Danrem 072/Pamungkas akan hadiri rakor antar kementerian bidang pengamanan pada Natal 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Danrem 072/Pamungkas akan hadiri rakor antar kementerian bidang pengamanan pada Natal 2022

NYATANYA.COM, Sleman – Danrem 072/Pamungka Brigjen Puji Cahyono, SIP, M.Si. mengikuti rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral tingkat kementerian/lembaga dalam rangka pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang berlangsung secara daring pada Jumat (16/12/2022) di gedung Polda Anton Soedjarwo DIY.

Rapat koordinasi lintas kementerian/lembaga terkait libur Natal 2022 dan kesiapsiagaan pengamanan Tahun Baru 2023 dipimpin langsung Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo di Gedung Rupattama Mapolres Jakarta Selatan.

Kapolres dalam sambutannya mengatakan Operasi Lilin 2022 menyiapkan 2.629 posko, yakni 1.845 posko, 695 posko dan 89 posko terpadu.

Posko tersebut ditempatkan di tempat wisata, tempat ibadah, angkutan umum, jalur mudik, dan jalur lintas antar pulau.

“Diprediksi arus puncak arus mudik libur Natal terjadi pada 23-24 Desember 2022, sedangkan arus puncak arus mudik libur tahun baru terjadi pada 30-31 Desember 2022, sedangkan menurut arahan Mendagri adalah untuk angkutan umum bisa dioperasikan 100%,” tambah Kapolri.

“Untuk menjamin keamanan masyarakat saat Nataru mudik, Babinkamtimas bersama Babinsa akan selalu berpatroli di wilayahnya dan memastikan perayaan Nataru dapat aman dan kondusif,” tambah Kapolri.

Harapkan bencana alam, situasi saat ini harus siap mengingat cuaca saat ini adalah musim hujan.

“Segera lakukan sosialisasi melalui media sosial untuk jalur transportasi tersebut agar masyarakat dapat mengetahui informasi jalur mudik Nataru yang lebih aman,” kata Kapolri.

Asops Panglima TNI Mayjen Agus Suhardi yang mewakili Panglima TNI dalam sambutannya mengatakan, TNI siap mendukung Polri dan pemerintah daerah dalam mengantisipasi kerawanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

Selain itu, Mayjen TNI Agus Suhardi mengatakan rencananya akan menggelar siaga bagi pasukan TNI lintas Kodam dan Kodam yang digelar hingga tingkat Kodim untuk mendukung Polri hingga tingkat Polres.

“Mobilitas masyarakat menjelang hari raya Nataru diperkirakan sekitar 2,73% kendaraan (16,35% dari total penduduk atau sekitar 44,17 juta orang). Kalender pendidikan TMT dari 19 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 menunjukkan libur sekolah bersamaan dengan libur nasional Nataru 2022, Anda perlu mewaspadai keramaian di tempat-tempat wisata. Grafik pergerakan kasus Covid-19 bulan November dan Desember menunjukkan penurunan, PPKM di Jawa dan luar Jawa level 1, tidak ada pembatasan hari libur Nataru dan hari libur nasional,” ujar Asops Panglima TNI.

Brigjen Danrem 072/Pamungkas

“Bahwa TNI dan Forkopimda DIY menggelar rapat koordinasi untuk memastikan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, sehingga pelaksanaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dapat lancar dan aman,” ujar Danrem.

Hadir dalam kegiatan DIY di Wakapolda Brigadir Pol Slamet Santoso, SH, SIK, Danlanal Kolonel Laut (KH/W) Yogyakarta Damayanti, SH, MM, Ka Kejati DIY Sarwestri, SH, MH, Kepala Dishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti, Ketua Kejati DIY Setiawan Hartono, SH, MH, Ketua PT Jasa Raharja (Persero) DIY Akhdiyat Setya Purnama, GM PT Pertamina Area Jogjakarta Dwi Puja dan Ketua Kemenag DIY Masmin Afif.

(N1)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button