Buka KUPI II, Taj Yasin: Perempuan harus berilmu dan memajukan negeri - WisataHits
Jawa Tengah

Buka KUPI II, Taj Yasin: Perempuan harus berilmu dan memajukan negeri

SEMARANG – Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mendukung peran perempuan dalam kemajuan negara. Hal itu disampaikannya pada pembukaan Kongres II Perempuan Cendekiawan Indonesia (KUPI) II Tahun 2022 di Kampus III UIN Walisongo Semarang, Rabu (23/11/2022).

Wagub mengatakan menteri perempuan harus memiliki ilmu dan berkontribusi dalam membangun bangsa dan negara.

Gus Yasin sapaan akrabnya mencontohkan kisah Sayyidah Khadijah, istri pertama Nabi Muhammad SAW. Ia mengatakan Khadijah menikah dengan Muhammad SAW sebelum kenabiannya muncul. Hal itu dilakukan Khadijah karena sudah memiliki ilmu yang cukup.

“Jadi kalau bu nyai, ulama, perempuan, saat ini ingin menegaskan kembali bahwa perempuan ikut serta dalam peradaban, menyebarkan agama, itu wajar,” kata Gus Yasin kepada ratusan ulama dan delegasi perempuan dari 31 negara.

Wagub mengaku sangat senang Jateng terpilih sebagai tempat konferensi ulama dari 31 negara ini. Dia mengumumkan kemarin bahwa acara internasional ini telah dijadwalkan sejak 2021. Namun, karena pandemi Covid-19, acara tersebut harus ditunda.

Selain itu, Gus Yasin mengundang delegasi dari 31 negara untuk melakukan perjalanan ke Jawa Tengah. Menurutnya, beberapa objek wisata harus menarik perhatian para ulama dari luar negeri.

“Salah satunya adalah kota tua. Jangan bicara tentang kota tua, tapi tentang bagaimana peradaban di sana. Jika Anda pergi sedikit ke selatan ada Semarang Square. Toleransi sangat kuat di sana. Di belakang masjid adalah sebuah desa Arab. Di sebelah kampung Arab ada Pecinan, setelah itu datang orang Jawa. Bersama-sama membangun peradaban dan toleransi, khususnya di Semarang, dan layak untuk dikunjungi,” ujarnya.

Direktur Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia Dwi Rubyanti Kholifah mengatakan, KUPI II diikuti lebih dari seribu peserta. Mereka akan berdebat selama empat hari untuk membahas peran perempuan dalam mengembangkan kebijakan untuk melindungi perempuan.

“Peserta akan belajar tentang pengalaman Indonesia dalam membangun gerakan di kalangan ulama perempuan,” kata Ruby.

Sebagai informasi: KUPI II akan berlangsung pada tanggal 23 hingga 26 November 2022. Pembukaan KUPI akan berlangsung di Kampus III UIN Walisongo Semarang. Selain itu, kegiatan ini juga berlangsung di PP Hasyim Asy’ari Jepara pada 24-26 November 2022.

Delegasi asing termasuk Burundi, Kanada, Mesir, Finlandia, Francis, Jerman, Hong Kong, Hungaria, India, Kenya, Indonesia, Malaysia, Maroko, Pakistan, Filipina, Suriah, Sri Lanka, Thailand, Belanda, Tunisia, Turki, Inggris dan Amerika Serikat. (Humas Jawa Tengah)*ul

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button