Masjid Al Jabar merupakan destinasi wisata religi di Jawa Barat - WisataHits
Jawa Barat

Masjid Al Jabar merupakan destinasi wisata religi di Jawa Barat

Masjid Al Jabar merupakan destinasi wisata religi di Jawa Barat

Hasanah.id, Bandung – Keunikan dan kemegahan Masjid Al Jabbar yang terletak di Jalan Cimencrang Gedebage Kota Bandung dan diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Jumat (30/12/2022) lalu, menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata religi baru di Kota Bandung.

Sebagai destinasi wisata religi, Masjid Al Jabbar memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Banyak juga wisatawan yang datang dari berbagai daerah di Jawa Barat. Bahkan, tidak sedikit wisatawan dari luar daerah Jawa Barat yang penasaran dan berfoto selfie bersama keluarga.

Keunikan Masjid Al Jabar karena arsitektur bangunan masjidnya sendiri berbentuk setengah lingkaran. Atap masjid berbentuk kerucut yang ditumpuk.

Hal yang paling menarik dari masjid ini adalah berdiri di tengah danau, sehingga dari kejauhan terlihat seperti sedang berenang. Karena itulah, Masjid Al-Jabar sering disebut sebagai Masjid Terapung Gedebage.

Menurut pantauan hasanah.id pada Jumat (1/6/2023), keberadaan Masjid Al-Jabar menjadi berkah tersendiri bagi warga setempat. Karena banyak warga yang berjualan di area sekitar masjid. Bahkan warga dari luar kota Bandung juga berjualan di sekitarnya. Seperti penjual es krim, Aji dari Cileunyi sengaja datang ke sana untuk mengadu nasib karena ramai dan Masjid Al Jabar sempat viral.

“Karena Masjid Al Jabar viral, saya sudah empat hari jualan Alhamdulillah di sini dan hasilnya lumayan bagus,” kata Aji, penjual es krim

Masjid yang dibangun di atas embung (reservoir) seluas 25,9879 hektar ini dirilis Bappeda.jabarprov.go id, menggunakan konsep tanpa kubah dan menampilkan ornamen warna-warni berupa atap susun berbentuk kerucut yang terbuat dari kaca.

Masjid yang cukup fenomenal dan viral ini bertujuan untuk menjadi pusat dan ikon kegiatan keagamaan di Jawa Barat. Selain itu, Jawa Barat merupakan provinsi dengan penduduk muslim terbesar.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button