Cuaca ekstrem, pengelola pariwisata di Pati diminta waspada - WisataHits
Jawa Tengah

Cuaca ekstrem, pengelola pariwisata di Pati diminta waspada

Cuaca ekstrem, pengelola pariwisata di Pati diminta waspadaWaduk Seloromo, Gembong merupakan salah satu tujuan wisata di Pati yang rawan angin kencang. (Berita Murian/Umar Hanafi)

Murianews, Pati – Pengelola Pariwisata di Kabupaten Pati diminta waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana akibat kondisi cuaca ekstrem saat liburan tahun baru. Terutama wisata di pegunungan dan di kawasan pesisir laut.

Pasalnya, hingga 18 destinasi di Kabupaten Pati tergolong rawan bencana. Dua di antaranya saat ini ditutup sementara. Yakni, Desa Wisata Gulangpongge, Kecamatan Gunungwungkal, dan Bukit Pandang, Desa Durensawit, Kayen.

Oleh karena itu, pengunjung dan pemandu wisata diharapkan untuk waspada. Berdasarkan prakiraan cuaca tanggal 30 Desember dan 31 Desember 2022 di Jawa Tengah khususnya Kabupaten Pati sebagian besar akan hujan.

Baca: Angin Nyamuk Kencang di Waduk Gunung Rowo Pati Hancurkan Puluhan Tegakan

“Kami meminta pengelola pariwisata, baik di desa liburan, untuk berhati-hati dan mengikuti standar operasional prosedur yang telah disepakati. Peringatan ini juga ditujukan kepada pengunjung yang harus berhati-hati saat mengunjungi tempat wisata,” kata Pakar Muda Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pati, Kunardi, Adyatama Parekraf.

Dia juga meminta agar pengelola tur dapat mengambil tindakan yang diperlukan jika kondisi cuaca tidak memungkinkan. Misalnya, penutupan tempat wisata. “Ini harus menjadi kewaspadaan bersama,” ujarnya.

Mengetahui kerawanan bencana mulai dari angin kencang, tanah longsor, petir, banjir bandang, bencana banjir, gelombang tinggi, hingga jalanan licin.

“Seperti Waduk Gunungrowo yang rawan angin kencang, Loro dan Semar di Kayen rawan banjir bandang dan longsor, serta wisata pantai. Seperti desa wisata Gong Sutra, Desa Kertomulyo dengan daya tarik hutan mangrove saat ini rawan banjir dan gelombang tinggi,” pungkasnya.

Reporter: Omar Hanafi
Penerbit : Zulkifli Fahmi

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button