

Sore hari, Anda bisa bersantai sambil menikmati makanan sambil menunggu matahari terbit. Momen ini paling ditunggu oleh wisatawan saat mendaki bukit. Bahkan tak sedikit wisatawan yang berfoto saat matahari mulai terbenam dan menghilang dari puncak bukit.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit ArangKredit gambar: Google Maps Rustan Muslimin

Bukit Arang terletak di Kabupaten Bone Balango, Provinsi Gorontalo. Alamat lengkapnya sendiri berada di Desa Lonuo, Kecamatan Tilongkabila. Jalan menuju bukit ini cukup mudah dilintasi wisatawan. Bagi Anda yang datang dari luar pulau, Anda bisa naik pesawat dan mendarat di Bandara Jalaluddin Gorontalo.

Dari bandara, Anda harus melalui Jalan Trans Sulawesi untuk bergabung dengan Jalan Huduio. Lanjutkan perjalanan dengan tujuan utama Jalan Kesehatan yang melewati jalan irigasi dan jalan H. Khalid Hasir. Setelah sampai di Jalan Kesehatan, belok mobil ke kiri dan Anda akan menemukan RS Toto Kabila. Dari arah rumah sakit ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 15 menit ke atas bukit.

Arahkan mobil ke timur menuju SMPN 1 Tilongkabila, kemudian lanjutkan ke desa Tamboo yang akan melewati pasar Bongoime. Setelah melewati Desa Tamboo, Anda akan menemukan Desa Lonuo yang merupakan alamat utama destinasi wisata. Setelah itu, Anda bisa mulai mendaki Bukit Arang Lonuo.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Bukit CharcoalKredit gambar: Facebook Alim Lamakaraka

Biaya untuk masuk ke destinasi wisata ini sekitar 5.000 rupiah. Untuk melakukan pendakian seperti ini, Anda akan menghabiskan uang untuk persediaan, transportasi, dan penyewaan peralatan berkemah. Apalagi jika bepergian dari luar pulau yang memakan biaya hingga jutaan rupiah.

Bukit Arang akan buka 24 jam sehari bagi wisatawan yang ingin mendaki ke puncak. Anda bisa menikmati panorama alam dari atas bukit dari pagi hingga malam. Berkemah di bukit ini akan membuat Anda betah dan ingin bermalam berhari-hari.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bukit Charcoal

Kegiatan Bukit ArangKredit Gambar: Instagram Like Indonesia

1. Perkemahan

Aktivitas yang menarik di Bukit Charcoal adalah berkemah di area puncak. Anda bisa membawa sendiri atau menyewa perlengkapan camping dari tour leader. Pastikan untuk membawa perbekalan yang cukup ketika Anda pergi berkemah di sana.

Selain itu, sebelum berkemah, Anda harus terlebih dahulu meminta izin kepada warga sekitar dan mengetahui aturannya. Anda harus menjauhi larangan seperti membuang sampah sembarangan atau membuat kebisingan. Anda harus mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan agar liburan menjadi nyaman, aman dan menyenangkan.

2. Menikmati sunset dan sunrise

Aktivitas utama yang paling banyak dilakukan wisatawan adalah menikmati sunset dan sunrise. Siapkan kamera Anda dan ambil gambar terbaik saat matahari mulai muncul dari balik gunung. Menikmati pesona alam matahari terbit dan kabut di atas bukit membuat liburan semakin sempurna.

Sore hari, Anda harus menunggu panorama matahari terbenam yang sulit dilihat di destinasi wisata lainnya. Anda dapat mengambil selfie atau foto lain saat matahari mulai memerah, lalu perlahan-lahan turun dan menghilang.

3. Perilaku

Bagi Anda yang menyukai hal-hal yang memicu adrenalin, Anda bisa mencoba aktivitas berkendara ke atas bukit. Gunakan sepeda motor khusus untuk mencapai puncak bukit. Rasakan sensasi berbeda dengan ketegangan yang luar biasa karena perjalanan menuju puncak cukup berbahaya.

Setidaknya Anda harus berhati-hati selama perjalanan. Namun, kegiatan seperti ini tentu memberikan pengalaman yang sangat berkesan. Liburan akan berbeda dan lebih memuaskan. Pastikan untuk melakukan aktivitas ini dengan sekelompok teman agar tetap aman jika ada risiko selama perjalanan.

4. Ambil gambar

Aktivitas menarik di Bukit CharcoalKredit Gambar: Google Maps Bukit Charcoal Attractions

Mendaki Bukit Arang tentunya perlu untuk berfoto di beberapa tempat. Anda bisa melakukan pemotretan di puncak atau selama proses pendakian. Anda bisa melakukan aktivitas foto sepanjang hari dengan bebas.

Di pagi hari Anda akan mengambil foto pemandangan matahari terbit, kabut dan pegunungan di sekitar perbukitan. Pada sore dan malam hari, Anda dapat mengambil foto di perjalanan dan saat matahari terbenam. Aktivitas foto ini berlanjut hingga malam hari untuk mengabadikan pesona taburan bintang di langit.

5. Paralayang

Anda bisa pergi paralayang di Bukit Arang bersama sekelompok teman. Namun, sebaiknya Anda membawa peralatan paralayang ini dari rumah agar lebih mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Anda akan meluncur dari atas menggunakan parasut besar hingga ke dasar bukit.

Sebelum mencoba paralayang, pastikan Anda sudah terbiasa. Selain itu, Anda harus berani dalam paralayang untuk mendarat dengan selamat. Hal ini dikarenakan kondisi bukit yang penuh dengan kerikil, sehingga akan menyakitkan jika Anda bukan ahli paralayang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Bukit Coal ZoneKredit gambar: Facebook Alim Lamakaraka

Bukit Charcoal Lonuo memiliki fasilitas yang memadai seperti kamar mandi, tempat ibadah dan ruang makan. Anda dapat membeli teh panas atau makanan ringan dari kios-kios yang tersedia. Hal ini tentu saja memudahkan wisatawan yang suka mendaki bukit. Fasilitas lengkap sangat sulit ditemukan di bukit lain.

Ada juga area parkir di kaki bukit dengan menitipkan kepada warga sekitar. Anda tidak perlu khawatir karena kendaraan akan tetap aman sampai Anda kembali dari kegiatan hiking atau berkemah.

Bahkan untuk mendaki pun sudah disediakan perlengkapan camping yang lengkap sehingga tidak perlu membawa banyak barang dari rumah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyewa perlengkapan camping yang akan Anda butuhkan nantinya.

Itulah beberapa penjelasan tentang tempat wisata di Gorontalo yang bernama Bukit Arang Lonuo. Anda akan merasa puas dan senang setelah melakukan kegiatan camping di bukit ini. Sistem liburan yang menyatu dengan alam ini akan memberikan Anda pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button