Brantas Abipraya membangun kota tua Kesawan dan siap mewujudkan wisata heritage di Medan - WisataHits
Jawa Tengah

Brantas Abipraya membangun kota tua Kesawan dan siap mewujudkan wisata heritage di Medan

Brantas Abipraya membangun kota tua Kesawan dan siap mewujudkan wisata heritage di Medan

PT Brantas Abipraya (Persero) siap mewujudkan destinasi wisata heritage di Medan. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi ini sedang membangun infrastruktur perumahan di kawasan Kota Lama Kesawan yang dijadwalkan selesai pada November 2023.

Optimisme BUMN menggarap desain Kota Tua Kesawan ini bermula dari keberhasilannya memperindah Kota Tua Semarang yang selesai dibangun pada 2019 lalu.

“Progres konstruksi saat ini lebih cepat 34% dari target yang direncanakan sebesar 21%. Melalui pengembangan Kesawan, Brantas Abipraya mencoba menghidupkan kembali pentingnya warisan dari daerah Medan. Pembenahan kawasan Kota Lama Kesawan merupakan aspirasi kami untuk mendukung terciptanya kawasan wisata heritage,” ujar Purnomo selaku Direktur Operasi II Brantas Abipraya.

Purnomo juga berharap nantinya, setelah pengerjaan selesai, kawasan ini bisa mengembangkan perekonomian dan menjadi destinasi wisata baru yang indah. Revitalisasi ini juga akan meningkatkan daya tarik “heritage” dan potensi seni budaya di Medan. Keberadaannya juga akan menjadi salah satu ikon kota Medan, meningkatkan nilainya sebagai destinasi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sebagai tambahan informasi, ruang lingkup pekerjaan pada proyek ini meliputi Pekerjaan Brantas Abipraya melaksanakan Pekerjaan Revitalisasi Saluran Drainase, Pekerjaan Jaringan Utilitas, Pekerjaan Koridor Jalan Balai Kota, Pekerjaan Jalan Bukit Barisan dan Jalan Pangkal Pinang, Pekerjaan Koridor Jalan Ahmad Yani, Pekerjaan Area Jalan Komersial – Bekerja di area Eisenbahnstrasse dan Mosquestrasse – pasar Hindu.

Mirip dengan kota tua Semarang yang sebelumnya dihias oleh Abipraya, Kota Kesawan juga memiliki banyak peninggalan sejarah dari zaman kolonial, keindahan yang ditawarkan adalah pemandangan dengan latar belakang bangunan-bangunan kolonial kuno.

Bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Brantas Abipraya akan mempercantik kawasan ini dengan merevitalisasinya menjadi kawasan yang semakin Instagrammable atau cocok sebagai tempat selfie dan pameran media sosial, menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Brantas Abipraya optimis dapat menyelesaikan revitalisasi kota lama Kesawan tepat waktu sehingga manfaatnya dapat dirasakan dengan cepat oleh masyarakat, dan juga dapat mendukung perekonomian di wilayah tersebut karena revitalisasi ini akan menciptakan banyak lapangan kerja di Medan” , pungkas Purnomo.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button