8 kota terbersih di Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

8 kota terbersih di Indonesia

Ada beberapa faktor yang menentukan sebuah kota bisa disebut sebagai kota terbersih. Gelar kota terbersih memang tidak mudah didapat.

Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama antara pemerintah dan warga kota untuk menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan kota merupakan tugas dan tanggung jawab yang harus dipikul bersama oleh seluruh masyarakat di kota.

Di Indonesia, sebuah kota untuk dinobatkan sebagai kota terbersih harus memenuhi berbagai kriteria yang dianggap layak atau tidak untuk mendapat predikat kota terbersih.

Lantas, kota mana saja yang dianggap sebagai kota terbersih di Indonesia? Mengikuti Popmama.com merangkum informasi tentang 8 kota terbersih di Indonesia. Mari dengarkan!

1.Semarang

1.SemarangExcel/Alifia Harina

Kota yang terpilih sebagai kota terbersih adalah Semarang. Semarang tidak hanya dinobatkan sebagai kota terbersih di Indonesia, tetapi juga dinobatkan sebagai kota terbersih di kawasan Asia Tenggara dan telah diakui sebagai salah satu kota wisata terbersih di ASEAN oleh ASEAN Clean Tourist City tahun 2020-2022. .

Semarang menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang enam kali berturut-turut meraih penghargaan Adipura sejak 2012. Penghargaan ini diperoleh berkat kerjasama antara Pemerintah Kota dengan seluruh Pemerintah Kota Semarang.

Saat ini Kota Semarang memiliki 259 taman dan ruang terbuka hijau publik yang masih terawat dan bersih.

2.Zurabaya

2.ZurabayaUnsplash/Ridho Anggara

Kota pahlawan ini terpilih sebagai kota terbersih di Indonesia. Kota Surabaya berhasil mendapatkan predikat sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia setelah menerima Penghargaan Adipura Kencana tahun 2019.

Tidak hanya itu, kebersihan kota Surabaya juga mengantarkan kota ini menjadi salah satu dari tiga kota di dunia penerima penghargaan Sustainable Cities and Human Settlements yang didukung penuh oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Salah satu upaya Kota Surabaya untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan adanya sistem pengelolaan sampah terpadu yang baik, yang dapat mencegah terjadinya pencemaran.

3. Makassar

3. MakassarUnsplash/Rio Lecatompessy

Kota di Provinsi Sulawesi Selatan ini mendapat julukan sebagai kota terbersih dengan tiga kali berturut-turut meraih penghargaan Adipura sejak 2017.

Penghargaan tersebut diberikan karena kota Makassar telah berhasil berinovasi dalam pengelolaan sampah dan menjaga kebersihan kota.

Selain itu, Kota Makassar meraih ASEAN Adipura Award untuk kategori Clean Land pada ajang 4th ASEAN Environmentally Sustainable City Awards.

Favorit Editor

4. Kasihan

4. KasihanHapus percikan/Silas Baisch

Memang Kota Malang dikenal sebagai salah satu kota di provinsi Jawa Timur yang memiliki beragam destinasi wisata yang sangat menarik untuk ditawarkan.

Pengelolaan kebersihan di Kota Malang juga dilakukan melalui inovasi sanitasi seperti Bank Sampah Malang, Penyapu Jalan, Pembuangan Sampah Terpadu Gedung, Revitalisasi Taman Kota dan Gerakan Konservasi Air.

Inovasi ini kemudian membawa kota Malang sukses menerima Penghargaan Adipura Kencana. Selain itu, Malang telah diakui sebagai salah satu kota dengan kualitas udara terbaik di Asia oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM) Clean Cities Air Partnership Program (CCAP).

5.Tangerang

5.TangerangUnsplash/Latrach Med Jamil

Sebagai salah satu kota metropolitan sekaligus pendukung ibu kota, Kota Tangerang meraih penghargaan Adipura pada tahun 2008 dan 2009.

Penghargaan Adipura diperoleh karena Kota Tangerang merupakan salah satu kota yang memiliki kawasan pemukiman ternyaman hingga perkampungan karena kebersihan selalu terjaga.

Tak hanya itu, konsistensi pemerintah dan masyarakat Tangerang dalam menjaga kebersihan membuat kota ini kembali meraih penghargaan Adipura tahun 2020.

6. Jakarta Pusat

6. Jakarta PusatUnsplash/Sultan Auliya

Jakarta adalah kota yang terkenal dengan tata kota yang semrawut karena dihuni oleh banyak penduduk. Meski demikian, kota Jakarta Pusat bahkan berhasil menduduki peringkat ke-2 nasional dengan meraih penghargaan Adipura.

Kota Jakarta Pusat juga diakui dalam kategori ini berkat kerja sama antara pemerintah dan warga kota dalam memperbaiki tatanan perkotaan. lokasi terbaik Taman Kota Jakarta Pusat karena memiliki Taman Kota Situ Lembang.

7.Balikpapan

7.BalikpapanUnsplash/Dony Wardhana

Balikpapan merupakan salah satu kota di Indonesia yang berhasil menduduki peringkat kedua sebagai kota terbersih di ASEAN. Selain itu, kota Balikpapan meraih penghargaan ASEAN Environmentally Sustainable City (ESC) Award dalam 3 kategori pada tahun 2014.

Penghargaan ini diraih berkat kerjasama antara pemerintah dan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan kota Balikpapan.

8.Palembang

8.PalembangUnsplash/Amran Alie

Kota yang terkenal dengan makanan khasnya bernama pempek ini ternyata juga disebut-sebut sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia Kamu tahuMumi.

Kota Palembang tiga kali berturut-turut meraih Penghargaan Adipura sebagai kota terbersih di Indonesia. Selain itu, Palembang mendapatkan penghargaan Environmental Sustainable City (ESC) tingkat ASEAN.

Penghargaan ini layak diberikan kepada Kota Palembang karena kota ini telah berhasil menyediakan air bersih dengan target 80 persen berhasil diperoleh masyarakat.

Demikian informasi tentang 8 kota terbersih di Indonesia. Semoga informasi kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan bunda dan anak bunda.

Baca juga:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button