5 Pantai Indah di Yogyakarta Simpan Cerita Mistis Ada Tempat Persinggahan Nyi Roro Kidul : Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

5 Pantai Indah di Yogyakarta Simpan Cerita Mistis Ada Tempat Persinggahan Nyi Roro Kidul : Okezone Travel

DAERAH Spesial Yogyakarta berbatasan dengan Samudera Hindia di selatan, dihiasi dengan pantai-pantai indah yang sering dikunjungi wisatawan. Beberapa pantai ini menyimpan cerita mistis dan mitos.

Saking penasarannya, mitos dan cerita mistis ini ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke pantai-pantai Yogya.

Berikut lima pantai di Yogyakarta yang memiliki cerita mistis.

BACA JUGA:25.186 Orang Taklukkan Obyek Wisata Bantul di Akhir Pekan, Pantai Parangtritis Masih Jadi Primadona

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta sangat populer. Pantai ditutupi dengan pasir vulkanik hitam. Dikombinasikan dengan langit biru, ombak laut menciptakan suasana yang menyenangkan.

ilustrasi

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis memiliki sejarah mistis dan konon pernah menjadi persinggahan penguasa Laut Selatan, Nyi Roro Kidul. Beberapa orang percaya bahwa daerah itu adalah kediaman Kanjeng Ratu Kidul, ratu pantai selatan yang berpakaian hijau.

BACA JUGA:5 Tempat Makan di Yogyakarta dengan Suasana Asing, Bisa Buat Makan Bersama Keluarga

Karena mitos ini, wisatawan dilarang mengenakan pakaian hijau saat pergi ke pantai Parangtritis.

2. Pantai Parangkusumo

Terletak di sebelah barat Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Bantul sangat dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Pantai Parangkusumo dianggap sebagai pintu gerbang atau jalan tol utama menuju Kerajaan Sihir Laut Selatan Nyi Roro Kidul.

3. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti di Tepus, Kabupaten Gunung Kidul disebut Pantai Kuta Yogyakarta karena hampir mirip dengan pantai di Kuta Bali.

Pantai ini juga memiliki sejarah mistis lho. Terjadi kesurupan massal terhadap sekelompok mahasiswa setelah mengambil pasir dan karang di pantai ini.

4. Pantai Samas

Pantai Samas yang terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul ini merupakan tempat persinggahan penyu.

Pantai Samas juga memiliki sejarah mistis. Konon beberapa orang yang sedang memancing di kawasan pantai ini tiba-tiba suatu hari melihat pocong. Tepat saat matahari mulai terbenam.

ilustrasi

5. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul memiliki bentuk yang agak cekung dan cukup lebar. Pantai ini memiliki ombak yang besar, bahkan terkadang bisa memecahkan batu karang.

Pantai Jungwok agak terpencil, fasilitas kurang dan rumah penduduk lokal bisa dihitung dengan jari. Saat malam tiba, suasana di pantai sangat tenang dan menakutkan. Pengunjung yang menginap di pantai ini sering merasa seperti ada yang mengikuti dan tidak jelas.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button