14 Wisata Kebumen Bertema Pantai dan Bukit yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
Jawa Barat

14 Wisata Kebumen Bertema Pantai dan Bukit yang Wajib Dikunjungi

[Bintang]    Jawa Tengah

Perbesar

Pantai Suwuk, Kebumen, Jawa Tengah. (herculeskwz/Instagram)

1. Pantai Suwuk

Wisata di Kebumen dengan panorama pantai yang indah dan menawan adalah Pantai Suwuk. Salah satu wisata Kebumen terbaru dan terpopuler, tempat ini terletak di kawasan Puring, Kabupaten Kebumen dan Pulau Lengkuas. Pantai ini bisa dijadikan pilihan untuk bersantai dan menghabiskan liburan akhir tahun. Pantai Suwuk terletak di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, sangat mudah diakses sehingga ramai dikunjungi wisatawan.

Pantai Suwuk memiliki pemandangan perbukitan yang menjulang tinggi di sekitarnya, sehingga pengunjung yang datang ke sini akan memiliki pemandangan khas pegunungan di sisi barat, dengan tiga bukit menjulang yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Pantai Karangbolong yang berdampingan. Pantai ini juga memiliki pantai pasir hitam yang luas ditemani oleh pandan, udang pinus dan rerumputan.

2. Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung merupakan salah satu wisata di Kebumen yang sangat populer dan memiliki nuansa pantai yang indah dan memesona. Destinasi wisata ini terletak di desa Argopeni. Pantai ini cukup sulit diakses karena pengunjung harus melalui jalan setapak dan perbukitan kecil. Namun, tenaga yang dikeluarkan akan terbayar dengan keindahan pantai ini. Pantai wisata di Kebumen ini berbatu, sehingga pasir di pantai ini tidak banyak, terutama saat air pasang. Selama di sini, pengunjung akan melihat kombinasi biru laut dan hijaunya pepohonan di sekitar pantai yang membuat pantai ini sangat istimewa.

3. Pantai Ayah

Destinasi wisata dengan pemandangan alam yang indah dan wajib dikunjungi adalah Pantai Ayah. Wisata di Kebumen ini berjarak 8km arah selatan Gua Jatijajar. Wisata yang sangat populer yang terletak di antara laut selatan dan kawasan hutan jati milik Perum Perhutani KPH Kedu ini menjadikannya pantai dengan perpaduan hutan yang mempesona. Lokasi ini juga digunakan sebagai Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI), sehingga wisatawan juga dapat menikmati hasil tangkapan laut yang segar sekaligus.

4. Goa Barat

Nama Gua Barat berasal dari karakter alam di sekitar gua, dimana angin kencang sering menerpa mulut gua dari dalam. Angin kencang disebut angin barat dalam bahasa Jawa, sehingga masyarakat sekitar menyebut goa ini sebagai Goa Barat. Selama di sini, pengunjung akan dipandu langsung oleh seorang pengelola yang biasa memandu wisatawan yang ingin menjelajah dan menelusuri gua barat ini. Setiap pemandu akan menunjukkan tempat-tempat keren untuk berfoto dan pemandu juga akan menceritakan sejarah wisata gua barat ini.

5. Pantai Pedesaan

Wisata terdekat di Kebumen adalah Pantai Petanahan. Tempat ini juga termasuk dalam wisata yang cukup populer dan terletak di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Sepanjang jalan menuju pantai, pengunjung melihat deretan pohon kelapa, menambah kesan rindang. Tempat wisata ini juga menawarkan perpaduan suasana pantai dan hutan yang menenangkan.

Pantai Petahanan juga dikenal dengan ombak pantai selatannya yang memukau, menjadikannya kawasan pantai primadona bagi wisatawan dalam dan luar kota. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, membuat Pantai Petanahan cocok untuk liburan keluarga yang seru dan menyenangkan.

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button