BPBD: Pangandaran normal pascagempa - WisataHits
Jawa Barat

BPBD: Pangandaran normal pascagempa

BPBD: Pangandaran normal pascagempa

Pangandaran, Jawa Barat (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangandaran, Kabupaten Jawa Barat mengatakan kondisi kawasan khususnya kawasan wisata pantai dalam keadaan normal dan masyarakat serta wisatawan tetap beraktivitas. seperti biasa meskipun gempa yang mengguncang daerah tersebut.

“Sampai sore ini belum ada dampak yang signifikan, gempa tersebut juga tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pangandaran Kustiman saat dihubungi wartawan di Pangandaran, Selasa.

Ia mengatakan gempa yang melanda pemerintah Pangandaran tidak terlalu besar sehingga banyak warga yang tidak terlalu panik.

Selain itu, tidak ada potensi tsunami dan tidak ada laporan kerusakan infrastruktur atau rumah warga, sehingga masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi oleh informasi dari sumber yang tidak jelas.

“Kami juga meminta masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan informasi yang tidak dapat dipahami, pastikan informasi hanya berasal dari BMKG atau BPBD,” ujarnya.

Ia mengatakan, kondisi tempat wisata di Kabupaten Pangandaran pasca gempa dinilai aman bagi wisatawan.

Pangandaran masih aman untuk dikunjungi, ujarnya. Kepala Satuan Polisi Air dan Udara Polres Pangandaran AKP Sugianto menambahkan, kondisi gelombang laut di Pangandaran normal dan wisatawan juga tetap beraktivitas seperti biasa setelah diguncang gempa.

“Pasca gempa, kondisi air laut normal, tidak ada penampakan air laut surut atau tanda-tanda tsunami,” kata Sugianto.

Saat gempa, kata dia, keadaan wisatawan di Pantai Pangandaran tidak terlalu merasakan goncangan gempa, dan mereka yang berenang di pantai tidak menunjukkan kepanikan.

“Tidak sebelum ada kepanikan berlebihan,” kata Sugianto.

Uus, wisatawan Pantai Pangandaran asal Bandung, mengaku tidak merasakan guncangan gempa di pantai tersebut.

“Gempa di mana, aman,” kata Uus.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan magnitudo M 4,9 di kawasan Pangandaran pada pukul 06.55 WIB.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, pusat gempa berada pada koordinat 8,14 LS dan 107,88 E lebih tepatnya di laut pada jarak 83 km barat daya Kabupaten Pangandaran pada kedalaman 29 km.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD menyebut kondisi Pangandaran normal pascagempa

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button